15 Tips Travelling Hemat yang Wajib Jadi Pedoman Mahasiswa


Lebih dari 10 tips to travel yang bisa Anda lakukan sebelum bepergian. Berikut adalah beberapa tips travelling hemat yang wajib diikuti mahasiswa.

16 Tips Travelling Hemat yang Wajib Jadi Pedoman Mahasiswa


Tips travelling hemat wajib diketahui oleh siapapun, apalagi mahasiswa. Setelah menyelesaikan segala rutinitas kampus yang padat, short escape untuk menjernihkan pikiran sepertinya sangat dibutuhkan. Namun biasanya kendala utama yang dialami oleh setiap mahasiswa ketika hendak berlibur, tidak akan jauh dari masalah budget. Nah, berikut adalah beberapa tips liburan yang bisa Anda ikuti tanpa harus mengkhawatirkan keuangan.

16 Tips Travelling Hemat di Dalam Negeri untuk Mahasiswa

Masa-masa kuliah merupakan masa yang paling menyenangkan karena ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Namun biasanya, sepulang liburan tabungan bisa ludes habis dan harus hidup prihatin sampai awal bulan berikutnya. Berikut adalah beberapa tips travelling low budget bagi mahasiswa ketika mengunjungi tempat wisata.


1. Buat Planning yang Matang

Sebelum fix mengunjungi sebuah tempat, ada baiknya jika membuat planning terlebih dahulu. Anda harus bisa memperhitungkan berapa biaya yang dibutuhkan, barang apa saja yang harus dibawa, sampai perbekalan. Sembari memperhitungkan biaya, Anda bisa menabung agar kondisi finansial sepulang berlibur tetap aman. Membuat planning menjadi salah satu best travel tips yang wajib dilakukan siapapun sebelum berangkat.

2. Jangan Gengsi, Manfaatkan Apapun yang Anda Miliki

Jika di wilayah tempat berlibur ada sahabat atau sanak keluarga, Anda bisa memanfaatkannya untuk tempat menginap. Poin ini bisa jadi tips travelling untuk wanita backpacker karena dinilai lebih aman. Dibandingkan harus menyewa kamar hotel, akan jauh lebih hemat dan jika menginap di tempat orang yang kita kenal. Selain itu, tali silaturahmi juga tetap bisa terjaga sehingga hubungan kekeluargaan akan semakin erat.

3. Jangan Sewa Jasa Tour Guide, Manfaatkan Teknologi

Meski Anda tidak mengetahui lokasi dan seluk beluk tentang destinasi wisata yang akan dikunjungi, usahakan sebisa mungkin manfaatkan gadget yang dimiliki. Mengapa? Karena segala informasi bisa Anda dapatkan melalui internet. Anda bisa melihat review dari traveller, info harga, bahkan jalan menuju lokasi wisata tersebut secara gratis. Selalu utamakan safety travel tips  terlebih jika Anda baru pertama kali mengunjungi tempat tersebut.

4. Jangan Berangkat Pada Tanggal Libur

Tips travelliing hemat yang harus diperhatikan salah satunya timing. Jangan pergi saat musim liburan tiba seperti suasana tahun baru, libur panjang saat tanggal merah, atau hari libur nasional. Pada tanggal dan hari libur, biasanya tempat wisata akan menaikan harga tiket. Pedagangpun biasanya akan menjual barang dengan harga yang sedikit naik dari biasanya.

5. Cari Hostel atau Guest House yang Murah

Menginap di hostel bisa jadi salah satu tips liburan sederhana ketika tidak ada sanak keluarga yang bisa dijadikan tempat menginap. Saat ini sudah banyak hostel murah dengan biaya Rp. 50.000 semalam. Anda bisa bertemu dengan backpacker lain dalam satu kamar. Hal ini bisa dijadikan sebagai pengalaman baru, sukur-sukur bisa menambah teman dan relasi.

6. Minimalisir Beli Barang yang Bisa Dibawa dari Rumah

Membawa perlengkapan dari rumah bisa dijadikan salah satu tips travelling hemat yang wajib dilakukan oleh Anda para mahasiswa. Anda bisa membawa peralatan mandi, bekal makanan, dan pakaian yang ada di rumah atau tempat kost. Jika ingin travelling heat, tahan nafsu untuk membeli pakaian dan segaa macam oleh-oleh di destinasi wisata. Buat daftar perlengkapan yang harus dibawa saat liburan.

7. Manfaatkan Transportasi Publik

Di daerah yang memiliki destinasi wisata unggulan sudah pasti dilalui oleh transportasi publik seperti angkot dengan berbagai macam trayek. Anda bisa memanfaatkan ini dibanding harus membawa kendaraan pribadi. Selain capek, memerlukan biaya bensin yang tidak sedikit. Atau jika ingin praktis Anda bisa memanfaatkan transportasi online seperti gojek, grab, dan sebagainya.

8. Jangan Beli Oleh-Oleh di Pertokoan

Jika Anda ingin membawa beberapa cinderamata untuk orang tersayang namun budget yang dimiliki pas-pasan, cari pasar terdekat. Anda bisa membeli oleh-oleh dari sana dengan harga yang cukup miring. Kualitas barang yang dijual biasanya tidak akan beda jauh dibanding barang yang dijual di pusat oleh-oleh.

9. Lebih Banyak Teman, Bisa Lebih Hemat

Tips hemat saat travelling akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama. Ajak teman kampus atau sahabat Anda untuk ikut serta dalam perjalanan. Biasanya, beberapa tempat wisata akan memberikan diskon terhadap wisatawan yang datang dalam jumlah tertentu. Selain itu, Anda bisa menginap di hotel dengan membayar secara patungan.

10. Cari Tiket Perjalanan yang Sedang Promo

Saat ini tike bus, kereta, dan pesawat sudah banyak dijual secara online melalui aplikasi. Biasanya pada periode tertentu selalu diadakan promo tiket sebesar 25% sampai 50% per orang. Jika Anda ingin menghemat budget saat travelling, memanfaatkan promo ini untuk perjalanan pulang-pergi bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

11. Cari Tempat Makan yang Biasa

Ketika bepergian ke suatu tempat, mahasiswa biasanya selalu mencari tempat yang makanannya murah. Nah, strategi ini pun bisa digunakan ketika sedang travelling supaya kantong tetap aman terkendali. Jika ingin hemat, jangan sekali-kali makan di resto. Banyak tempat makan semacam rumah makan penyetan yang menjual nasi paket komplit dengan harga yang terjangkau.
Kunjungi Tempat Wisata Baru dan Instagramable

Tips travelling untuk mahasiswa biasanya selalu berkaitan dengan instagrammable atau tidak. Referensi tempat wisata baru yang instagrammable bisa dilihat melalui internet. Ketika Ada memiliki uang pas-pasan namun pikiran sudah penat, kunjungi salah satu tempat tersebut tidak ada salahnya. Mengapa? Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan memberikan harga promo bahkan gratis bagi pengunjung. Selain itu, kawasan yang tidak terlalu ramai bisa menambah estetika foto yang diambil dari sana.

12. Selalu Manfaatkan Apapun yang Berlabel ‘Gratis’
Meski hobi travelling, naluri mahasiswa untuk mendapatkan sesuatu yang gratis sepertinya sudah tidak diragukan laggi, ya. Tips travelling hemat ini bisa Anda terapkan ketika berwisata dengan bekal yang pas-pasan. Anda bisa manfaatkan fasilitas gratis seperti toilet, tempat charge, sampai air minum gratis yang disediakan pihak pengelola wisata. Dengan begitu, Anda bisa menghemat setidaknya beberapa puluh ribu rupiah, bukan?

13. Pilihlah Perjalanan Malam Hari

Selain menyenangkan, melakukan perjalanan malam juga dinilai lebih efektif dibandingkan siang hari. Pada malam hari, jalanan pun cenderung lengang karena sedikit yang melakukan aktifitas. Dalam perjalanan Anda bisa beristirahat dan begitu bangun sudah tiba di lokasi. Berbeda halnya dengan perjalanan siang, tubuh akan terasa lebih lelah karena waktu istirahat akan sedikit terganggu dengan hiruk-pikuk jalanan dan orang yang beraktifitas di dalam kendaraan.

14. Bawa Bekal Air Minum

Jadikan botol air minum sebagai salah satu list barang yang dibawa saat travelling. Membawa botol air minum sendiri sangat dianjurkan bagi setiap traveller. Dengan membawa botol minum sendiri, Anda tidak perlu khawatir kehabisan air minum saat di perjalanan. Kemudian jika botol tersebut habis, Anda bisa mengisinya dengan fasilitas pengisian air minum gratis yang tersedia selama perjalanan. Lebih hemat, bukan?

15. Jangan Lupa Nikmati Momen Liburan Anda

Meski liburan dengan budget yang minim, bukan berarti tidak bisa menikmati momen liburan yang Anda lakukan. Lakukan aktifitas yang membahagiakan seperti berfoto bersama dengan teman, selfie, atau sekali-kali upload ke sosial media untuk berbagi kebahagiaan dengan teman di dunia maya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan manfaat travelling dan melepas beban.

Setelah membaca beberapa tips travelling hemat ala mahasiswa, apakah Anda sudah siap menikmati liburan? Selalu utamakan keselamatan jiwa saat sebelum, selama, dan sesudah berwisata terlebih jika Anda melakukan travelling dengan bayi atau anak kecil.

Belum ada Komentar untuk "15 Tips Travelling Hemat yang Wajib Jadi Pedoman Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel