Baru Pertama Kali Naik Gunung? Ini Starter Pack yang Wajib Dibawa!


Apakah Anda baru pertama kali naik gunung dan merasa bingung apa saja perlengkapan yang harus dibawa? Yuk buat checklist dari daftar ini.

Baru Pertama Kali Naik Gunung? Ini Starer Pack yang Wajib Dibawa!


Diajak pertamakali naik gunung memiliki kesan tersendiri. Ada perasaan senang, tertantang, dan mungkin sedikit khawatir. Bagi orang yang sudah biasa melakukan pendakian, pasti sudah tahu apa saja perlengkapan yang harus di bawa ke atas gunung. Nah, jika Anda berencana mendaki gunung dekat-dekat ini, ikuti beberapa tips dan daftar checklist perlengkapan yang wajib di bawa.

Tips Naik Gunung untuk Pertama Kali

Saat ini naik gunung menjadi salah satu olahraga yang hits di kalangan remaja SMA sampai kuliah. Selain melatih kekuatan fisik, hiking juga bisa dijadikan sebagai ajang melatih mental dan kerjasama tim. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum hari – H.


1. Rencanakan Tujuan dengan Matang

Sebelum pendakian harus dilakukan rapat kecil yang membahas perencanaan. Mulai dari tujuan pendakian, transportasi, kalkulasi biaya, hingga pembagian tim harus dibicarakan secara matang. Semua hal yang berkaitan dengan rencana pendakian harus dipahami semua anggota tim supaya tidak ada kesalah pahaman saat hari – H nanti. Rencanakan langkah keselamatan mendaki gunung dengan matang dan dipahami semua anggota tim.

2. Persiapkan Fisik dan Mental

Kondisi fisik dan mental yang kuat menjadi bekal utama setiap pendaki, baik yang sudah profesional maupun pemula. Persiapan fisik sebelum naik gunung dapat dilakukan dengan latihan pernafasan dan melatih kekuatan otot seperti lari, push up, dan sebagainya. Sedangkan persiapan mental bisa dilakukan dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan berlatih untuk positive thinking.

3. Latih Kerjasama Tim dengan Baik

Meskipun baru pertama kali naik gunung, solidaritas dan kekompakan tim harus selalu di jaga. Ketika berada di gunung yang akan menjadi keluarga adalah tim. Jangan sampai terjadi perpecahan karena hal sepele.

4. Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Naik Gunung

Alat persiapan mendaki gunung terbagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari perlengkapan kelompok sampai perlengkapan pribadi dari ujung kaki dan kepala harus dibawa lengkap jika Anda tidak ingin kesulitan. Berikut adalah list perlengkapan pribadi hingga logistik naik gunung yang harus dibawa.

1) Bawa Pakaian Seperlunya

Suhu di atas gunung sangat ekstrim. Oleh karena itu, bawa beberapa pakaian dan celana berbahan tebal untuk mencegah terjadinya hipotermia. Pakaian yang wajib dibawa yaitu jaket parasut anti air, kaos, sweater, celana panjang, beberapa buah kaos kaki tebal, sepatu dan sandal gunung, kaos tangan, penutup kepala, masker, kacamata, dan jas hujan. Jumlah pakaian yang harus dibawa bisa disesuaikan dengan berapa lama Anda melakukan kegiatan hiking.

2) Siapkan Makanan dan Minuman yang Sekali Habis

Saat pertama kali naik gunung, bawa  makanan dan minuman yang sekali habis. Anda bisa membawa makanan instan dan beberapa snack pengganjal perut. Jika ada planning untuk nge-camp, Anda bisa membawa beberapa buah mie instan dan portable stove. Usahakan bawa botol air mineral berukuran 1,5L dan isi botol tersebut setiap bertemu dengan mata air alami. Jangan biarkan botol air minum Anda kosong tak berisi, ya.

3) Peralatan Inti

Peralatan inti seorang pendaki gunung terbagi menjadi 2, yaitu peralatan untuk kelompok dan pribadi. Peralatan kelompok yang harus di bawa diantaranya tenda dan flysheet dan beberapa buah matrass. Sedangkan peralatan pribadi diantaranya carrier, day pack/hydro pack, senter dan baterai cadangan, pisau gunung, gaiter, dan trekking pole. Upayakan lengkapi apapun yang sekiranya dibutuhkan ketika di atas gunung.

Berbagai macam peralatan mendaki bisa Anda temukan di distro khusus hiking seperti Eiger, Consina, dan merek terkenal dan berkualitas lainnya. Waspada dan hindari berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

4) Obat-Obatan atau P3K

Ada istilah manusia yang berencana, Tuhan yang berkehendak. Meskipun tim sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang dan mewanti-wanti setiap anggota kelompok agar berhati-hati, namun apapun yang terjadi di atas gunung adalah kehendak-Nya. Manusia hanya bisa melakukan  pencegahan. Agar tidak memperburuk keadaan, ada baiknya jika mempersiapkan obat-obatan dan P3K saat mendaki.

Perlengkapan mendaki gunung yang tidak kalah penting yaitu P3K. Bawalah obat-obatan seperti obat luka luar seperti betadine, tensoplast, rivanol, koyo, dan alkohol 70%. Kemudian siapkan obat maag, diare, dan pusing. Untuk obat dan suplemen tambahan, Anda bisa membawa obat alergi, sunblock, lotion anti nyamuk, stimuno, tolak angin, dan minuman dehidrasi. Lalu jangan lupa bawa obat-obatan pribadi. Jangan lupa bawa pembalut dan plastik untuk wanita ya.

5) Bawa Navigasi dan Survival Kit

Alat navigasi seperti peta pendakian, kompas, dan safety plan diperlukan masing-masing minimal 1 buah dalam kelompok berumlah 5 orang. Kemudian survival kit yang harus dimiliki oleh pribadi diantaranya peluit, tali, garam untuk menghalau ular, pisau, dan korek api atau gasolin. Orang yang baru pertama kali naik gunung maupun yang sudah pro, sangat memerlukan alat-alat ini untuk melakukan serangkaian langkah keselamatan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

6) Peralatan Pribadi

Perlengkapan pribadi yang harus dibawa diantaranya identitas diri seperti kartu mahasiswa dan KTP, bawa sedikit uang tunai dengan pecahan kecil, alat mandi pribadi, tisu basah dan tisu kering, hand sanytizer, kertas dan bolpoin, kamera dengan baterai penuh lengkap dengan charger, terakhir yang paling penting handphone, charger, dan powerbank. Lengkapi persiapan camping dengan matang supaya tidak merepotkan anggota tim lain.

Beberapa ‘Wejangan’ Sebelum Naik Gunung

Banyak pelajaran dari mendaki gunung. Beberapa anak muda memiliki sifat, perilaku, dan cara berbicara yang berbeda-beda. Meski demikian, ketika naik gunung semua sifat dan perilaku harus disama ratakan. Dalam artian, tidak boleh ada seorangpun yang merasa dirinya ‘paling’ tapi semua orang harus merasa ‘saling’. Pendaki harus menjaga sikap dan perilaku, seperti:

1. Tidak Boleh ‘Sompral’

Dimanapun kita berada, sudah sepantasnya untuk menjaga setiap tutur kata. Ketika berada di tempat asing, sebaiknya jaga tutur kata agar tidak mengeluarkan perkataan yang bisa membuat tersinggung orang yang mendengarnya. Meski kata-kata yang diucapkan terkesan ‘biasa’, tapi siapa tahu di tempat asing yang Anda pijak kata-kata tersebut tidak sopan.

2. Jaga Sopan-Santun dan Perilaku

Menjaga sikap dan berperilaku sopan harus diterapkan dimanapun dan kapanpun. Hormati setiap orang terutama orang tua ketika Anda mulai memasuki wilayah desa lain. Upayakan selalu menyapa dan tersenyum kepada setiap orang yang melihat Anda. Jangan sampai keberadaan Anda dan tim rombongan dianggap mengganggu. Turunkan ego saat pertama kali naik gunung.

3. Jaga Kebersihan Lingkungan

Saat ini hampir semua gunung yang ada di Indonesia sudah bisa dijadikan sebagai sarana aktiviti mendaki gunung. Mirisnya, banyak diantara pendaki meninggakan sampah plastik sisa makanan yang sulit terurai. Hal iniperlahan tapi pasti tentu akan merusak ekosistem gunung. Oleh karena itu, sangat ditekankan kepada para pendaki pro maupun pemula untuk membawa kembali sampah-sampah turun ke bawah.

4. Jangan Tinggalkan Ibadah

Setiap umat beragama memiliki kewajiban untuk beribadah kepada Tuhannya. Kewajiban ini tidak menjadi pengecualian ketika mendaki gunung. Dimanapun dan kapanpun, ibadah harus tetap dilaksanakan. Terlebih bagi seorang muslim yang beribadah 5 kali sehari, sebaiknya bawa peralatan sholat. Ada baiknya sesama anggota tim saling mengingatkan agar ibadah tidak tertinggal. Karena makna mendaki gunung yang sesungguhnya yaitu mensyukuri anugerah yang diberikan Tuhan.

Ciptakan pengalaman pertamakali naik gunung yang berkesan positif. Karena kesempatan naik gunung tidak akan datang dua kali. Ingat ya, selalu utamakan keselamatan kapanpun dan dimanapun Anda berada karena ada orang terkasih yang menanti kehadiran Anda di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Baru Pertama Kali Naik Gunung? Ini Starter Pack yang Wajib Dibawa!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel