Belum Pernah Keluar Negeri? Ikuti Tips Traveling Ke Luar Negeri Disini.

Saat ini jalan-jalan keluar negeri sudah menjadi hal lumrah yang biasa dilakukan. Ikuti beberapa tips traveling ke luar negeri demi keamanan serta kenyamanan Anda.

Belum Pernah Keluar Negeri? Ikuti Tips Traveling Ke Luar Negeri Disini.


Bagi orang yang belum pernah melakukan traveling ke luar negeri, ada baiknya jika mengikuti beberapa tips supaya liburan terasa nyaman dan aman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mendatangi suatu negara, mulai dari bahasa, kultur hingga cuaca. Selain tiga hal tersebut, masih banyak hal lain yang wajib disiapkan matang-matang. Maka dari itu, simak beberapa ulasan tips berlibur di bawah ini ya.

12 Tips Traveling Ke Luar Negeri untuk Pertama Kali

Pertama kali travelling ke luar negeri pasti memiliki kesan tersendiri. Mengunjungi negara lain untuk berwisata menjadi impian hampir sebagian besar orang. Misalnya pergi ke Menara Eiffel di Paris, Menara Pisa di Italia, Pulau Jeju di Korea, dan destinasi wisata ternama lainnya. Berikut adalah beberapa tips dan rekomendasi beberapa barang yang harus dibawa saat liburan ke luar negeri bagi Anda.

1. Bawa Dokumen Perjalanan dengan Lengkap

Ketika ingin melakukan traveling ke luar negeri, salah satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu dokumen perjalanan meliputi paspor, visa, dan kartu identitas. Dari mulai tanggal berlaku dan kesesuaian dokumen dengan identitas tidak boleh luput dari perhatian. Kemungkinan terburuk jika dokumen tidak lengkap, Anda dipulangkan ke Indonesia. Ketiga dokumen tersebut tidak boleh tertinggal karena saat tiba di bandara, kedatangan Anda akan dicek dan dicatat oleh petugas keimigrasian.

Jika dokumen perjalanan tidak lengkap atau tidak membawa salah satunya, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi masalah. Anda akan dianggap sebagai pendatang ilegal oleh petugas imigrasi negara setempat jika tidak bisa menunjukan dokumen perjalanan. Ingat, dokumen perjalanan merupakan syarat pergi ke luar negeri yang wajib dilakukan setiap orang, termasuk bayi sekalipun.

2. Rencanakan Perjalanan secara Matang

Melakukan trip perjalanan ke luar negeri memerlukan persiapan yang matang. Setidaknya, Anda harus mmemiliki plan yang disusun sejak awal keberangkatan sampai kembali pulang ke Indonesia. Anda harus bisa menyesuaikan waktu yang disediakan selama liburan dengan destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Jangan sampai dengan waktu yang sedikit diisi dengan banyak destinasi supaya tidak tergesa-gesa.

3. Ingin Hemat? Dapatkan Tiket Perjalanan Promo

Saat ini sudah banyak tersedia platform penyedia tiket perjalanan yang bisa dibeli secara online. Jika membeli tiket perjalanan dari platform tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai tawaran menarik mulai dari potongan harga, cashback, hingga voucher yang bisa digunakan saat di luar negeri nanti. Tawaran potongan harga pun tidak tanggung-tanggung, ada yang mencapai hingga 50% dari harga normal. Terkadang, ada tawaran promo paket backpacker murah ke luar negeri.

Anda bisa mendapatkannya dengan cara menginstal aplikasi platform tiket online melalui playstore. Usahakan untuk membeli tiket sejak jauh-jauh hari ya, minimal 7 hari sebelum keberangkatan. Tujuannya supaya Anda bisa mempersiapkan segala kelengkapan traveling ke luar negeri dengan baik.

4. Manfaatkan Internet dan Buat Rencana Perjalanan

Membuat list schedule sangat penting bagi Anda yang belum pernah ke luar negeri. Anda bisa membuat rencana perjalanan mulai dari menentukan destinasi, list tempat oleh-oleh yang harus dikunjungi, sampai tempat makanan halal jika beragama muslim, sampai tempat penginapan paling recommended di negara tujuan. Cari rekomendasi tempat liburan ke luar negeri yang murah dan bagus.

Anda bisa menjadikan ulasan di internet dan review travel bloger sebagai bahan referensi. Dengan membuat rencana perjalanan, dijamin liburan menjadi lebih tertata meskipun liburan tersebut menjadi perjalanan pertama Anda.

5. Jangan Lupa, Bawa Uang Cash dengan Mata Uang Negara Tujuan

Sebelum berangkat siapkan uang cash bermata uang negara yang akan dituju. Anda bisa menukarkan uang rupiah dengan mata uang asing di money changer dalam negeri. Jangan sampai Anda nekat membawa uang rupiah saat traveling ke luar negeri karena sangat jarang sekali negara yang mau menerima mata uang rupiah. Banyak kasus turis Indonesia ke luar negeri yang lupa membawa mata uang negara tujuan.

6. Pelajari Bahasa Inggris Basic

Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang banyak digunakan oleh negara-negara di dunia. Namun bukan berarti jika ingin traveling ke luar negeri harus memiliki skor TOEFL diatas 500, yang penting mental, kondisi fisik, dan keuangan siap. Tidak masalah jika bahasa Inggris Anda tidak begitu baik. Cukup ketahui bahasa Inggris basic untuk menanyakan tempat, cara naik kendaraan umum, dan sebagainya.

Atau, Anda bisa membawa buku conversation, memanfaatkan google translate, dan aplikasi penerjemah. Dengan bantuan aplikasi dan buku saku tentang conversation, liburan singkat ke luar negeri yang Anda lakukan pasti akan berjalan sesuai rencana.

7. Siapkan Wifi Pribadi

Tahukah Anda, jika provider yang berlaku di Indonesia terkadang tidak support dengan internet di luar negeri? Untuk mengatasi susah sinyal, Anda bisa menyewa wifi pribadi yang internet connectionnya  bisa digunakan di luar negeri. Anda bisa menyewa wifi tersebut dari passpod, wifirepublic, dan penyedia jasa lain yang serupa dengan harga terjangkau. Anda bisa meminta jumlah kuota yang dibutuhkan saat bepergian nanti dengan harga terjangkau.

8. Bawa Bekal Makanan Instan

Ketika traveling ke luar negeri terlebih ke negara bagian Barat, Anda akan menemukan berbagai macam makanan yang belum pernah ditemui di Indonesia. Selain itu, cita rasa yang dimiliki makanan luar belum tentu sesuai dengan lidah Indonesia. Nah, untuk menjaga agar selera makan tetap baik, Anda bisa membawa makanan yang bisa dibawa keluar negeri  dari Indonesia untuk menambah cita rasa seperti bawang goreng, sambal instan, abon, dan sebagainya.

9. Bawa Beberapa Tas Cadangan

Membawa tas cadangan penting dilakukan bagi siapapun yang akan melakukan perjalanan, baik perjalanan dalam negeri maupun luar negeri. Bawa tas cadangan yang tidak begitu ‘makan’ tempat dan berbahan fleksibel. Anda bisa menggunakan tas tersebut sebagai tempat oleh-oleh atau barang bawaan lain yang tidak bisa dimasukan ke koper.

10. Siapkan Obat-Obatan Pribadi

Meski sejak awal keberangkatan kondisi badan sehat dan bugar, tapi siapa tahu ketika datang di negara orang tubuh menjadi drop. Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi kondisi badan mengingat cuaca dan iklim di luar negeri sangat berbeda dengan Indonesia. Untuk menghindari jatuh sakit saat traveling, ada baiknya jika siapkan obat-obatan pribadi dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

11. Hati-Hati Menggunakan Barang Komplimen Hotel

Setiap hotel pasti selalu menyediakan perlengkapan tambahan seperti pasta gigi, shampo, sabun, dan sebagainya. Namun setiap hotel memiliki kebijakan berbeda untuk treat pelanggannya. Ada hotel yang memberikan barang komplimen tersebut secara gratis, ada juga yang harus bayar saat setelah menggunakannya. Tidak akan jadi masalah jika Anda membawa banyak uang dan sanggup membayarnya. Nah, jika budget yang dimiliki pas-pasan, sebaiknya bawa perlengkapan sendiri dari rumah ya.

12. Selalu Waspada Dimanapun Anda Berada

Sejatinya di dunia ini tidak ada tempat yang 100% aman. Setiap manusia memiliki kecenderungan untuk bertindak kriminal. Maka dari itu, selalu waspada dimanapun Anda berada. Jangan lupa selalu kunci kamar hotel, jaga barang pribadi di tempat umum, dan jangan terlalu memepercayai orang lain yang tidak begitu dikenal.

Dengan mengikuti beberapa tips traveling ke luar negeri di atas, setidaknya lebih dari 70% perjalanan Anda akan terlaksana dengan aman dan menyenangkan. Selalu cek kembali segala persiapan perjalanan ke luar negeri dan jangan lupa panjatkan doa saat sebelum, selama, dan sesudah keberangkatan. Selamat berlibur.

Belum ada Komentar untuk "Belum Pernah Keluar Negeri? Ikuti Tips Traveling Ke Luar Negeri Disini."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel