Coba Konsumsi Menu Diet Tanpa Nasi, Berat Badan Dijamin Turun

Ragam menu diet tanpa nasi sangat banyak. Ada yang masih mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbo, ada juga yang tidak makan nasi sama sekali.

Coba Konsumsi Menu Diet Tanpa Nasi, Berat Badan Dijamin Turun


Menu diet tanpa nasi yang sehat saat ini sudah bisa Anda kreasikan sendiri. Tutorial membuat makanan sudah banyak tersebar di berbagai kanal media seperti instagram, youtube, dan internet. Melakukan program diet ternyata tidak cukup hanya dengan workout yang teratur. Namun konsumsi makanan dan minuman pun harus dijaga agar tubuh tetap fit meski sedang menjalankan diet. Berikut adalah beberapa bahan makanan subtitute untuk program menurunkan berat badan.

Sedang Diet? Ganti Sumber Karbo dengan Ini

Banyak orang yang berpendapat, makanan sehat rata-rata memiliki rasa yang kurang enak. Benarkah demikian? Ternyata pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Sekarang beragam menu sehat dan enak pendamping program diet bisa Anda dapatkan dengan memasaknya sendiri di rumah.

Hampir sebagian orang Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan utama dan sumber karbohidrat. Namun bagi orang yang sedang melakukan program diet, konsumsi nasi sebaiknya dihindari karena bisa membuat lemak dan gula menumpuk di dalam tubuh. Yuk simak apa saja makanan dalam menu diet sehat tanpa nasi  yang boleh dikonsumsi selama Anda menjalani program.

1. Mie Shirataki

Sejauh ini ada dua jenis makanan bernama shirataki, yaitu jamur dan mie. Shirataki yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi ketika diet yaitu mie shirataki.  Jenis mie Jepang ini sudah cukup lama menjadi produk makanan untuk diet karena mampu membantu menurunkan berat badan. Bentuk mie shirataki ini hampir serupa dengan bihun putih, namun teksturnya lebih berair.

Berbeda dengan nasi yang mengandung banyak gula, bahan utama mie shirataki berasal dari konjac atau umbi gajah yang rendah lemak, rendah gula, dan berserat tinggi. Memiliki rasa yang hambar dan tekstur yang kenyal, sehingga cocok dimasak untuk hidangan apapun. Soun Jepang ini bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan berprotein tinggi seperti ayam, udang, telur, dan daging.

2. Ubi-Ubian

Sudah bukan rahasia umum lagi, ubi merupakan salah satu makanan berkarbohidrat tinggi pengganti nasi. Selain lebih sehat dari nasi karen memiliki vitamin dan serat yang tinggi, ubi juga mampu mencegah penuaan dini. Ubi mengandung karotenoid dan anti oksidan yang mampu mencegah timbulnya kanker. Ubi menjadi salah satu pilihan menu diet murah yang paling direkomendasikan.

Selain itu, ubi juga sangat kaya akan magnesium dan mangan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung serta tulang. Aneka olahan menu diet yang enak dan sehat bisa Anda dapatkan disini. Anda bisa menggunakan aneka macam ubi mulai dari ubi kuning sampai ubi ungu agar Anda tidak jenuh ketika menjalankan program menu diet tanpa nasi.

3. Quinoa

Pernahkah Anda mendengar makanan bernama quinoa? Di Indonesia makanan ini belum begitu populer. Namun jika Anda melihat berbagai referensi menu diet sehat dari jurnal yang diterbitkan di luar negeri, quinoa sudah banyak dibahas.  Makanan ini berasal dari tanaman Chenopodium Quinoa. Budidaya Quinoa di Indonesia belum begitu banyak, namun jangan khawatir karena Anda tetap bisa mendapatkannya di supermarket atau toko online penjual makanan sehat.

Tekstur quinoa setelah masak hampir sama seperti nasi. Rasanya yang hambar sangat cocok untuk disandingkan dengan lauk apapun. Quinoa juga bisa dijadikan bahan makanan penutup ataupun camilan yang lezat nan sehat. Mengonsumsi quinoa bisa menjadi salah satu cara diet ampuh tanpa olahraga bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk workout.

4. Beras Merah

Meski sama-sama bernama beras, ternyata beras merah dan beras putih kandungannya sangat berbeda, lho. Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan untuk mengonsumsi beras merah terutama bagi orang yang sedang menjalankan program diet alami. Beras merah sudah terbukti dapat membuat perut lebih cepat kenyang karena kandungan serat yang tinggi. Hal ini sudah diverifikasi oleh jubir Asosiasi Dietitan Australia, Simon Austine.

5. Kentang

Kentang menjadi umbi-umbian paling disukai oleh hampir seluruh orang di dunia. Banyak sekali makanan yang berasal dari kentang. Umbi yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai aneka makanan, mulai dari makanan berat sampai camilan. Selain ‘multiguna’, kentang juga mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Makanan sangat bisa dikonsumsi sebagai salah satu menu diet tanpa nasi supaya tidak bosan.

Anda bisa mengolah kentang dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dan digoreng. Tambahkan beberapa bumbu sebagai penyedap seperti lada hitam. Anda juga bisa menambahkan sedikit keju atau saus sambal agar diet terasa lebih menyenangkan. Namun ingat, pilih bumbu dengan kandungan kalori rendah dan minyak zaitun untuk memaksimalkan fungsi kentang sebagai makanan pendamping saat diet.

6. Jagung

Jagung bisa Anda temuka dengan mudah dimanapun. Eksistensinya sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi sudah banyak diakui oleh berbagai negara. Memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, menjadi alasan mengapa banyak orang mengonsumsi jagung ketimbang nasi. Bagi yang sedang menjalankan diet sehat, ganti nasi dengan jagung secara perlahan dan lihat hasilnya.

7. Oatmeal

Makanan berbahan dasar gandum bisa menjadi salah satu sumber karbo alternatif pengganti nasi. Kaya akan sumber serat, vitamin, dan mineral menjadikan gandum sebagai makanan favorit bagi pejuang diet. Gandum juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol sehingga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk orang sakit diabetes dan kolesterol. Serat gandum alami dapat dengan mudah Anda dapatkan di supermarket terdekat dengan harga yang variatif.

Cara Mengolah Menu Diet Tanpa Nasi

Mengolah makanan berbahan dasar ubi, jagung, kentang, dan beras merah sepertinya sudah biasa dilakukan. Anda bisa menjadikan bahan makanan tersebut dengan aneka resep sesuai selera. Namun, jangan sampai melewati batas pola makan diet yang sudah diatur sebelumnya. Nah, berikut adalah cara mengolah sumber karbo pengganti nasi yang masih jarang digunakan oleh pejuang diet, terutama bagi pemula.

1. Mie Shirataki

Mie shirataki biasa dijual dalam keadaan basah dan kering. Shirataki basah dikemas dalam wadah berbungkus plastik berisi air. Jika Anda menemukan jens mie seperti ini, Anda bisa langsung mengolahnya dengan mencucinya terlebih dahulu. Lalu shirataki kering hanya dibungkus dengan plastik, berisi mie kering menyerupai soun.

Anda bisa mengolahnya dengan menumis serta mencampurkan beberapa sayuran seperti wortel, brokoli, dan sebagainya. Tidak lupa, masukan bahan makanan yang mengandung protein hewani seperti daging dan ikan laut agar gizi tetap terpenuhi meski sedang menjalani program diet ketat.

2. Quinoa

Quinoa mentah berbentuk seperti butiran biji wijen. Cara mengolahnya sama seperti mengolah beras. Pertama, cuci bersih quinoa lalu masak dengan air secukupnya. Quinoa yang sudah masak memiliki tekstur seperti nasi. Sebaiknya, makan dengan lauk-pauk yang dianjurkan untuk diet untuk hasil yang maksimal. Anda bisa memakannya dengan aneka olahan sayur seperti capcay, sup, dan sebagainya.

3. Oatmeal

Saat ini oatmeal menjadi makanan yang cukup populer di kalangan pejuang diet. Selain mudah didapatkan, oatmeal juga memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan makanan pengganti nasi lainnya. Untuk mendapatkan oatmeal yang enak, Anda bisa menambahkan beberapa mili susu kedelai atau susu rendah lemak ke dalam semangkuk oatmeal. Sebagai penyegar, Anda bisa menuangkan beberapa tetes fruit essence ke dalam mangkuk tersebut.

Atau jika ingin praktis, Anda bisa membeli oatmeal instan yang sudah memiliki perisa. Ada banyak aneka pilihan rasa mulai dari rasa manis seperti coklat, pisang, dan strawberry hingga oatmeal dengan rasa asin seperti rasa soto dan kari ayam.

Makanan pengganti nasi di atas bisa dijadikan sebagai alternatif menu diet tanpa nasi. 7 makanan pengganti nasi di atas bisa dijadikan sebagai menu diet dari hari Senin sampai Minggu. Selain untuk diet, makanan di atas juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk orang hamil. Agar tubuh tetap sehat dan fit, selalu penuhi kebutuhan nutrisi harian meski sedang menjalani program diet dan jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur untuk mengeluarkan kalori setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Coba Konsumsi Menu Diet Tanpa Nasi, Berat Badan Dijamin Turun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel