Wow, Ini Daftar Peluang Karir untuk Mahasiswa dan Anak Sekolah yang Layak Dicoba


Di jaman serba moderen dan serba canggih seperti sekarang, peluang karir sangat terbuka luas bagi siapa saja. Apa saja kira-kira peluang tersebut? Simak ulasan lengkapnya disini.



Apakah Anda seorang siswa/mahasiswa yang sedang mencari peluang karir atau ingin mendapatkan uang jajan tambahan? Sebelum menentukan jenis peluang karir yang bisa dilakukan secara partime ada baiknya jika mengetahui jenis pekerjaan apa yang Anda sukai terlebih dahulu. Tujuannya agar peluang karir yang didapatkan bisa menjadi pekerjaan jangka panjang di masa depan. Berikut adalah daftar pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siswa dan mahasiswa.

6 Jenis Kerja SampinganMahasiswa dan Anak Sekolah Paling Recommended

Setiap orang membutuhkan uang meski jumlah yang dibutuhkan berbeda-beda. Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa, terutama bagi yang kuliah di perantauan. Terkadang, bulanan dari orang tua telat datang namun banyak kebutuhan kuliah yang harus dilunasi. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mencoba beberapa freelance jobs di bawah ini, dijamin cocok untuk  mahasiswa.


1. Asisten Pribadi

Di kota besar yang banyak dipenuhi oleh orang sibuk, keberadaan personal assistance sangat dibutuhkan. Contohnya, ada seorang publik figur yang membutuhkan seseorang untuk menghandle jadwal, membeli tiket pesawat, bahkan memenuhi keperluannya. Biasanya peluang karir menjadi asisten pribadi dapat ditemukan melalui jejaring sosial instagram dan twitter. Untuk mendapatkannya, Anda harus benar-benar bisa meyakinkan mereka bahwa Anda mampu bekerja dengan optimal meski harus melakukan kewajiban utama, yaitu kuliah.

Ketika proses wawancara, biasanya Anda akan ditanya seputar bagaimana cara memanage waktu ketika jadwal pekerjaan dan kuliah sama-sama padat. Jawaban atas pertanyaan tersebut, harus dipikirkan matang-matang karena Anda dihadapkan pada 2 pilihan yang sama-sama penting. Kalau tidak, jawaban yang Anda lontarkan bisa jadi buah simalakama bagi Anda. Meski pekerjaan ini sifatnya sementara, lowongan pekerjaan untuk mahasiswa aktif ini mampu mendatangkan salary yang cukup banyak.

2. Tutor Les Privat

Menjadi tutor les privat menjadi salah satu peluang kerja bagi mahasiswa yang masih kuliah, yang ideal untuk dilakukan mahasiswa jurusan pendidikan. Menjadi guru tutor di perantauan menawarkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Anda bisa mengajar anak sekolah sesuai bidang kuliah yang dipelajari di kampus seperti biologi, matematika, fisika, bahkan ilmu sosial. Jika sanggup untuk mengajarkannya, Anda juga bisa mengajarkan pelajaran tingkat SD.

3. Masuki Peluang di Dunia Desain

Bagi Anda mahasiswa jurusan desain, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di dunia desain. Selain mengasah kemampuan yang dipelajari selama kuliah, dengan mendesain Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Peluang karir untuk menjadi seorang desainer kenamaan tidak hanya terbuka bagi mahasiswa jurusan desain saja, lho. Jika Anda berasal dari jurusan lain tapi memiliki kemampuan desain di atas rata-rata, peluang terbuka sama besarnya.

Desain yang dibutuhkan oleh pasar biasanya bermacam-macam, ada desain grafis, desain poster, desain komunikasi, desain produk, bahkan desain pakaian. Imbalan jasa yang bisa Anda dapatkan dalam sekali mendesain bisa bermacam-macam tergantung tingkat kesulitan yang dibuat dan kepuasan klien.

4. Freelance Writer

Peluang karir sebagai penulis lepas saat ini cukup terbuka lebar. Kebutuhan akan konten website dan blog saat ini sudah cukup tinggi. Sudah banyak mahasiswa yang menulis artikel dengan berbagai macam tema untuk keperluan blog dan website. Jika Anda suka menulis, tidak ada salahnya mencoba menjadi seorang penulis lepas. Anda akan mendapatkan fee per project yang dibayarkan setiap bulan. Semakin banyak artikel yang Anda tulis, akan semakin banyak pula salary yang diberikan.

Untuk menjadi seorang penulis lepas, Anda dituntut agar selalu berpikir kreatif, tanggung jawab dan konsisten terhadap deadline. Pilihan pekerjaan menjadi writer merupakan salah satu kesempatan kerja online gratisuntuk mahasiswa tanpa modal. Anda akan mendapatkan training secara gratis yang diberikan oleh penyedia jasa.

5. Fotografer

Menjadi seorang fotografer handal dan profesional memang memerlukan proses. Jika Anda menyukai bidang fotografi, jadikan hal tersebut sebagai peluang usaha. Mulai pijak hobi yang Anda miliki sebagai karir. Anda bisa memulainya dari sekarang, dengan status mahasiswa. Anda bisa menawarkan jasa fotografi Anda ke rekan-rekan yang ingin mengabadikan momen saat wisuda, annyversary, ulang tahun, atau acara penting lainnya.

Sedikit demi sedikit, skill fotografi dan editing Anda akan semakin terasah. Selain itu, Anda juga jadi memiliki softskill tentang bagaimana cara berhubungan dengan klien. Memang diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk mencapai hasil yang cemerlang. Maka dari itu, jangan terlambat untuk memulai. Jadikan hobimu sebagai karir.

6. Translator

Pekerjaan untuk anak SMA online salah satunya dengan menjad tranlator atau penerjemah. Memiliki kemampuan bahasa asing memang menjadi nilai plus bagi diri seseorang. Banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan ketika memiliki kemampuan berbahasa asing. Anda bisa menjadi penerjemah novel, jurnal, dan media literasi lainnya untuk orang yang membutuhkan.

Atau, Anda bisa menulis berbagai konten berbahasa asing untuk di publikasikan di majalah kampus, mading, bahkan portal media informasi internasional. Untuk salary, jangan khawatir. Biasanya orang berani membayar sedikit lebih mahal untuk hasil karya yang Anda buat dengan bahasa asing.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Bekerja Paruh Waktu
Meski kebutuhan mendesak, berpikir jernih sebelum mengambil keputusan tetap diperlukan. Ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya:


1. Perhatikan Kemampuan Diri Anda

Sebelum memutuskan untuk mencari peluang karir di perantauan, sebaiknya pikirkan mengenai seberapa banyak waktu luang yang anda miliki. Jangan sampai kewajiban utama sebagai mahasiswa dan pelajar menjadi terbengkalai akibat pekerjaan. Ingat, tugas utama yang harus dijadikan sebagai prioritas Anda di perantauan adalah mencari ilmu. Anda bisa mencari jenis kerja online dari rumah atau kost.

2. Pikirkan Jika Terjadi Benturan Antara Pekerjaan dan Studi

Ketika anda melakukan 2 hal dalam satu waktu, mau tidak mau salah satu harus di korbankan. Dalam hal ini, jangan sampai waktu studi dikorbankan untuk pekerjaan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika pekerjaan dan tugas studi sama-sama menumpuk yaitu dengan mencicil tugas studi sedikit demi sedikit. Biasakan untuk mengerjakan tugas di awal agar waktu yang Anda miliki lebih efektif. Dengan demikian, Anda bisa menjadi seorang pekerja online terpercaya dan profesional.

3. Buat Skala Prioritas Keuangan
Membuat skala prioritas keuangan penting dilakukan oleh setiap orang, tidak hanya untuk mahasiswa dan pelajar saja. Meski dengan cara yang sederhana, dengan membuat skala prioritas keuangan dapat membantu Anda mengalokasikan uang bulanan dan mengetahui jumlah uang yang dibutuhkan untuk menutup keperluan kuliah. Dengan demikian, Anda bisa memprediksi waktu berikut fee yang Anda dapatkan jika bekerja. Sukur-sukur gaji freelance tersebut bisa ditabung.

4. Pilih Pekerjaan yang Sesuai Minat
Pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan passion tentu sangat menyenangkan. Ketika Anda masih berstatus mahasiswa/pelajar, ada baiknya jika melakukan pekerjaan sesuai dengan minat yang Anda miliki. Tujuannya supaya beban pekerjaan yang diterima tidak terasa begitu berat. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan berdasarkan passion juga bisa menghasilkan output yang maksimal.

8 peluang karir untuk pelajar dan mahasiswa di atas dapat dijadikan salah satu referensi bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Manfaatkan waktu yang Anda miliki degan melakukan hal positif. Bagi freelancer, sebaiknya hindari pekerjaan yang memiliki terlalu banyak resiko, yaa. Salam sukses.

Belum ada Komentar untuk "Wow, Ini Daftar Peluang Karir untuk Mahasiswa dan Anak Sekolah yang Layak Dicoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel