Diet Tanpa Lapar dan Lemas, Ini dia Ragam Masakan Menu Diet Seminggu


Bosan dengan variasi menu diet seminggu yang itu-itu aja? Yuk, ikuti resep di bawah ini agar diet terasa lebih menyenangkan.

Diet Tanpa Lapar dan Lemas, Ini dia Ragam Masakan Menu Diet Seminggu


Selain berbekal keinginan yang kuat, pintar dan kreatif mengolah menu diet seminggu menjadi salah satu kunci keberhasilan ketika ingin menurunkan berat badan. Jika menu olahan yang hanya itu-itu saja, tentu lama kelamaan akan menjadi bosan dan berujung pada gagal diet. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa referensi menu diet sehat selama 1 minggu.

Menu Diet Sehat Selama 1 Minggu

Kelebihan berat badan paling dominan disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlebih. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya penyakit yang diakibatkan oleh kegemukan coba lakukan diet secara perlahan dengan mengonsumsi menu makanan sehat secara teratur. Anda bisa mengganti nasi sebagai sumber utama karbohidrat dengan bahan pokok lain. Selengkapnya lihat disini. Berikut menu makanan diet sehat untuk menurunkan berat badan selama 1 minggu penuh.

1. Hari Senin

Bagi hampir sebagian besar orang, hari Senin menjadi hari yang melelahkan. Maka dari itu, menu makanan diet untuk menemani aktifitas yang cukup padat harus memiliki serat yang banyak. Daftar menu diet sehat seminggu yang pertama, Anda bisa memakan roti sandwich gandum sebagai pengganti nasi untuk sarapan. Isian roti bisa dikombinasikan dengan daun selada, telur, dan beberapa oles mayo.

Di jam makan siang, Anda bisa memakan buah-buahan segar untuk mengembalikan semangat. Potongan buah seperti semangka, jeruk, buah naga, apel, dan buah segar lainnya bisa dijadikan teman untuk melewati hari yang terik. Tidak lupa, jus hijau dari campuran beberapa buah dan sayur berwarna hijau bisa jadi pilihan terbaik. Campurkan buah kiwi, anggur hijau, brokoli, mentimun, madu dan sedikit lemon sebagai perasa.

Sepulang kerja, Anda bisa mengonsumsi 1 gelas susu kedelai untuk mengembalikan stamina setelah seharian bekerja. Susu kedelai memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Sehingga cocok digunakan sebagai minuman untuk diet. Jika ingin memakan cemilan, makan cemilan sehat yang rendah lemak, gula, dan kalori.

2. Hari Selasa

Meski sedang menjalankan diet, jangan sampai melewatkan sarapan pagi. Agar fokus tetap terjaga ketika beraktifitas, sarapan dengan nasi merah dan beberapa lauk sangat dianjurkan. Nasi merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama dibanding nasi putih biasa.

Kemudian di siang hari, Anda hanya diperbolehkan minum jus buah dan sayur karena pagi tadi sudah mengkonsumsi makanan cukup banyak. Memakan beberapa buah cemilan seperti keripik rendah lemak masih diperbolehkan selama jumlahnya tidak banyak. Saat sore hari, Anda bisa mengkonsumsi sayuran yang diolah menjadi sop atau capcay. Ingat, masak dengan menggunakan minyak untuk diet seperti minyak zaitun.

Setelah pukul  08,00 Anda sudah tidak diperbolehkan lagi mengkonsumsi makanan. Sebaiknya makan beberapa potong buah untuk diet berasa masam seperti nanas, kiwi, atau strawberry untuk mencegah rasa lapar. Selalu minum air putih secukupnya untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

3. Hari Rabu

Ketika menjalani program diet, Anda hanya diperbolehkan memakan daging satu kali dalam seminggu. Hari Rabu, Anda diperbolehkan untuk memakan daging saat makan siang nanti. Ingat ya, daging harus diolah dengan bahan rendah lemak dan kalori agar protein hewani yang terkandung di dalamnya tidak rusak.

Untuk sarapan, Anda bisa mengonsumsi buah pisang untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Pisang mengandung banyak serat sehingga bisa menunda rasa lapar di jam rawan. Selain itu, buah ini juga mengandung gula yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan pembuka di pagi hari.
Menu cemilan untuk sore dan malam hari sebelum pukul 08,00 Anda bisa mengonsumsi rebusan buncis dan wortel. Taburi sedikit garam dan lada hitam untuk menambah cita rasa.  Sebisa mungkin hindari makanan berminyak selama menjalani program diet.

4. Hari Kamis

Menu sehat seminggu untuk diet, usahakan agar selalu memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein. Pada hari Kamis, Anda bisa mengonsumsi 2 buah kentang rebus berukuran sedang sebagai sumber karbohidrat. Atau Anda bisa mengolah kentang tersebut menjadi potato wedges rendah lemak.

Kemudian, makan 2 butir telur rebus dan jus jambu sebagai pengganti makan siang. Jus jambu kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga sangat baik untuk kesehatan. Saat sore hari, Anda bisa membuat salad home made dengan dressing yang sederhana. Campurkan buah dan sayur yang Anda inginkan ke dalam mangkuk lalu tambahkan sedikit minyak zaitun.

5. Hari Jumat

Susu rendah lemak dan roti gandum bisa jadi makanan pembuka di hari Jumat. Mengolesi roti dengan beberapa selai atau mayo bisa dijadikan pilihan yang menarik. Tambahkan sayur seperti selada, timun, dan tomat sebagai isian roti. Sajian sehat ini mampu menahan rasa lapar menjelang makan siang.

Jangan lupa untuk membawa bekal makan siang ke tempat kerja. Anda bisa membawa mie shirataki dan sayuran untuk menemani jam istirahat. Sedang diet kok makan mie, memangnya boleh? Saat ini mie shirataki menjadi salah satu menu pengganti nasi yang sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang menjalani program diet sehat. (sambungkan ke artikel 9)

Sore hari, waktunya untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Anda bisa mengonsumsi sayur bayam bening ditemani dengan jus pomegranate dengan sedikit air lemon. Anda bisa menambahkan beberapa sendok quinoa, beras merah, atau kentang rebus sebagai pengganti nasi jika rasa lapar muncul lebih besar.

6. Hari Sabtu

Hari Sabtu menjadi hari yang ditunggu oleh semua orang. Alasannya tidak lain karena sebentar lagi hari libur tiba. Pada hari ini, Anda bisa melakukan sedikit selebrasi dengan mengonsumsi makanan dengan jumlah yang lebih banyak. Tapi ingat agar tetap menghindari makanan berminyak, tinggi kolesterol, dan kadar gula yang tinggi.

Pagi hari, Anda bisa mengonsumsi jagung manis rebus dengan mayo. Atau beberapa olahan jagung manis seperti bakwan jagung sepertinya bukan bad idea untuk menemani pagi Anda. Konsumsi gorengan dibolehkan bagi orang yang sedang menjalani program diet, tapi intensitasnya dibatasi hanya satu kali dalam seminggu. Selain itu, minyak yang digunakan sebaiknya minyak yang mengandung kolesterol  dan lemak yang rendah seperti minyak zaitun.

Saat jam makan siang, Anda hanya dibolehkan untuk mengonsumsi beberapa buah. Mengapa? Konsumsi buah dapat dijadikan sebagai salah satu cara detox untuk tubuh. Minyak dari gorengan yang tadi pagi masuk ke dalam tubuh perlu dibersihkan agar tidak menumpuk.

Saat sore atau malam hari, Anda bisa mengonsumsi yogurt dengan potongan buah yang cocok untuk diet. Anda bisa membelinya di Jc* atau tempat lainnya. Sembari menikmati malam minggu bersama orang terkasih, diet program masih bisa berjalan dengan baik.

7. Hari Minggu

Hari libur tidak boleh dijadikan alasan sebagai hari tanpa diet. Ingat, diet berhasil ketika ada keinginan yang kuat. Untuk menjaga kebugaran, Anda bisa melakukan olahraga kecil atau senam untuk meregangkan otot-otot setelah satu minggu melakukan rutinitas. Saat libur, Anda bisa sarapan dengan pancake buah home made dan jus buah dan sayur sesuai keinginan Anda. Gunakan tepung low carbo dan margarin rendah kalori.

Kemudian untuk makan siang, Anda bisa membuat makaroni schotel, makanan ini bisa dianggap sebagai menu cheating di hari libur. Kemudian di sore hari, buatlah satu gelas besar jus wortel dan apel sebagai menu vitamin dan mineral. Pada malam hari, Anda diperbolehkan mengonsumsi beberapa rebusan sayur.

Menu diet seminggu bisa Anda kreasikan sesuai dengan keinginan. Anda bisa mengganti daging dengan ikan salmon atau ikan tuna sebagai sumber protein hewani. Satu hal yang perlu diingat, melakukan diet bukan berarti tidak boleh makan. Penuhi kebutuhan gizi sehari-hari Anda agar tubuh tetap sehat dan fit selama menjalani program diet.

Belum ada Komentar untuk "Diet Tanpa Lapar dan Lemas, Ini dia Ragam Masakan Menu Diet Seminggu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel