Ketahui Gejala Sakit Mental yang Pernah Dialami Artis Terkenal


Jenis gangguan dan sakit mental yang pernah dialami artisterkenal sangat beragam jenis serta gejalanya. Ulasan selengkapnya, cek artikel di bawah ini

Ketahui Gejala Sakit Mental yang Pernah Dialami Artis Terkenal


Hidup bergelimang harta dan kepopuleran tidak serta-merta bisa membuat orang bahagia. Faktanya sakit mental yang pernah dialami artis terkenal jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Penyebab gangguan mental bisa ditimbulkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah di lingkungan keluarga, percintaan, teman, bahkan pekerjaan.

Dalam menyambut Hari Kesehatan Mental sedunia pada 10 Oktober mendatang, gejala dan penyebab gangguan psikis wajib diketahui semua orang. Kesadaran tentang mental health perlu diketahui secara masif. Maka dari itu, berikut ulasan lengkap mengenai gejala dan jenis sakit mental yang pernah menyerang beberapa orang terkenal.

Jenis Penyakit Mental yang Pernah Dialami Artis Terkenal

Setiap orang memiliki kecenderungan mengalami gangguan mental. Secara garis besar hal ini disebabkan oleh permasalahan yang berat dan trauma di masa lalu. Ada berbagai cara untuk menghindari dan mengatasi gangguan mental. Satu hal yang perlu di garis bawahi, gangguan mental tidak sama dengan gila. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Bipolar dan Bulimia yang menyerang Demi Lovato

Siapa yang tidak tahu Demi Lovato? Aktris dan penyanyi kelahiran 20 Agustus 1992 ini ternyata pernah mengalami bipolar dan bulimia atau gangguan makan semasa remaja. Bipolar merupakan gangguan pada otak yang memicu terjadinya perubahan proses berpikir. Perubahan ini terjadi karena adanya fluktuasi antara perasaan bergairah dan depresi.

Gangguan bulimia adalah salah satu penyakit mental yang berkaitan dengan pola makan yang abnormal. Penderita bulimia biasanya makan dengan porsi yang sangat banyak kemudian mengeluarkan kembali makanan tersebut secara paksa, entah dengan memuntahkannya atau meminum obat pencahar. Kedua penyakit ini berkaitan dengan kurangnya rasa percaya diri, kecanduan alkohol, serta depresi.

2. Suicidal pada Pete Wentz Personil Band Fall Out Boy

Suicidal atau keinginan untuk melakukan bunuh diri biasanya terjadi pada orang yang sudah mengalami depresi tingkat tinggi. Awalnya depresi bisa dipicu oleh rasa cemas berlebih. Sakit mental yang pernahdialami artis terkenal ini gejalanya tidak langsung mengarah pada suicidal tersebut. Tetapi, kecemasan yang semakin hari semakin tumbuh mendorong si penderita untuk mengahkhiri hidupnya.

Hal ini pun terjadi pada Pete Wentz, ia mengatakan “Saya merasa senang bisa berkarya melalui musik, namun di saat yang sama saya selalu merasa depresi. Ini terjadi sejak sekolah menengah hingga saya kuliah” tangkasnya kepada MTV News Half Of Us Campign. Perlu diperhatikan, saat ini suicidal menjadi salah satu dari macam-macam gangguan psikologis pada remaja.

3.  Depresi Berat yang Dialami J. K. Rowling

Adakah disini yang tidak tahu tokoh Harry Potter dan dunia Hogwarts? Semua dunia yang ada dalam seri film Harry Potter berasal novel karya J. K. Rowling, salah satu wanita terkaya di Inggris saat ini. Namun tahukah Anda? Beberapa tahun lalu, J. K. Rowling pernah mengalami depresi yang sangat berat dan ia mengakui kebenarannya.

Setiap orang memiliki potensi gangguan jiwa depresi, namun intensitas pada setiap orang berbeda. Depresi biasanya datang dari tekanan yang berasal dari berbagai sumber. Tekanan bisa datang dari siapa saja dan diutarakan dengan cara apa saja. Misalnya dengan ucapan sinis, mimik muka jutek, sampai perilaku yang tidak mengenakan. Selain itu, tekanan juga bisa berasal dari berbagai tuntutan dan perasaan bersalah terhadap sesuatu.

4. Borderline Personality Disorder (BPD) Pada Angelina Jolie

Sakit mental yang pernah dialami artis terkenal diantaranya yaitu BPD. Tidak banyak diberitakan, pada tahun 1990an mantan istri Brad Pitt ini ternyata pernah mengalami gangguan BPD yang berujung pada keinginan melakukan bunuh diri.

Salah satu ciri dominan dari pengidap BPD yaitu sikap yang sangat sensiti terhadap penolakan. Gejalanya ditandai dengan sulit mengendalikan amarah, reaksi yang ekstrim ketika sesuatu terjadi diluar rencana, dan judgement terhadap orang lai yang tidak objektif.

5. Gangguan Citra Tubuh yang Menyerang Russel Brand, Dubber iDr. Nefario di Despicable Me

Dr. Nefario dalam film kartun Despicable Me atau minion cukup dikenal banyak orang. Namun hanya segelintir orag saja yang mengetahui peristiwa di balik layar yang menimpa pengisi suara Dr. Nefario tersebut. Komedian sekaligus mantan suami Katty Perry ini pernah mengalami sakit mental berupa gangguan citra tubuh.

Ciri-ciri gangguan psikologis gangguan citra tubuh ditandai dengan rasa kurang percaya diri terhadap bagian tubuh yang dinilai kurang “perfect”. Untuk mendapatkan hasil yang menurutnya baik, biasanya si penderita akan melakukan diet ekstrim, membandingkan tubuh dengan orang lain, sampai yang paling parah si penderita menganggap bahwa dirinya merupakan suatu kegagalan.

6. OCD yang Menyerang David Beckham

Pesepak bola terkenal dunia, David Beckham ternyata pernah mengalami OCD atau Obsessive Compulssive Disorder. Penderita kelainan mental ini dapat menyebabkan si penderita utntuk melakukan sesuatu berulang kali karena dirinya merasa apa yang dilakukan belum sempurna. Awalnya OCD disebabkan karena adanya trauma di masa lalu.

Misal di masa kecil pernah dibentak karena tidak menyapu lantai dengan bersih. Akibatnya ia harus menyapu berulang kali untuk menghilangkan rasa cemas dan takut seperti yang dialami dulu. Padahal kenyataannya, semakin keinginan tersebut dipenuhi maka penyakit mental yang di derita akan semakin parah. Sakit mental yang pernah dialami artis terkenal yang satu ini semakin meningkat per tahunnya karena banyaknya tuntutan agar perfeksionis.

7. ADHD pada Justin Timberlake

Justin Timberlake pernah menderita mental illness berupa ADHD atau Attention Defisit Hyperactivity Disorder. Penderita ADHD ditandai dengan perilaku yang sulit fokus terhadap sesuatu, hiperaktif, dan dorongan impulsif yang tinggi. Orang dengan gangguan seperti ini tidak akan menyadari bahwa dirinya menderita ADHD. Diperlukan pendekatan yang tepat untuk mengobatinya.

8. Marilyn Monroe

Sakit mental yang pernah di alami artis terkenal Marylin Monroe ternyata disebabkan oleh depresi. Artis cantik yang namanya harum sepanjang jaman ini mengidap gangguan depresi manik. Hal ini terungkap melalui film The Final Days is 2001 yang menceritakan banyak rahasia tentang dirinya. Selain mengungkap rahasia gangguan mental yang diidapnya, film tersebut juga mengungkap skandal mengenai kecanduan narkotika yang selama ini disembunyikan dari media.
Depresi manik yang diidap Marylin Monroe ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrim. Pada suatu saat ia akan meraa senang dan gembira, namun pada beberapa waktu kemudian perasaannya mudah sekali berubah menjadi cemas, takut, khawatir, dan berbagai perasaan negatif lainnya. Penyebab mental illness tersebut tidak bisa diprediksi apa pemicunya.

9. Hipomania pada Mariah Carey

Di hadapan media maupun di belakang layar Mariah Carey selalu nampak bergembira. Namun siapa sangka ternyata kebahagiaan yang ia tampilkan selama ini disebabkan oleh kelainan mental yang dideritanya. Mariah Carey memiliki hipomanik adalah sebuah syndrom dimana penderitanya memiliki perasaan senang dan ingin tertawa secara terus menerus. Oleh karena syndrom tersebut, Mariah Carey harus mengalami insomnia akut.

9 sakit mental yang pernah dialami artisterkenal yang telah disebutkan di atas masih bisa disembukan melalui bantuan psikolog dan psikiater. Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas sebaiknya segera hubungi psikiater agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Gejala Sakit Mental yang Pernah Dialami Artis Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel