Ibu Wajib Tahu, Penyebab Tumbuh Uban Pada Anak Usia Dini


Pernahkah Anda melihat rambut anak-anak dipenuhi uban? Penyebab tumbuh uban pada anak bisa disebabkan karena faktor genetik maupun kebiasaan. Yuk simak info selengkapnya pada artikel ini.

Ibu Wajib Tahu, Penyebab Tumbuh Uban Pada Anak Usia Dini


Salah satu penyebab tumbuh uban pada orang dewasa bisa terjadi karena faktor usia. Semakin bertambahnya usia seseorang, produksi melanin atau pewarna rambut akan semakin berkurang. Hal tersebut normal jika dialami oleh orang dewasa usia 40 tahun ke atas. Namun, kondisi rambut beruban juga bisa dialami oleh anak-anak usia dini hingga remaja. Kira-kira, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Rambut Beruban Pada Anak-Anak dan Remaja

Pertumbuhan rambut yang tidak normal pada anak sudah tentuk akan membuat orang tua khawatir. Tumbuh kembang anak dari ujung rambut hingga ujung kaki pasti turut dalam perhatian orang tua, khususnya ibu. Nah berkaitan dengan hal itu, di bawah ini akan dibahas seputar penyebab pertumbuhan rambut yang abnormal pada anak. Simak baik-baik yaa..

1. Faktor Genetik

Faktor terkuat penyebab tumbuh uban pada anak yaitu karena factor keturunan. Anak yang lahir dari keluarga dengan pertumbuhan uban di usia muda, memiliki resiko cukup tinggi untuk mengalami hal serupa. Sejauh ini belum ada obat penghenti pertumbuhan uban abnormal pada anak dan remaja. Namun jangan khawatir, uban-uban tersebut dapat dicegah dengan beberapa cara yang harus dilakukan dengan rutin.

Untuk mencegah pertumbuhan uban, ibu dapat memberikan makanan bernutrisi tinggi seperti buah dan sayur. Asupan kolagen tambahan juga dapat diberikan asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Terakhir, kurangi aktifitas yang terlalu banyak memicu kerja otak seperti bermain game dan menonton film terlalu lama, serta hindari keadaan yang bisa membuat anak merasa stress.

2. Rambut Beruban Bisa Mnejadi Tanda Gejala Suatu Penyakit

Pertumbuhan uban pada anak secara tiba-tiba dapat dijadikan tanda atau gejala penyakit tertentu. Jika seiring tumbuhnya uban anak sering mengalami kejang-kejang, gangguan pendengaran, mendadak pusing, maka bisa dipastikan anak menderita suatu penyakit tertentu. Tanda-tanda penyakit yang menjangkiti anak seiring tumbuhnya uban diantaranya:
·         Vitiligo

Penyakit ini merupakan kondisi dimana kulit tidak dapat menghasilkan melanin secara menyeluruh. Akibatnya, si penderita memiliki pigmen kulit yang tidak merata. Bagian warna kulit yang sehat sedikit demi sedikit akan terkikis dengan bercak berwarna pink dengan bentuk tidak beraturan. 

·         Graves

Di Indonesia, graves mungkin belum begitu dikenal. Menurut beberapa sumber jurnal kesehatan, graves adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan atau imun manusia. Penyakit ini disebabkan karena kelenjar tiroid mengeluarkan zat berlebih, sehingga zat yang seharusnya melindungi tubuh malah menyerang sistem kekebalan.

Selain menyerang sistem kekebalan, hormon tiroid yang diproduksi secara berlebihan juga dapat mengganggu proses bekerjanya melanin. Melanin yang bekerja secara abnormal mempengaruhi pigmen warna tubuh dan rambut. Jika anak mengalami bercak putih, segera hubungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

3. Kurang Asupan Vitamin B12

Vitamin B12 sangat diperlukan oleh tubuh. Setiap orang memerlukan asupan vitamin B12 sesuai dengan angka kebutuhan gizi (AKG), dari mulai anak-anak hingga orang dewasa memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda. Vitamin B12 berperan untuk mengoptimalkan sistem kerja syaraf, menjaga kesehatan rambut, kuku, hingga menstabilkan produksi DNA. Vitamin B12 banyak terkandung dalam makanan berprotein hewani seperti ikan, telur, sampai produk olahan susu.

4. Terlalu Banyak Menggunakan Gel Rambut

Penggunaan gel atau minyak rambut secara berlebihan dapat memicu tumbuhnya uban sejak dini. Produk minyak rambut terdiri dari berbagai macam bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan rambut. Penggunaan produk minyak rambut setiap hari tentu tidak baik, sebab minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala tercampur dengan bahan kimia sehingga tidak lagi efektif untuk menjaga kelembapan rambut.

Salah satu ciri rambut yang sering menggunakan gel dapat dilihat dari teksturnya yang kasar dan kering. Jika rambut Anda sudah dalam kondisi seperti ini, sebaiknya segera hentikan penggunaan untuk menghindari tumbuh uban. Gunakan bahan alami seperti minyak kelapa, lidah buaya, dan minyak zaitun untuk mengembalikan keremajaan rambut.

5. Sering Terpapar Panas

Penyebab tumbuh uban secara premature bisa terjadi karena rambut sering terkena panas, entah panas karena penggunaan hairdryer yang berlebihan maupun panas oleh terik sinar matahari. Suhu panas tidak hanya merusak kulit kepala, namun juga merusak folikel rambut serta memicu terjadinya penuaan dini.

Cara Menyembuhkan Rambut Uban Pada Anak


Semua orang tua pasti khawatir ketika rambut anaknya tumbuh secara abnormal. Solusi untuk menghilangkannya tentu bukan dengan menyemirnya, karena hal itu dilarang dalam ajaran Islam. Ada beberapa ramuan herbal yang bisa Anda buat sendiri di rumah, tentunya efektif untuk menghilangkan uban. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Masker Pendingin

Terdapat beberapa ramuan herbal yang dapat dijadikan sebagai masker pendingin rambut, diantaranya:
·     Daun henna. Anda bisa menggunakan daun henna untuk menghilangkan uban pada anak. Caranya, tumbuk aun henna, lalu ambil sari-sari airnya. Anda bisa menambahkan dengan sedikit campuran olive oil. Lalu oleskan pada rambut secara merata,tunggu hingga kering. Setelah itu bilas dengan shampoo. Jika di wilayah tempat tinggal Anda sulit untuk menemukan daun henna, Anda bisa menggunakan henna bubuk.

·    Teh hitam. Orang jaman dulu, biasa menggunakan teh hitam sebagai ramuan pengganti shampoo. Anda bisa mengaplikasikannya di rumah untuk menghilangkan uban pada rambut anak. Caranya, didihkan sekitar 3 sendok makan teh hitam hingga pekat, lalu biarkan hingga benar-benar dingin. Kemudian oleskan air rebusan tersebut ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Biarkan sampai dingin dan bilas tanpa menggunakan shampoo.

2. Pilih Produk yang Mengandung Biotin

Biotin atau vitamin B7 adalah salah vitamin yang berfungsi menjaga kesehatan rambut, kulit, hingga sistem kerja syaraf. Produk yang mengandung biotin dapat dijadikan salah satu jalan alternative untuk menghilangkan uban pada anak. Berikan anak makanan yang mengandung biotin seperti  gandum dan kacang almond.

3. Jangan Mencabut Uban

Mencabut paksa rambut hitam maupun uban sangat tidak dianjurkan bagi siapapun. Jika terdapat uban di kepala, baik yang tumbuh pada orang dewasa maupun anak-anak, sangat pantang untuk dicabut paksa. Alasannya karena rambut yang dicabut secara paksa akan merusak syaraf-syaraf pangkal rambut. Dampaknya, pertumbuhan uban akan semakin meluas.

Pengobatan uban yang tumbuh pada anak secara alami memang memerlukan ketekunan. Pemberian ramuan herbal di atas dapat dilakukan beriringan dengan resep yang diberikan oleh dokter, jika ternyata anak menderita suatu penyakit tertentu. Salah satu kelerbihan pemberian ramuan herbal yaitu tidak menimbulkan efek samping apapun pada anak, sehingga aman digunakan.

Setelah membaca paparan pada artikel di atas, ada baiknya jika Anda menghindari penyebab tumbuh uban pada usia dini seperti penggunaan hairdryer yang berlebihan, penggunaan semir rambut, sampai gel rambut yang terlalu banyak. Selalu usahakan melakukan upaya pencegahan, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Ibu Wajib Tahu, Penyebab Tumbuh Uban Pada Anak Usia Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel