Ini Dia 8 Tips Traveling dengan Bayi yang Wajib Diketahui Mama Muda

Banyak mama muda yang belum mengetahui tips traveling dengan bayi anti ribet. Oleh karena itu, ikuti ulasan pada artikel ini untuk menciptakan suasana liburan yang menyenangkan.

Ini Dia 8 Tips Traveling dengan Bayi yang Wajib Diketahui Mama Muda


Beberapa orang menganggap traveling dengan membawa anak usia bayi bikin ribet. Namun, Siapa sangka ternyata ada beberapa tips traveling dengan bayi yang cukup bermanfaat bagi ibu yang harus bepergian dengan jarak jauh beserta bayi mereka. Sebagai orang tua terutama ibu, anak akan selalu menjadi prioritas utama ketika melakukan kegiatan apapun. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mama muda mengikuti beberapa tips traveling bersama buah hati di bawah ini. Dijamin tidak akan ribet.

Tips Traveling Bersama Buah Hati yang Wajib Diketahui
Bayi berusia di bawah 2 tahun belum mengerti situasi. Biasanya mereka akan rewel dan cranky jika ada suatu hal asing yang membuatnya tidak nyaman. Jika bayi cranky di rumah, bukan suatu masalah besar bagi ibu. Namun jika cranky terjadi di tempat umum seperti di tempat wisata atau di dalam pesawat, tentu akan sangat merepotkan karena rewelnya si bayi akan mengganggu orang lain. Lalu, apa saja tips traveling berdua dengan bayi agar ia tetap kalem ketika traveling?

1. Pilih Tempat yang Ramah Anak

Meski bayi belum mengerti keindahan suatu tempat, orang tua harus tetap memikirkan destinasi wisata yang akan dijunjungi dengan bijak. Ketika melakukan traveling dengan bayi 1 tahun ke bawah, ada baiknya untuk memilih tempat wisata yang tidak terlalu terbuka. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba. Selain itu, tempat wisata yang terlalu terbuka juga kurang baik untuk kondisi kesehatan bayi. Dikhawatirkan sang buah hati jatuh sakit setelah liburan.

2. Berikan Pengalaman Liburan yang Berkesan

Menciptakan suasana yang berkesan saat liburan menjadi salah satu catatan penting bagi orang tua, terutama ketika anak melakukan first time traveling mereka. Mulai dari awal pemberangkatan, aktifitas di destinasi wisata, hingga pulang kembali ke rumah harus dilakukan sedemikian rupa agar bayi merasa nyaman. Berkaitan dengan hal ini berdasarkan pengalaman yang dirasakan semua ibu, cranky pada anak rata-rata terjadi ketika sedang berada di perjalanan.

Tidak hanya bayi, bahkan anak usia 3 sampai 6 tahun pun terkadang rewel ketika di perjalanan. Nah jika demikian, bagaimana tips traveling dengan bayi supaya berkesan? Jika anak masih usia bayi, ibu bisa menidurkan bayi dengan berbagai posisi supaya tidak jenuh. Sekali-kali, ibu bisa menimang bayi untuk menghilangkan rasa bosan. Jika anak sudah berusia di atas 3 tahun, ibu bisa memberikan mainan yang ia sukai. Atau jika tipe anak mudah terserang mabuk kendaraan, sebaiknya berikan obat anti mabuk kendaraan khusus anak sesuai anjuran pakai.

3. Perhatikan List Barang Bawaan Traveling Bayi

Tips traveling dengan bayi yang cukup penting yaitu membawa perlengkapan bayi selengkap-lengkapnya. Mulai dari body wash sampai pakaian yang akan dikenakan harus lengkap dibawa, tidak boleh ada yang tertinggal. Ibu juga bisa membawa beberapa mainan yang disukai anak supaya tidak mudah bosan. Tidak lupa, baby bouncer dan stroler juga harus masuk ke dalam list, kecuali orang tua siap menggendong bayi setiap waktu tanpa rasa pegal. Nah, tips supaya perlengkapan bayi tidak tercecer, sebaiknya semua perlengkapan ditempatkan di satu tas khusus.

Selain perlengkapan yang telah disebutkan di atas, ada satu perlengkapan yang tidak kalah penting dari yang lainnya. Yup, alat pengusir nyamuk. Setiap orang pasti benci di gigit nyamuk. Bukan hanya itu, beberapa gigitan nyamuk berpotensi menyebabkan penyakit serius. Maka dari itu untuk menghindarinya Anda bisa menempelkan alat pengusir nyamuk pada baju bayi. Alat ini berbentuk berbagai macam karakter dengan aroma minyak telon. Anda bisa mendapatkannya di baby shop.

4. Bawa Makanan Balita Saat Traveling dengan Tepat

Jika bayi sudah berusia di atas 6 bulan ke atas, sudah saatnya diberikan MPASI. Saat melakukan traveling, Anda bisa membawa MPASI instan dengan berbagai macam rasa yang disukai bayi. Jangan lupa membawa beberapa cemilan yang mudah dicerna seperti buah-buahan, atau makanan yang bisa dipegang bayi seperti biskuit toddler.

Tips traveling dengan bayi  yang bisa dijadikan alternatif makanan bayi, Anda bisa membeli beberapa makanan seperti sup atau kentang goreng di restoran siap saji. Namun sebelum Anda membelinya, pertimbangkan matang-matang apakah makanan di restoran tersebut baik untuk bayi atau tidak. Kecuali jika anak sudah berusia 3 tahun ke atas, memberikan sedikit makanan yang dibeli dari luar tidak akan menjadi masalah besar.

5. Ingat, Hanya Bawa Barang yang Dibutuhkan

Tips traveling dengan bayi selanjutnya yaitu jangan terlalu bawa banyak barang. Selain merepotkan, barang bawaan yang terlalu banyak juga akan membuat bayi tidak nyaman. Bawalah barang yang sekiranya diperlukan. Anda bisa membuat list kebutuhan pribadi, suami, dan bayi ketika liburan nanti. Jika barang yang dibawa terlalu banyak, ibu tidak bisa membawa pulang oleh-oleh atau berbelanja dengan puas karena koper sudah terlalu penuh, iya kan mom?

6. Packing yang Rapi ya Mom!

Tips membawa bayi keluar negeri selanjutnya, yaitu ibu harus bisa packing yang rapi. Supaya tidak bingung memilah-milih saat tiba di tempat tujuan, ada baiknya jika  ibu melakukan packing yang terorganisir. Padu padankan pakaian yang akan dipakai ibu, bayi, dan suami selama berwisata selagi masih berada di rumah. Lalu pisahkan masing-masing kebutuhan dan perlengkapan di tas yang berbeda supaya tidak tercampur dan tercecer. Jangan lupa untuk membawa wadah khusus pakaian kotor. Untuk bagian pakaian kotor ini, jika dicampur sepertinya tidak menjadi masalah.

7. Selalu Bawa Obat-Obatan

Ingat, sakit bisa terjadi kapanpun dan dimanapun karena virus serta bakteri penyebab penyakit tersebar di seluruh dunia. Jika kondisi tubuh sedang tidak fit, sudah pasti penyakit mudah berdatangan. Oleh karena itu untuk menghindari sakit berkelanjutan, bawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga termasuk bayi. Sangat dianjurkan untuk membawa suplemen vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama berada di luar kota atau luar negeri.

8. Kenali Daerah yang Akan Anda Kunjungi

Sebelum traveling, ada baiknya jika mengetahui ‘medan’ terlebih dahulu. Riset kecil untuk mengetahui destinasi yang akan dikunjungi menjadi suatu hal yang penting. Anda bisa mengetahuinya melalui browsing di internet atau menanyakan kepada kerabat yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Beberapa hal yang harus diketahui sebelum memutuskan pergi diantaranya keadaan cuaca, suhu udara, info penginapan yang aman, serta ketersediaan makanan halal jika Anda muslim yang akan pergi ke luar negeri.

Tips traveling dengan bayi cukup sederhana dan mudah dilakukan, bukan? Hal yang paling utama ketika melakukan traveling dengan bayi ke luar negeri maupun di dalam negeri, selalu usahakan untuk selalu menciptakan suasana nyaman untuk bayi baik sebelum, selama, dan sesudah pemberangkatan.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia 8 Tips Traveling dengan Bayi yang Wajib Diketahui Mama Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel