Ini Dia, Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan yang Lagi Hits, Dijamin Tidak Menguras Kantong


Anda sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Kuninganyang lagi hits untuk mengisi liburan pekan ini? Yuk, pilih beberapa tempat paling rekomen di bawah ini.

Ini Dia, Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan yang Lagi Hits, Dijamin Tidak Menguras Kantong


Saat ini pemerintah sedang menggencarkan sektor wisata di wilayah Jawa Barat, tidak terkecuali kawasan Ciayumajakuning. Sehingga muncul lah tempat wisata di Kuningan yang lagi hits dan kekinian. Dengan memanfaatkan kondisi alam yang indah, Kota Kuningan menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk keluarga. Simak tripadvisor Kuningan Jawa Barat ini untuk melengkapi referensi destinasi wisatamu, ya.

Destinasi Wisata Paling Baru di Kuningan, Jawa Barat

Jawa Barat memiliki berbagai macam ciri khas, mulai dari makanan sampai keindahan panorama alam yang di dominasi oleh pegunungan. Melihat kekayaan yang dimiliki, pemerintah dan masyarakat bersinergi untuk memajukan dunia pariwisata. Berikut adalah beberapa tempat wisata di daerah Kuningan, Jawa Barat yang sedang hits di kalangan anak muda.

1. Taman Nasional Gunung Ciremai

Tidak pernah terlewatkan, TNGC selalu menjadi urutan pertama dalam daftar tempat wisata di Kuningan yang lagi hits dari tahun ke tahun. Gunung tertinggi di Jawa Barat yang terletak di perbatasan Kuningan dan Majalengka, tepatnya berada di Desa Babakan Mulya, Kecamatan Jalaksana.

Keindahan sunset dari atas gunung ini sudah menjadi buah bibir diantara pendaki. Jika Anda mendaki Gunung Ciremai ditengah perjalanan akan disuguhkan keindahan padang edelweis, salah satu tanaman endemik langka. Namun, setiap pengunjung hanya boleh melihatnya. Bunga tersebut tidak boleh di bawa pulang.

Ada 2 jenis rute yang bisa dtempuh oleh para pendaki, yaitu rute mudah via Palutungan dan rute normal via Apuy, Linggarjati, dan Linggasana. Seperti biasa, pendaki akan di absen terlebih dahulu sebelum naik. Tidak lupa, pengelola akan membekali setiap grup dengan 1 buah plastik polybag besar supaya kebersihan gunung tetap terjaga.

2. Cipari, Situs Peninggalan Jaman Purbakala

Di daerah Kuningan, tepatnya di Desa Cipari Kecamatan Cigugur terdapat situs peninggalan jaman purba. Letaknya persis berada di bawah kaki Gunung Ciremai. Di dalam situs purba ini terdapat beberapa menhir dari jaman megalithik yang berdiri tegak serta peti kubur dari batu yang baru ditemukan sekitar tahun 1970an. Peti kubur tersebut disimpan di dalam museum beserta benda jaman purba lainnya.

Beberapa gerabah yang digunakan nenek moyang pada jaman purba juga ikut menjadi koleksi Taman Cipari ini. Diantaranya terdapat kendi, pendil, kapak perunggu, dan aneka kapak batu. Di area taman selain terdapat menhir, juga ada dolmen atau meja batu tempat menyimpan sesaji. Selain itu ada juga situs batu pipih yang tersusun rapi dan dakon (batu berlubang untuk meramu, bentuknya menyerupai mangkok). Jika Anda mencintai bidang arkeologi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata di Kuningan yang lagi hits ini.

3. Kebun Raya Kuningan

Jawa Barat patut berbangga karena memiliki 2 kebun raya yang terletak di Bogor dan Kuningan. Namun kai ini hanya akan di bahas kebun raya yang teretak di Kuningan, ya. Kebun Raya Kuningan masih berada dalam kawasan kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Kecamatan Pasawahan. Area kebun raya tidak luput dari panorama alam berupa pesawahan, hutan lindung, dan pemukiman. Pengunjung bisa melihat Kota Kuningan dan sekitarnya dari ketinggian.

Taman Kuningan ini dibangun dengan konsep yang moderen namun tetap menonjolkan keaslian tempat. Batu-batu vulkanis besar sisa letusan gunung ratusan tahun lalu akan banyak ditemui d kawasan taman. Selain untuk berwisata, Kebun Raya Kuningan juga dijadikan sebagai tempat konservasi tanaman endemik khas Tatar Sunda. Namun saat ini proses konservasi masih dalam tahap pengembangan.

4. Bukit Mercury Sayangkaak

Letak Bukit Mercury berada di wilayah perbatasan Kuningan dan Majalengka. Saat ini, tempat wisata yang berada di wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai sedang hits dan banyak dikunjungi anak muda. Sayangkaak tidak hanya menawarkan panorama alam yang sangat indah, melainkan banyak spot foto instagramable yang layak untuk dicoba.

Saking indahnya tempat wisata yang terletak di Kuningan dan Majalengka ini, Bukit Mercury mendapat julukan sebagai Nepal van Java karena kondisi dan keindahan alamnya seperti di luar negeri. Tak heran jika Bukit Mercury menjadi daftar tempat wisata di Kuningan yang lagi hits sejak awal tahun 2019.

5. Openspace Gallery

Openspace Gallery terletak di desa Cilimus, Kuningan. Sebenarnya tempat wisata ini merupakan tempat olahraga yang dibalut dengan berbagai hasil karya seni yang dipajang di lapangan terbuka. Anda akan menemukan taman layang-layang untuk berfoto, spot terapi ikan, area running dan senam.
Pengunjung yang datang sangat beragam mulai dari anak-anak hingga lansia. Untuk mendatangi tempat ini, pengunjung hanya dikenai retribusi parkir sebesar Rp. 2,000. Setelah lelah berfoto atau berolahraga, kegiatan dapat dilanjutkan dengan wisata kuliner di Kuningan. Banyak makanan khas yang wajib dicoba.

6. Gedung Linggarjati

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, sangat di rekomendasikan untuk mendatangi Gedung Linggarjati. Gedung ini menjadi saksi bisu perjuangan Ir. Soekarno dalam memerdekakan Indonesia. Sejak jaman dahulu hingga sekarang, keaslian gedung mulai dari arsitektur sampai tata letak benda yang ada di dalamnya masih terjaga dengan baik.

Di gedung ini terdapat banyak ruangan. Salah satu yang paling menarik yaitu ruangan kamar tempat Ir. Soekarno tidur. Konon katanya, aura mistis di gedung tersebut masih sangat terasa terutama pada bagian tertentu yang tidak bisa dijelaskan disini. Linggarjati menjadi tempat yang cocok untuk wisata komplit, terutama wisata sejarahnya.

7. Desa Wisata Sitonjul

Tempat wisata di Kuningan yang lagi hits selanjutnya adalah desa Sitonjul. Nama Sitonjul merupakan singkatan dari tempat objek wisata tersebut berada, yakni Desa Simenyan Tonjong dan Desa Munjul. Desa wisata ini menawarkan suguhan panorama alam pedesaan yang masih asri dan terjaga keasliannya. Para wisatawan dapat melihat area perkebunan berbagai tanaman yang luas, hutan rakyat, dan terasering seperti di Bedugul, Bali.

8. Bukit Lambosir

Jika Anda pernah melihat movie Black Panther, pasti pernah juga melihat sebuah scene  yang menampilkan keindahan sabana dan pegunungan Afrika yang luas. Nah, Jawa Barat punya 1 tempat yang hampir mirip dengan film terkenal itu. Letaknya berada di Satiananagara, Kuningan. Tempat wisata ini menjadi kawasan favorit para bikers dan trabas motor trail karena arenanya yang cukup menantang.

Bukit Lambosir berada di ketinggian 700 mdpl, sehingga tidak heran jika cuacanya cukup sejuk. Disana Anda bisa mengabadikan momen atau berswafoto dengan latar belakang perbukitan yang luas. Di Bukit Lambosir juga biasa dijadikan sebagai Buper (Bumi Perkemahan) bagi turis yang ingin bermalam disana.

9. Gua Maria Fatimah Sawer Rahmat

Di Indonesia terdapat beberapa objek Gua Maria. Salah satu yang paling terkenal berada di Kabupaten Kuningan. Keberadaan gua ini menjadi simbol toleransi dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kuningan, khususnya di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur. Perbandingan populasi penduduk beragama Islam dan Kristen hampir 1:1, sehingga tidak heran jika Gua Maria menjad objek wisata rohani favorit bagi pemeluk agama Kristen.

Beberapa poin di atas merupakan tempat wisata di Kuninganyang lagi hits saat ini. Anda bisa menjajahi tempat wisata tersebut dalam waktu bersamaan, mengingat letak objek wisata yang satu dengan yang lainnya tidak begitu berjauhan. Kuningan menjadi salah satu kota wisata yang menyuguhkan panorama alam. Ingin travelling hemat? Ke Kuningan Aja!

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia, Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan yang Lagi Hits, Dijamin Tidak Menguras Kantong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel