Masih Bingung Pilih Kerja atau Usaha Sendiri? Pertimbangkan Ini Sebelum Memutuskan


Dilema antara pilih kerja atau usaha sendiri sering dirasakan setiap orang. Maka dari itu sebelum memutuskan, yuk pertimbangkan beberapa hal dibawah ini.

Masih Bingung Pilih Kerja atau Usaha Sendiri? Pertimbangkan Ini Sebelum Memutuskan
(Resource: Gambar oleh Robin Higgins dari Pixabay)

Apakah Anda salah satu orang yang sedang dilema untuk pilih kerja atau usaha sendiri? Kebingungan yang Anda rasakan dinilai wajar karena memutuskan pilihan tersebut merupakan suatu langkah besar. Apalagi jika Anda baru saja lulus menyelesaikan jenjang pendidikan, akan banyak sekali berbagai pertimbangan kelemahan dan kelebihan antara kerja kantor atau usaha sendiri  menjadi enterpreneur.

Ada yang berpikir berdagang lebih baik daripada jadi karyawan dan sebaliknya. Sebagai gambaran secara garis besar, bekerja maupun membuka usaha sendiri bisa sama-sama menguntungkan jika ditekuni dengan baik. Namun jika sampai saat ini masih ragu, berikut ini beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan ketika dihadapkan pada pilihan antara kerja atau usaha sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Sebuah Perusahaan

Memiliki jabatan dan posisi strategis di sebuah perusahaan besar ternama menjadi impian sebagian besar orang, terutama lulusan perguruan tinggi. Mereka sering membayangkan bekerja di ruangan yang nyaman, ber-AC, pekerjaan ringan, dan gaji yang besar. Memikirkan hal itu tidak sepenuhnya salah, namun ada beberapa ‘kejadian pahit manis di balik layar’ yang perlu Anda ketahui ketika menjadi seorang karyawan perusahaan.

1.       Memiliki Gaji Tetap

Antara bisnis vs kerja selalu bertitik tolat pada jumlah penghasilan. Mendapatkan gaji tetap dan besar sudah barang tentu menjadi impian semua orang. Baik bekerja maupun berwirausaha tujuan akhir yang ingin dicapai yaitu mendapatkan uang. Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, gaji akan dibayarkan secara reguler setiap bulan dengan besaran yang sama. Jika Anda menuai prestasi di tempat kerja, bonus dan insentif lainnya sudah pasti akan didapat.

2.       Tidak Perlu Memutar Otak Lebih Keras

Tidak jarang orang yang baru lulus memikirkan tentang pilih kerja atau usaha sendiri. Satu hal yang perlu diketahui ketika bekerja di sebuah perusahaan, Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang. Hal yang perlu Anda lakukan hanya bekerja sebaik mungkin atas pekerjaan yang diberikan atasan. Ikuti setiap aturan main yang berlaku di perusahaan dan segala hal yang berkaitan dengan keuangan sudah disiapkan secara matang.

3.       Waktu Luang Terbatas

Sudah bukan rahasia umum lagi jika seorang pegawai perusahaan memiliki jadwal yang padat. Apalagi jika ia menduduki sebuah jabatan penting seperti manajer atau direktur di kantornya. Jangankan dengan posisi demikian, seorang staff pun memiliki kesibukan yang luar biasa sehingga sangat sulit mendapatkan waktu luang. Tak jarang banyak karyawan pilih resign untuk bisnis karena tidak kuat dengan jadwal yang padat.

Meski tidak semuanya, rata-rata pekerja kantoran memiliki waktu luang yang sedikit. Mereka tidak bisa menikmati momen kecil dengan orang tersayang karena jadwal yang padat. Biasanya mereka berangkat bekerja pada pukul 06.00 pagi agar tidak telat absen di kantor dan pulang pukul 16.00 bahkan lebih. Jika Anda ingin menjadi seorang karyawan kantor siap tidak siap harus berutinitas seperti ini. 

4.       Sulit untuk Berinovasi

Ketika seorang pegawai tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka usaha, perlu perjuangan ekstra agar keduanya bisa berjalan dengan lancar. Kesibukan di kantor dan kesibukan baru akan saling berbenturan. Tidak jarang mereka harus mengorbankan salah satu yag dianggap paling menguntungkan, entah tetap memilih jadi pegawai atau banting setir jadi wiraswasta.

5.       Tak Jarang, Weekend Masih Harus Bekerja

Hal yang harus dipertimbangkan ketika harus pilihkerja atau usaha sendiri yaitu ‘keikhlasan’ bekerja saat weekend. Waktu akhir pekan yang seharusnya digunakan untuk memanjakan diri dan keluarga, malah dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan kantor atau mengejar deadline yang mendadak. Tanyakan pada diri Anda, apakah sudah siap lahir batin ketika harus dihadapkan pada situasi seperti ini? Renungkan baik-baik ya.

6.       Anda Mudah Tergantikan oleh Orang Lain

Poin terakhir yang patut menjadi pertimbangan ketika memilih jadi pegawai yaitu kontrak yang dibuat antara Anda dan perusahaan. Saat usia masih muda otomatis kinerja pun akan maksimal. Namun ketika usia perlahan menua dan kinerja semakin menurun, posisi Anda akan diganti oleh orang lain yang mengincar kedudukan yang dimiliki. Ketika tenaga Anda sudah tidak dibutuhkan lagi, perusahaan akan dengan mudahnya mencari pengganti yang lebih baik.

Suka Duka Memiliki Usaha Sendiri

Tidak ada deadline dari atasan, tidak ada jam kerja, dan tidak ada yang memarahi saat bekerja menjadi salah satu ciri seseorang yang melakukan wirausaha. Operasional usaha yang dijalankan sepenuhnya ditentukan oleh pemilik. Berikut adalah beberapa second opinion dalam menentukan pilih kerja atau usaha sendiri.

1.       Penghasilan Tak Terhingga

Jika sudah menduduki puncak kesuksesan, penghasilan yang dimiliki seorang wirausaha bisa melebihi gaji yang dimiliki oleh pegawai kantor. Dengan membuka usaha sendiri, Anda bisa menentukan berapa omset yang ingin didapatkan setiap bulannya. Anda juga harus bisa merancang strategi terbaik agar usaha yang dimiliki bisa terus berkembang.

2.       Memiliki Waktu Luang yang Banyak

Siapa yang tidak tergiur dengan penghasilan dan waktu luang yang banyak? Kedua hal tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang yang membuka usaha sendiri. Ketika Anda memutuskan untuk menjadi enterpreneur, jam kerja bisa Anda atur sendiri. Ditambah saat ini jaman sudah canggih, beberapa pekerjaan seperti controlling  sangat dimungkinkan untuk dilakukan secara online. Bagaimana, sudah mulai tertarik untuk membuka usaha?

3.       Seorang Wirausaha Harus Kuat Iman

Mengapa seorang wirausaha harus kuat iman? Karena setiap perjalanan dalam membangun bisnis tidak luput dari cobaan. Saat sedang merintis, ujian datang dari orang sekitar yang mencaci. Tidak jarang beberapa diantara mereka menyarankan untuk menghentikan usaha yang dilakukan. Kemudian saat sudah mencapai kesuksesan, banyak godaan yang muncul terutama dari orang yang ingin memanfaatkan uang hasil usaha. Maka dari itu, iman jadi senjata ampuh untuk bertahan.

4.       Harus Mau Merintis

Pilih kerja atau usaha sendiri sama-sama memerlukan perjuangan. Di dunia ini tidak ada satupun usaha yang langsung menempati posisi puncak. Apapun bentuk usahanya harus dirintis dari awal dengan segala drama pahitnya. Ketika hal itu terjadi, cukup nikmati dan terus coba mencari jalan keluar terbaik. Kemudian jangan lupa untuk mencatat setiap pelajaran yang didapatkan dari kegagalan. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang sama.

5.       Tahan dengan Underestimate yang Dilakukan Orang Sekitar

Ada pepatah yang mengatakan “Kita hanya memiliki 2 tangan yang bisa digunakan untuk menutup telinga. Dua tangan ini tidak bisa digunakan untuk menutup mulut orang lain diluar sana”. Pepatah ini bisa dijadikan sebagai salah satu pedoman bagi seorang wirausaha yang sedang merintis. Jangan dengarkan perkataan buruk yang orang lain utarakan. Cukup ambil beberapa saran dan kritik yang bisa membuat usaha semakin berkembang.

6.       Berani Mencoba dan Jangan Mudah Menyerah

Untuk orang yang malas kerja pengen usaha, berani mencoba dan pantang menyerah menjadi modal utama yang harus Anda miliki jika ingin menjadi seorang wirausaha. Jika pada percobaan pertama gagal, lakukan percobaan lagi sampai akhirnya berhasil. Anda tidak akan pernah tahu pada percobaan ke berapa usaha Anda akan berhasil

Bagaimana, masih bingung untuk pilih kerja atauusaha setelah membaca beberapa pertimbangan di atas? Pikirkan dengan tenang pekerjaan apa yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan dan meminta restu orang tua terhadap apapun yang akan Anda lakukan. Semangat!!

Belum ada Komentar untuk "Masih Bingung Pilih Kerja atau Usaha Sendiri? Pertimbangkan Ini Sebelum Memutuskan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel