Wajib Tahu, Ini 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Alergi Cat Rambut dengan Cepat



Alergi cat rambut bisa dialami oleh siapa saja. Mengapa alergi bisa terjadi? Salah satunya alergi bisa diakibatkan oleh bahan kimia yang terkandung di dalam cat tersebut.

Wajib Tahu, Ini 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Alergi Cat Rambut dengan Cepat
(Resource: Gambar oleh Ryan McGuire dari Pixabay)

Alergi cat rambut bisa terjadi pada siapa saja. Setiap orang memiliki tingkat sensitifitas kulit yang berbeda-beda ketika melakukan kontak langsung dengan benda asing. Pada kasus alergi terhadap pewarna rambut, kondisi fisik yang terlihat dapat berupa merah-merah pada kulit kepala, daerah sekitar telinga, dan punuk. Selain muncul bercak kemerahan, alergi biasanya disertai dengan rasa gatal. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai cara ampuh menghilangkan alergi akibat cat rambut.

Penyebab Utama Alergi Cat Rambut

Setiap permasalahan yang muncul, pasti diakibatkan oleh suatu hal. Hal ini berlaku juga pada alergi yang terjadi pada seseorang yang menggunakan cat rambut. Ketahui penyebab utama alergi cat rambut pada poin-poin di bawah ini.


- Kulit yang Terlalu Sensitif    
                                                                                              
Sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, ada baiknya jika mengetahui tingkat sensitifitas kulit terlebih dahulu. Pada beberapa kasus, alergi terjadi karena tidak ada tes sebelum melakukan penyemiran. Jika Anda memiliki kulit yang tergolong sensitive, sangat dianjurkan untuk melakukan uji coba semir rambut yang akan dipakai sebelum diaplikasikan pada seluruh bagian rambut.

Tes uji coba ‘keamanan’ semir rambut bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Cukup oleskan sedikit campuran komponen semir rambut kebagian kulit leher, lalu tunggu reaksinya hingga 48 jam. Jika tidak terjadi iritasi maka cat tersebut aman untuk digunakan. Namun jika baru beberapa menit saja sudah muncul rasa gatal, sebaiknya hindari penggunaan cat. Anda bisa mencoba menyemir rambut dengan cat rambut yang aman dari merek lain.

- Kandungan Kimia Cat Rambut

Cat rambut sintetis sudah tentu terdiri dari berbagai macam bahan kimia yang cukup beresiko jika digunakan oleh manusia. Beberapa bahan kimia berbahanya tersebut berupa Paraphenilenediamine (PDD), resolsinol, dan ammonia. Ketiga bahan tersebut beresiko menimbulkan alergi pada kulit. Terlebih jika dalam kandungan cat rambut terdapat ammonia yang bisa memicu gangguan sistem pernafasan.

Zat kimia ammonia merupakan zat sintetis yang hampir ada pada setiap cat rambut. Bagaimana ciri mengenali cat rambut dengan ammonia? Caranya mudah. Campurkan semua bagian cat rambut, lalu cium aromanya. Jika terdapat aroma menyengat sudah bisa dipastikan cat tersebut mengandung ammonia. Untuk menghindari alergi cat rambut karena ammonia, Anda bisa mencari semir yang mengandung bahan ethanolamine


6 Cara Alami Mengobati Alergi Cat Rambut dengan Mudah

Jika Anda mengalami iritasi akibat cat rambut, ada baiknya jika mencoba pengobatan secara alami terlebih dahulu. Simak beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengatasi gangguan iritasi kulit dan mudah ditemukan.

1   Madu

Madu merupakan bahan alami sejuta khasiat. Manfaatnya untuk mengobati sejumlah penyakit sudah tidak diragukan lagi. Kandungan vitamin dan mineral dalam madu dipercaya bisa menyembuhkan segala macam gangguan kesehatan pada tubuh, tak terkecuali gangguan iritasi pada kulit.

Untuk mengobati gatal dan iritasi pada kulit, cukup oleskan secara tipis pada bagian kulit yang bermasalah. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin, terutama ketika malam hari. Sangat disarankan untuk menggunakan madu murni. Mengapa? Karena madu yang telah dicampur dengan gula biasanya sudah ditambah bahan pengawet dan bahan kimia. Dikhawatirkan bahan sintetis tersebut menimbulkan iritasi yang lebih parah.

2   Minyak Kelapa

Selain untuk memasak, minyak kelapa juga ternyata memiliki khasiat mengobati. Minyak kelapa murni tanpa bahan campuran dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional dengan kemasan kecil. Biasanya hanya dijual Rp. 1000 per kemasan berisi 5 sampai 10 ml. Namun jika Anda menyukai yang lebih praktis, minyak kelapa dengan campuran bahan lainnya juga bisa ditemukan di supermarket.

Cara mengobati alergi cat rambut pada kulit dengan minyak kelapa cukup mudah. Oleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang mengalami iritasi. Atau untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa sedikit menghangatkan minyak terlebih dahulu sebelum di aplikasikan. Bagi Anda yang mengalami kerontokan, kulit kepala kering, dan rambut kurang subur bisa menggunakan minyak kelapa juga, lho.

3    Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Gel yang terdapat dalam tanaman tersebut tidak hanya mampu menutrisi dan melembabkan kulit, namun bisa juga dijadikan sebagai anti-septik untuk kulit yang iritasi. Bagi Anda yang menginginkan ekstrak lidah buaya instan, saat ini sudah banyak tersedia berbagai produk kecantikan yang engemas gel lidah buaya seperti Nature Republik, Jeju, dan sebagainya.

4   Jus Lemon

Obat alami untuk mengatasi alergi cat rambut salah satunya bisa menggunakan jus lemon. Jus yang dimaksud, bukan jus yang di blender lalu diberi es ya, hihi. Tapi, jus lemon yang bisa dijadikan sebagai media penyembuh yaitu air perasannya. Peras setengah bagian lemon, kemudian pisahkan dengan bijinya. Setelah itu, oleskan ke bagian kulit yang mengalami iritasi.

Anda bisa menambahkan setengah sendok makan air untuk mengurangi tingkat keasaman lemon. Atau, bisa juga ditambahkan dengan sedikit madu untuk memberikan efek pendingin pada kulit. Jika iritasi yang dialami sedikit parah, kulit akan terasa sedikit gatal dan perih ketika terjadi kontak dengan jus lemon tersebut.

5   Minyak Zaitun

Beberapa jenis minyak memang memiliki khasiat untuk kesehatan. Contohnya seperti minyak kelapa yang khasiatnya sudah disebutkan di atas, minyak kemiri dan seledri untuk kesuburan rambut, dan minyak zaitun untuk kesehatan kulit. Hampir sebagian besar orang percaya, buah zaitun adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki berjuta khasiat, yang lazim di ekstrak menjadi minyak.

Cara ampuh untuk menghilangkan alergi produk semir rambut pada kulit dan kepala, salah satunya bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun. Anda bisa dengan mudah mendapatkan minyak yang satu ini di toko kecantikan maupun supermarket. Cari produk zaitun yang memiliki sedikit bahan tambahan. Hal itu ditujukan untuk mengurangi resiko reaksi kimia pada kulit yang iritasi.

6   Air Bersih

Apakah air bersih mampu menyembuhkan iritasi kulit? Jawabannya jelas,YA. Meski terlihat sedikit disepelekan, air bersih ternyata menyimpan segudang manfaat. Bagian kulit yang terpapar bahan kimia berbahaya dapat dinetralisir menggunakan air bersih. Bahkan, sangat dianjurkan untuk membilas bagian kulit yang iritasi dengan air bersih sebelum menggunakan obat alami yang sudah dipaparkan di atas.

Cara mengatasi alergi cat rambut baik berupa iritasi, gatal, dan kemerahan cukup mudah bukan? Bahan-bahan alami yang telah dipaparkan diatas sudah teruji khasiatnya. Untuk sampai pada fase sembuh, memang dibutuhkan waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan resep dokter. Namun, dengan pengobatan alami tersebut, Anda bisa menghemat biaya dan terhindar dari efek samping obat kimia. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Tahu, Ini 6 Bahan Alami untuk Mengatasi Alergi Cat Rambut dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel