Tanaman Sejuta Khasiat, Ini 9 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh


Kunyit merupakan salah satu tumbuhan yang sangat familiar di masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh?

Tanaman Sejuta Khasiat, Ini 9 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh
(Resource: Gambar oleh Ajale dari Pixabay)

Masyarakat Indonesia sering menjadikan kunyit sebagai salah satu bumbu masak. Namun selain itu, kunyit juga sering dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah 9 manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh yang terkadang tidak diketahui. Simak ulasannya pada artikel di bawah ini.

9 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Kunyit mengandung berbagai macam zat kimia organik yang memiliki sejuta khasiat. Zat kimia tersebut diantaranya terdapat arabinosa, fruktosa, berbagai macam mineral (magnesium, zat besi, natrium, kalium), zat warna kurkumin, dan minyak atsiri.

Maka dari itu tidak heran jika kunyit bisa dijadikan sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Berikut adalah daftar penyakit yang bisa disembuhkan dengan kunyit

1.       Penyakit Lambung Asam Lambung

Kunyit dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit asam lambung yang naik. Asam lambung yang naik salah satunya bisa disebabkan oleh peradangan dan stress oksidatif. Mengapa kunyit dipercaya menjadi penyembuhnya? Karena kunyit mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang berkhasiat sebagai anti virus, anti bakteri, serta anti kanker.

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh hampir sebagian besar berasal dari kurkumin. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit baru bisa diserap tubuh ketika dicampur dengan zat piperin. Zat piperin ini dapat ditemukan pada lada hitam. Kemudian ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memanfatkan kunyit untuk lambung diantaranya:

a. Kunyit bereaksi sebagai pengencer darah, sehingga tidak boleh dikonsumsi dengan obat pengencer darah.
b. Kunyit menimbulkan efek samping jika dikonsumsi 1500 miligram per hari.
c. Jika tidak diiringi dengan pola hidup yang sehat, pengobatan asam lambung dengan metode apapun tidak akan berhasil.

2.       Ruam Pada Kulit

Ruam adalah gejala kemerahan pada kulit yang bisa muncul karena alergi, eksim, keringan berlebih, atau terpapar zat beracun. Gejala ruam kulit dapat diobati dengan mengonsumsi obat yang mengandung kunyit. Namun jika obat tersebut tidak ditemukan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengoleskan air parutan kunyit pada bagian kulit yang ruam.

Zat anti radang yang terkandung dalam kunyit bisa meredakan, mengurangi dampak buruk radikal bebas, dan menghentikan penyebaran bakteri serta virus penyebab ruam kulit dan breakout yang parah. Metode pengobatan menggunakan kunyit sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat India melalui pengobatan Ayurvedha.

3.       Meredakan Sakit Saat Datang Bulan

Sejak jaman dahulu perempuan Indonesia sudah mengetahui beragam manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk dijadikan ramuan pelancar haid. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kunyit berkhasiat sebagai pengencer darah dan pereda nyeri. Sehingga ketika meminum ramuan kunyit, darah kotor yang menempel di dinding rahim akan keluar dengan lancar tanpa rasa sakit.

Anda bisa membuat ramuan pelancar haid sendiri di rumah dengan mencampurkan air parutan kunyit dengan sedikit jeruk nipis dan gula merah. Namun jika Anda ingin yang praktis, dapat meminum jamu kunyit instan seperti Kiranti. Ingat meski memiliki banyak manfaat, mengonsumsi kunyit secara berebihan akan berdampak buruk bagi tubuh.

4.       Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk pengobatan berbagai macam penyakit, kunyit juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan dan kecantikan kulit. Kunyit dapat membantu proses regenerasi kulit, mengurangi noda hitam pada wajah, jerawat, serta masalah kulit lainnya. Gunakan masker wajah yang mengandung kunyit untuk membantu mencerahkan wajah dan mengatasi berbagai macam masalah kulit lainnya.

Selain itu kunyit juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi hisutisme atau tumbuhnya rambut berlebih pada wajah. Memanfaatkan kunyit dengan cara dikonsumsi atau digunakan sebagai obat luar bisa mengurangi ketidakseimbangan hormon penyebab hirsutisme.

5.       Mengurangi Rasa Mual

Rasa mual dapat ditimbulkan karena stress yang berlebihan atau adanya infeksi pada organ pencernaan. Apabila mual diakibatkan oleh gangguan organ pencernaan Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk meredakannya. Kunyit mengandung zat antioksidan, anti bakteri, dan anti virus yang tinggi yang berfungsi sebagai penangkal racun pada tubuh.

6.       Melancarkan Tekanan Gas Pada Perut

Salah satu indikator untuk memastikan bahwa sistem pencernaan dalam keadaan baik bisa ditandai dengan keluarnya gas dari sistem pencernaan. Kemudian tolok ukur lain yang bisa dijadikan patokan sistem pencernaan yang baik yaitu aroma gas yang keluar dari tubuh. Jika baunya terlalu menyengat, maka ada indikasi perut Anda sedang bermasalah.

Saat gas tidak keluar dari tubuh, maka  sudah barang tentu akan membuat perut menjadi begah dan tidak nyaman. Untuk menguranginya, Anda bisa menggunakan pengobatan herbal menggunakan kunyit. Kunyit dapat dijadikan sebagai salah satu cara pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, termasuk menurunkan tekanan gas pada perut.

7.       Pembersih Paru-Paru

Kondisi lingkungan yang buruk seperti saat ini sangat memungkinkan berbagai macam penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan) menjangkiti setiap orang. Apalagi jika Anda seorang perokok aktif sangat mungkin untuk meningkatkan resiko terkena penyakit paru-paru lebih tinggi. Bahaya tersebut juga mengintai orang-orang disekitar Anda yang tidak merokok.

Untuk menekan resiko terjadinya penyakit paru-paru, Anda bisa mengonsumsi jamu kunyit. Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh bagian paru karena adanya kandungan anti inflamasi yang terkandung pada kunyit. Zat tersebut mampu mengatasi terjadinya penyempitan saluran pernafasan pada penderita asma. Selain itu, kandungan kurkumin juga berperan sebagai penangkal kanker paru. Mengingat, kunyit memiliki zat anti kanker yang cukup tinggi.

8.       Ramuan Herbal untuk Diet

Jika Anda sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya jika dibantu dengan meminum ramuan kunyit yang dicampur asam jawa. Selain zat anti kanker, manfaat kunyit asam yang mengandung kurkumin juga dapat berperan sebagai penekan jaringan lemak pada tubuh. Hal ini sudah terbukti melalui penelitian yang dilakukan di Universitas Tufts pada tahun 2009.

Namun dengan meminum jamu kunyit asam tidak serta-merta berbat badan akan turun dengan sendirinya. Anda tetap harus menjaga pola makan selama program diet berjalan. Anda juga harus berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit pasca program diet berakhir. Perhatikan pula efek samping kunyit yang mungkin terjadi pada tubuh.

9.       Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh ternyata bisa dijadikan sebagai obat penekan gula darah. Manfaat tersebut berasal dari kandungan anti oksidan yang tinggi pada kunyit. Dilansir dari hello sehat, mengonsumsi kunit sebanyak 300 mg per hari mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh hampir 18%.

Kemudian kunyit juga bisa dijadikan pencegahan terhadap penaykit diabetes. Dengan mengonsumsi kunyit sebanyak 1.5 gr per hari selama 9 bulan mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Namun jika Anda ragu untuk mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Masih banyak manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh. Namun ingat, meskipun kaya akan berbagai manfaat, kunyit tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping seperti alergi. Kemudian mengingat jumlah studi yang masih terbatas, sebaiknya lakukan percobaan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kunyit benar-benar berkhasiat untuk mengobati penyakit.

Belum ada Komentar untuk "Tanaman Sejuta Khasiat, Ini 9 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel