Tak Membosankan, Ini 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat yang Hits Sepanjang Masa


Berbicara tentang tempat wisata di Jawa Barat yang hits memang tidak ada habisnya. Berikut adalah destinasi wisata yang memiliki keindahan abadi di Tatar Sunda.

Tak Membosankan, Ini 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat yang Hits Sepanjang Masa
(Resource : Google Map)

Tempat wisata di Jawa Barat yang hits, saat ini sudah menjamur. Banyak sekali tempat yang menawarkan berbagai macam keindahan bagi para pengunjungnya. Namun tahukah Anda? Ada beberapa tempat wisata yang memiliki ‘keindahan abadi’ karena destinasi wisata ini tak berubah meski telah dibuka sejak lama. Tempat wisata apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

13 Tempat Wisata Favorit Sepanjang Masa di Jawa Barat

Dibukanya puluhan bahkan ratusan tempat Jawa Barat murah meriah dan instagramable, tidak menjadikan tempat wisata yang sudah dibuka sejak lama ini gulung tikar. Bahkan, beberapa tempat wisata meng-upgrade fasilitasnya demi menarik perhatian pengunjung. Wisata apa saja itu?

1. Kawah Putih, Bandung

Bagi yang sedang bingung ngapain di Bandung, coba kunjungi Kawah Putih. Keindahan serta keelokannya sudah terkenal di seluruh penjuru Pulau Jawa, bahkan mancanegara. Kawah putih terletak di puncak Gunung Patuha, Ciwidey. Wisata ini menawarkan sejumlah keindahan alam, bahkan sejak awal pintu masuk. Di pintu gerbang, Anda akan dimanjakan dengan deretan pohon khas dataran tinggi yang menyejukan.

Kemudian sesampainya di lokasi, hamparan danau sulfur berwarna hijau kebiruan siap menyambut kedatangan Anda. Tidak hanya itu, hutan bakau yang mengering pun tak kalah indahnya dengan kawah.  Disana pengunjung bisa berfoto dengan menggunakan kamera sendiri atau menyewa jasa fotografer. Sejak jaman dulu, Kawah Putih selalu menjadi pilihan wisata nomor 1 keluarga.

2. Green Canyon, Pangandaran

Di wilayah Pesisir Utara terdapat sebuah tempat yang menyerupai Green Canyon di Amerika. Tempat wisata ini tepatnya berada di sungai Cijulang, berdekatan dengan Pantai Pangandaran. Diapit dengan 2 tebing tinggi disertai dengan pohon rimbun, Green Canyon Jawa Barat ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang hits serta menantang adrenalin siapapun yang berani mengarunginya.

Tempat wisata ini sudah dibuka sejak puluhan tahun yang lalu dan hingga saat ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar. Pengunjung yang memenuhi syarat (usia dan tinggi badan tertentu) bisa mengarungi arus sungai sepanjang 3 km dengan menggunakan perahu atau body rafting mengelilingi gua yang berada di sekitar aliran sungai.

3. Kampung Karuhun, Sumedang

Jika mendengar kata karuhun tidak perlu takut, ya. Dalam bahasa Sunda, karuhun artinya leluhur yang sudah meninggal. Roh karuhun biasanya tidak akan meninggalkan tempat dimana ia berada semasa hidupnya. Namun konsep yang ditawarkan oleh tempat wisata di Jawa Barat yang hits sepanjang masa ini justru tidak ada sedikitpun unsur mistis seperti adanya arwah ‘karuhun’.

Kampung Karuhun menyajikan wisata eco-park, didalamnya menyuguhkan pemandangan alam seperti hutan hujan tropis yang masih alami, area pesawahan, aliran sungai yang jernih sampai perkebunan teh. Salah satu desa wisata di Jawa Barat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari kota. Selain itu, wahana ATV dan arena futsal berlumpur juga disediakan pihak penyelenggara.

4. Kampung Naga, Tasikmalaya

Kampung Naga terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Saluyu. Saah satu tempat wisata di Jawa Barat ini terletak di lembah pegunungan yang alamnya masih dijaga dengan baik. Sama dengan Kampung Karuhun, nama Kampung Naga tidak ada kaitannya sama sekali dengan hewan mitologi. Warga lokal menyebut dsa tempat tinggalnya sebagai “Pareum Obor” yang berarti kehilangan silsilah keluarga.

Kampung Naga masih menjaga kearifan budaya yang diwariskan oleh para leluhurnya. Mereka masih menjaga keaslian dari adat istiadat, cara hidup, sampai keyakinan yang dianut. Bahkan, rumah warga pun memiliki bentuk dan luas yang sama, terbuat dari kayu dan beratapkan ijuk. Wisatawan dapat berinteraksi dengan warga lokal sembari menikmati keindahan alam yang ada.

5. Tangkuban Perahu, Bandung

Pertengahan tahun 2019 Taman Nasional Gunung Tangkuban Perahu sempat ditutup beberapa saat karena terjadi erupsi. Namun setelah tanda peringatan dari BMKG selesai, pihak pengelola segera memperbaiki fasilitas yang terkena semburan debu vulkanik. Saat ini Gunung Tangkuban Perahu sudah kembali dibuka untuk umum.

Sejak jaman dahulu tempat wisata yang terkenal akan legenda Dayang Sumbi dan Sangkuriang ini sudah menjadi destinasi kebanggaan Jawa Barat. Keindahan kawah dan sejuknya alam pegunungan sudah dikenal hingga ke mancanegara. Kelebihan tempat wisata ini dibanding wisata pegunungan lain, pengunjung bisa melihat kawah aktif dari jarak dekat.

6. Taman Mekarsari, Bogor

Siapa yang tidak mengenal Taman Mekarsari? Taman ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang hits di Jawa Barat dan menjadi favorit keluarga serta anak-anak. Bagaimana tidak? Taman  buah-buahan tropis seluas 264 hektar dengan konsep moderen eco-park ini menawarkan sejumlah fasilitas yang jarang dijumpai di wana wisata lain.

Selain itu, tempat wisata Bogor ini dijadikan juga sebagai tempat pelestarian serta penelitian bibit unggul. Mekarsari menjadi taman buah yang cocok dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Agar menambah keseruan, pihak pengelola menyediakan wahana ATV, lapangan sepak bola, outbond, dan masih banyak lagi.

7. Pantai Pangandaran, Ciamis

Dari dulu hingga sekarang, pantai paling berbahaya di Jawa ini masih menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat momen liburan. Pantai Selatan terkenal akan keganasan ombaknya, sehingga sangat disukai para peselancar. Tidak peduli dengan berbagai mitos tentang Nyi Roro Kidul yang beredar, turis masih tetap  bisa menikmati keindahan sunset dan hamparan pasir putihnya.

Ketika momen liburan, Pantai Pangandaran sudah pasti ramai dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah dan wilayah negara. Jika Anda merencanakan liburan pekan ini, jangan lupa untuk booking kamar hotel melalui Traveloka, Airy, Pegi-pegi, dan app lainnya supaya tidak kehabisan. Dapatkan juga berbagai tawaran promo menarik di momen-momen tertentu.

8. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Selain Pantai Pangandaran, Jawa Barat juga mempunyai pantai lain yang tak kalah indah yaitu Pantai Ujung Genteng. Objek wisata pantai Jawa Barat ini menawarkan suguhan ombak yang besar untuk para peselancar, sunset, dan sunrise yang bisa dinikmati dalam satu tempat. Kemudian satu hal yang peling menarik yaitu pengunjung bisa melihat penyu secara langsung.

Yup, pantai ini menjadi salah satu habitat penyu. Para pengunjung bisa melihat penyu yang sedang berada di atas pasir. Jika Anda datang ke Pantai Ujung Genteng Pada bulan Agustus, Anda bisa menyaksikan sendiri penyu yang bertelur di pantai.Tapi ingat, pengunjung hanya diperbolehkan melihat, ya. Tidak boleh mengganggu apalagi sampai membawa pulang penyu tersebut.

9. Kawah Talaga Bodas, Garut

Tidak hanya di Ciwidey, ternyata kawah putih juga ada di Garut. Sesuai dengan namanya, Talaga Bodas menyuguhkan hamparan danau berwarna putih yang dikelilingi oleh pepohonan yang masih rimbun. Secara keseluruhan, panoramanya sama dengan Kawah Putih yang berada di Bandung. Nah, jika Anda sedang berada di wilayah Garut, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata ini.

Tempat wisata di Jawa Barat yang hits sepanjang masa bisa dijadikan sebagai referensi berlibur untuk pekan ini. Menghabiskan waktu setelah sepekan beraktifitas tidak ada salahnya karena liburan bisa mengembalikan fokus dan semangat.

Belum ada Komentar untuk "Tak Membosankan, Ini 9 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat yang Hits Sepanjang Masa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel