9 Tempat Wisata Religi di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata religi di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang. Banyak turis asing maupun lokal yang mengunjungi beberapa lokasi wisata ini.

9 Tempat Wisata Religi di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
(Resource: Gambar oleh Raman Oza dari Pixabay)

Menikmati waktu liburan tidak selamanya harus dilakukan di tempat yang hit, instagrammable, berbau gunung ataupun pantai. Dalam rangka mengisi waktu liburan, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata religi di Indonesia yang sangat menarik. Anda bisa mnedapatkan pengalaman dan nila-nilai beraharga dalam satu kali perjalanan.

Wisata religi di Indonesia mayoritas dilakukan oleh umat beragama muslim dengan ziarah kubur ke makam para wali, tokoh keagamaan, dan pahlawan nasional. Namun saat ini wisata religi sudah memiliki keberagaman destinasi dan sudah mencakup seluruh agama yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

12 Destinasi Wisata Religi yang Wajib di Kunjungi

Selain merefresh otak dan pikiran yang penat, wisata religi juga bisa dijadikan sebagai sebuah perjalanan yang bisa menambah keimanan seseorang. Untuk menambah iman dan takwa, apapun boleh dilakukan selama hal tersebut tidak menyimpang dari ajaran Tuhan. Berikut adalah destinasi wisata religi di Indonesia yang layak untuk dikunjungi.

1.       Mesjid Istiqlal, Jakarta

Mesjid Istiqlal, Jakarta
(Resource Gambar: simas.kemenag.go.id)

Mesjid ini merupakan salah satu wujud toleransi umat beragama pada jaman awal kemerdekaan. Mesjid Istiqlal dibuat pada era Presiden Ir. Soekarno dan dibantu oleh seorang arsitek non-muslim bernama Frederich Silaban. Mesjid ini selalu dijadikan sebagai tempat perayaan umat Islam setiap tahunnya. Petinggi-petinggi negara biasa melakukan sholat Ied disini.

Selain itu, salah satu destinasi wisata religi di Jakarta ini juga dinobatkan sebagai masjid terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara dengan luas 93,2 ribu m2 dan mampu menampung sebanyak 200 ribu jamaah. Setiap harinya masjid ini banyak dikunjungi oleh jamaah dari berbagai penjuru Indonesia.

2.       Pura Tanah Lot, Bali

Pura Tanah Lot, Bali
(Resource Gambar: Harry Kessel - rentalmobilbali.net)

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah dikenal ke mancanegara. Pulau Bali dikenal dengan keindahan wisata baharinya. Selain itu sebagai pulau yang mayoritas ditempati oleh penduduk beragama Hindu,  sehingga tidak heran jika banyak berdiri pura yang indah serta layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata religi.

Salah satu pura yang paling terkenal yaitu Pura Tanah Lot. Pura ini terletak di sebuah karang di tengah laut namun tidak jauh dari tepi pantai. Pura ini sering dijadikan sebagai tempat berdoa bagi umat Hindu yang sedang berkunjung ke Bali. Tapi uniknya, pihak penjaga pura membolehkan siapapun untuk mengambil foto di pura ini asalkan tetap berlaku sopan.

3.       Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto

Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto
(Resource Gambar: Kompasiana.com)

Vihara adalah tempat beribadah umat Budha. Salah satu vihara yang paling terkenal di Pulau Jawa yaitu Maha Vihara Mojopahit yang terletak di Mojokerto, Jawa Tengah. Bagaimana tidak, Patung Budha Tidur menjadi sesuatu yang sangat ikonik bagi para wisatawan karena sangat mirip dengan vihara-vihara besar yang berada di Thailand.

Wisatawan diluar agama Budha bisa memasuki kawasan vihara ini dan mengabadikan foto di depan Patung Budha Tidur. Namun jika sedang ada upacara keagamaan umat Budha, biasanya untuk sementara waktu wisatawan yang tidak mengikuti upacara keagamaan dilarang masuk agar suasana  ibadah tetap khidmat.

4.       Gua Maria Laudres, Kediri

Gua Maria Laudres, Kediri
(Resource Gambar: berduakelilingindonesia.com)

Tempat wisata religi di Indonesia yang cukup ternama selanjutnya yaitu Gua Maria Laudres di Kediri. Gua Maria Laudres merupakan tempat beribadah umat Kristen Katolik terbesar dengan luas sekitar 13 hektar. Di kawasan gua terdapat 12 pancuran air perlambang keberadaan 12 Rasul. Umat Katolik memiliki keyakinan bahwa jika meminum air dari pancuran ini akan mendapatkan keberkahan.

Banyak kegiatan keagamaan yang biasa dilakukan di Gua Maria Laudres. Mulai dari hari raya Natal, Misa Novena, sampai kegiatan Tirakatan Malam Jumat Legi. Suasana di dalam kawasan gua sangat hening dan sejuk karena banyak pepohonan. Ditambah dengan suara air dari 12 pancuran, menjadikan suasana ibadah menjadi lebih fokus.

5.       Mesjid Agung Semarang

Mesjid Agung Semarang
(Resource Gambar: M Nur Huda - Tribun jateng)

Mesjid Agung Semarang dinobatkan menjadi masjid temegah di Pulau Jawa. Hal ini karena arsitekturnya yang indah dan menyerupai bangunan Mesjid Nabawi yang ada di Madinah. Tidak hanya itu, masjid ini dibangun dengan tiga kombinasi model arsitektur, yaitu arsitektur Jawa, Roma, dan Arab.

Keunikan Mesjid Agung Semarang yaitu terdapat menara Asmaul Husna setinggi 99 meter. Jika pengunjung menaikinya bisa melihat panorama kota serta keindahan aktivitas pelabuhan Tanjung Emas melalui Teropong Pandang. Selain itu, keberadaan Al-Qur’an raksasa yang ditulis oleh H. Hayatuddin juga menjadi daya tarik tesendiri.

6.       Gereja Blenduk, Semarang

Gereja Blenduk, Semarang
(Resource Gambar: Ferruginouz - Flickr)

Tempat wisata religi di Indonesia yang layak untuk dikunjungi selanjutnya  masih terletak di Kota Semarang, yaitu Gereja Blenduk. Gereja ini merupakan salah satu peninggalan bangsa Portugis ketika menjajah Indonesia. Sejak didirikan padatahun 1753, hingga saat ini keaslian arsitektur gereja masih dijaga.

Tempat wisata religi Semarang untuk umat protestan ini memiliki nama asli Koepelker dengan model arsitektur Neo-Klasik. Kemudian seseorang mengganti namanya menjadi Gereja Blenduk. Arti kata “Blenduk” sendiri dalam bahasa Jawa berarti kubah cembung. Nama tersebut menggambarkan bentuk bangunan gereja yang memiliki kubah di atasnya.

7.       Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban

Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban
(Resource Gambar: situsbudaya.id)

Berdiri di lahan seluas kurang lebih 3 hektar, Klenteng Kwan Sing Bio menjadi klenteng terbesar di Asia Tenggara. Tidak heran, banyak wisatawan lokal maupun luar negeri tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata religi ini.

Klenteng ini menjadi tempat ibadah bagi penganut Tri Dharma yang meliputi agama Budha, Tao, dan Kong Hu Cu. Tidak hanya sampai disitu, Klenteng ini juga menyediakan tempat bermalam gratis bagi visitor baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Sangat menarik, bukan?

8.       Pura Besakih, Bali

 Pura Besakih, Bali
(Resource Gambar: rentalmobilbali.net)

Bali memiliki julukan sebagai negeri 1000 pura. Hal ini terjadi karena banyaknya pura yang berdiri disana. Selain Pura Tanah Lot, Bali memiliki pura lain yang tak kalah indahnya. Pura tersebut bernama Pura Besakih yang menjadi komplek pura terbesar yang terletak di lereng Gunung Agung.

Pura Besakih menjadi pusat dari semua pura yang ada di Bali. Komplek pura ini terdiri dari 1 pura pusat, pura penataran, serta 18 pura pendamping. Nama Besakih sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata “wasuki”  yang artinya “selamat”. Diharapkan pura ini bisa membawa keselamatan dunia dan akhirat bagi penganut agama Hindu.

9.       Mesjid Cheng Ho, Surabaya

Mesjid Cheng Ho, Surabaya
(Resource Gambar: Instagram/@wahyu_ajak in)

Mesjid Laksamana Cheng Ho merupakan salah satu tempat wisata religi Jawa Timur, tepatnya di Surabaya. Mesjid ini dibangun sebagai bentuk dedikasi untuk Laksamana Cheng Ho, seorang pelaut dari Cina yang memeluk agama Islam.

Berbeda dengan mesjid pada umumnya, Mesjid Cheng Ho lebih menyerupai kelenteng karena arsitekturnya bergaya Cina. Di dalamnya, nuansa Islam tetap ditonjolkan seperti kaligrafi dan lambang-lambang agama Islam. Selain di Surabaya, Mesjid Cheng Ho juga ada di Palembang dan Banyuwangi, lho.

Selain destinasi di atas, masih banyak tempat wisata religi di Indonesia lainnya yang wajib untuk dikunjungi. Jajaran tempat wisata tersebut sangat cocok dijadikan sebagai pilihan tempat destinasi wisata untuk bayi dan anak. Selamat berwisata!

Belum ada Komentar untuk "9 Tempat Wisata Religi di Indonesia yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel