Punya Teman Bermuka Dua? Ini Cara Jitu Menghadapi Teman Bermuka Dua di Kantor

Menghadapi teman bermuka dua di kantor tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, teman bermuka dua biasanya memiliki sifat yang licik.

Punya Teman Bermuka Dua? Ini Cara Jitu Menghadapi Teman Bermuka Dua di Kantor
(Resource: Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Hal yang paling menakutkan di dunia ini bukanlah binatang buas atau hantu, melainkan seorang teman yang baik di depan namun busuk di belakang. Teman seperti ini akan selalu kita jumpai satu atau dua kali selama kita diberikan usia. Maka dari itu, ketahuilah cara terbaik menyikapi dan menghadapi teman bermuka dua di kantor.

5 Ciri-Ciri Teman Bermuka Dua

Persaingan dunia kerja di era globalisasi semakin keras. Sifat setiap orang berbeda-beda, ada yang baik dan ada pula yang sebaliknya. Tidak semua orang memiliki sikap dan karakter yang baik. Terkadang ada beberapa orang yang diciptakan untuk menguji kesabaran. Berikut adalah beberapa ciri teman yang harus Anda waspadai ketika sedang berada di tempat kerja.

1.       Sering Bersikap Menyudutkan

Ketika Anda sedang menghadapi masalah di kantor, seorang teman bermuka dua akan berada di barisan paling depan untuk memberikan semangat. Namun ketika Anda sedang berkumpul dengan teman kantor yang lain, ia akan menyudutkan Anda dengan membeberkan kesalahan-kesalahan yang membuat Anda berada dalam masalah tersebut.

Biasanya ia tidak akan segan untuk “menceramahi” Anda di depan banyak orang dengan kata-kata yang menyudutkan. Misalnya seperti “Coba kalo kamu jangan terlalu ambisius dan bisa mikir lebih rasional, pasti bos nggak akan memarahimu pagi ini”. Jika demikian sudah pasti beban persoalan akan bertambah karena Anda harus menanggung rasa “sedikit malu” di depan teman kerja yang lainnya.

2.       Bersaing dengan Cara yang Tidak Sehat

Dalam pertemanan akan selalu ada yang namanya persaingan. Mulai dari jenjang sekolah, kuliah, sampai bekerja. Persaingan akan berdampak baik jika dilakukan dengan sehat karena mampu menciptakan iklim saling mendukung satu sama lain. Teman bermuka dua biasanya menginginkan Anda disingkirkan dari kantor.

Teman yang tidak baik akan selalu menganggap Anda sebagai kompetitor dan mencari cara untuk menjatuhkan Anda. Penyebab orang bermuka dua salah satunya karena iri dan dengki melihat kesuksesan orang lain. Ia akan menghalalkan segala cara demi mendapatkan pamor dan perhatian di hadapan atasan. Jika Anda menemui tipe orang yang seperti ini sebaiknya segera hindari.

3.       Memuji Kemudian Menjatuhkan

Saat Anda mencapai suatu prestasi di tempat kerja, teman yang tulus akan memberikan ucapan selamat tanpa menunjukan “sikap” lain yang menyebalkan. Salah satu reaksi yang umum ditunjukan setelah memuji yaitu mengatakan bahwa prestasi yang Anda terima hanyalah sebuah kebetulan. Prestasi yang Anda dapatkan hanya sebuah keberuntungan semata.

Orang yang tidak suka melihat kesenangan orang lain biasanya akan menunjukan sikap yang gelisah, sinis, dan gelagat yang tidak mengenakan lainnya. Anda bisa merasakannya sendiri saat menemui teman seperti itu.

4.       Tidak Bisa Menyimpan Rahasia

Ada pepatah yang mengatakan bahwa jangan sembarangan cerita ke orang lain yang tidak begitu dikenal. Pepatah tersebut memang benar adanya dan harus selalu diingat ketika dimanapun Anda berada, termasuk ketika di tempat kerja. Anda harus selektif dalam memilih teman yang bisa dijadikan sebagai tempat curhat.

Teman yang bermuka dua akan bersikap seolah-olah ia bersimpati terhadap Anda. Namun di belakang, ia tidak akan segan-segan untuk membeberkan segala rahasia yang Anda ketahui dengan dalih “jangan kasih tau kalau aku bilang ini ya”. Maka dari itu, selalu tingkatkan kewaspadaan.

5.       Selalu Mengajak Anda Berbuat yang Tidak Baik

Teman yang tidak baik akan menghalalkan segala cara untuk membuat kinerja anda menurun, yang penting ia ingin melihat karir Anda hancur secara perlahan. Ia tidak akan peduli jika Anda terkena imbas buruk. Misalnya teman yang tidak baik akan mengajak Anda untuk membicarakan rekan kerja yang lain, lalu mengadu domba.

Bagaimana Cara Menghadapi Teman Toxic Bermuka Dua?

Cara menghadapi orang yang baik di depan buruk di belakang pada lingkungan kantor memang memerlukan taktik. Anda tidak bisa menunjukan pembalasan begitu saja karena Anda juga harus mempertahankan karir yang dibangun selama ini. Jangan sampai Anda gagal menjadi karyawan teladan gara-gara teman toxic tersebut.

Jaga selalu sikap Anda dihadapan teman toxic seperti itu.  Jangan sampai mereka melihat bahwa kita tidak suka dengan sifat dan kelakuannya. Ini dia teman bermuka dua di kantor tanpa memutuskan tali pertemanan.

1.       Berusaha untuk Menjaga Jarak

Ketika Anda mengetahui bagaimana sifat asli salah satu teman kantor, sebaiknya segera jaga jarak sebelum terlambat. Ingat, yang dilakukan adalah jaga jarak, bukan memutuskan kontak. Sesekali Anda boleh mengobrol dengannya dengan menjaga setiap kata yang keluar dari mulut. Jangan sampai mengumbar pencapaian, memberitahu siapa rekan kerja lain yang tidak Anda sukai, dan sebagainya.

Jika Anda menemui rekan kerja dengan ciri-ciri seperti yang telah disebutkan di atas, cukup lakukan say hello agar tidak menyakiti hatinya, Jika ia tersakiti hatinya, sangat mungkin seorang teman bermuka dua menyimpan dendam yang tidak Anda ketahui.

2.       Selalu Berbicara dengan Tegas

Cara mengatasi orang yang pura-pura baik yaitu biasakan untuk berbicara tegas kepadanya. Katakan apa yang Anda suka dan apa yang Anda tidak suka. Misalnya katakan bahwa Anda tidak suka diajak bergosip ketika bekerja, Anda suka menikmati jam istirahat sendirian, dan sebagainya.  Dengan cara seperti itu lambat laun teman bermuka dua yang berusaha mendekati Anda akan menjauh.

3.       Jangan Berbicara Sesuatu yang Bersifat Rahasia

Saat Anda memiliki sesuatu yang bersifat rahasia entah mengenai diri Anda atau orang lain, sebaiknya jangan ceritakan rahasia tersebut ke teman bermuka dua.  Ia akan memiliki seribu cara untuk membocorkan setiap rahasia Anda ke setiap orang. Kemudian ia juga akan memiliki banyak cara agar Anda terpancing untuk menceritakan sesuatu yang bersifat rahasia.

4.       Selalu Berpikir Positif

Berpikiran positif menjadi obat segala kegundahan hati.Bagaimanapun rasa kecewa dan sakit hati yang Anda rasakan, berusahalah agar selalu berlapang dada. Hadapi apapun dengan pikiran jernih dan hilangkan rasa dendam. Jangan lakukan hal buruk yang serupa untuk balas dendam. Jika Anda membalas perbuatannya, berarti Anda sama jahatnya dengan teman bermuka dua tersebut.

5.       Bersikap Tenang dan Redam Emosi

Selain berpikiran jernih, menghadapi teman yang toxic di tempat kerja juga harus dilakukand engan sikap yang tenan. Jangan mudah terpancing dengan sikap dan kata-katanya yang menyebalkan. Jika Anda menghadapinya dengan emosi, teman yang memancing Anda justru akan senang melihat Anda marah dan kesal karena memang itu tujuannya.

6.       Balas Perbuatannya dengan Elegan

Pembalasan paling jahat untuk orang yang tidak menyukai kesuksesan bukan dengan cara jahat. Melainkan dengan cara yang positif. Lakukan perubahan yang jauh lebih baik dari diri Anda. Selain menguntungkan bagi diri sendiri, pembalasan seperti ini tidak akan membuat permasalahan menjadi lebih rumit. Saat Anda berhasil, lihat betapa stressnya ia melihat kesuksesan orang yang dibenci.

Jika 6 cara menghadapi teman bermuka dua di kantor di atas tidak berhasil, cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan benar-benar menghindarinya. Namun cara ini baru boleh dilakukan jika ia memang terbukti benar-benar memiliki kesalahan fatal yang menyangkut diri pribadi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Punya Teman Bermuka Dua? Ini Cara Jitu Menghadapi Teman Bermuka Dua di Kantor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel