Baru Masuk Kerja? Ini Cara Menjadi Karyawan Teladan


Apakah Anda belum pernah merasakan dipuji bos karena memiliki kinerja yang bagu? Ikuti cara menjadi karyawan teladan berikut ini.

Baru Masuk Kerja?  Ini Cara Menjadi Karyawan Teladan
(Resource: Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay)

Banyak sekali cara menjadi karyawan teladan mulai dari cara yang profesional sampai cara yang kurang baik. Karyawan teladan menjadi title yang paling diidam-idamkan oleh setiap orang. Selain mendapatkan fasilitas gaji yang cukup besar dan reward, Anda juga bisa lebih dikenal oleh atasan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa mengantarkan Anda menuju gelar karyawan teladan.

11 Cara Terpuji Agar Menjadi Karyawan Teladan

Tidak bisa dipungkiri setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda tergantung bagaimana ia memandang kehidupan. Sehingga tidak aneh jika selama usia hidup kita pernah bertemu orang dengan berbagai macam karakter mulai dari orang baik sampai orang yang selalu berbuat curang.

Keadaan tersebut bisa Anda temukan juga di lingkungan kerja. Banyak orang yang memiliki karakter berbeda, mulai orang yang benar-benar rajin sampai orang yang hanya rajin ketika bos mengawasi agar mendapat pujian. Nah berikut adalah cara menjadi pegawai kantor yang sukses.

 1.  Latih Kemampuan Berkomuniasi Agar Sempurna

Perusahaan manapun hanya akan mempekerjakan orang yang bisa berkomunikasi dengan baik. Perusahaan tidak akan mempekerjakan orang yang tidak pandai berkomunikasi karena bisa berpotensi menimbulkan masalah untuk perusahaan. Komunikasi yang baik diantaranya dapat diukur dari kejelasan informasi yang disampaikan secara runtut.

Kemampuan komunikasi secara lisan maupun tertulis tidak boleh dilakukan dengan berbelit-belit. Ketika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik, atasan akan menaruh sedikit attention kepada Anda. Maka secara tidak langsung performa bekerja Anda akan dipantau terus tanpa harus cari perhatian.

2. Cintai Pekerjaan Sepenuh Hati

Mencintai pekerjaan yang dimiliki bisa menjadi salah satu cara menjadi karyawan teladan  paling ampuh. Lakukan pekerjaan dengan loyal sehingga melakukan tugas apapun di perusahaan tidak akan menjadi beban.

Agar menjadi karyawan berprestasi Anda harus mampu memotivasi diri jika sewaktu-waktu atasan meminta Anda untuk melakukan pekerjaan diluar tugas yang dimiliki.  Selain itu seorang karyawan yang baik juga harus mampu melakukan problem solving ketika diminta.

3. Selalu Bekerja Keras

Diawal bekerja setiap orang pasti memiliki tekad untuk selalu bekerja keras. Setelah itu, biasanya Anda akan mencari cara menjadi karyawan teladan. Namun pada kenyataannya, sadar atau tidak mereka hanya bekerja keras pada waktu tertentu. Selebihnya terkadang mereka lupa terhadap tekadnya pada saat awal mereka bekerja.

Maka dari itu, sangat penting memiliki sistem motivasi yang berasal dari diri sendiri. Fungsinya untuk mengingatkan kembali agar ritme pekerjaan yang kendor bisa stabli lagi. Jika diperlukan, Anda bisa tulis beberapa kalimat penyemangat di sticky note dan menempelkannya di tempat yang sering terjamah oleh mata seperti di bilik kerja, layar komputer, dan sebagainya.

4. Mampu Beradaptasi dan Mau Belajar

Banyak kisah karyawan teladan yang bermodalkan ketekunan. Kemampuan beradaptasi yang baik menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh karyawan teladan. Selain itu, jika Anda ingin menjadi seorang karyawan teladan juga dituntut agar bisa mempelajari hal baru dengan cepat.

Kemudian cara menjadi karyawan teladan yang disenangi atasan yaitu usahakan agar bekerja seoptimal mungkin tanpa peduli masalah apapun yang menghadang. Jangan sampai masalah pribadi menghambat Anda untuk mencapai karir yang cemerlang.

5. Berpikiran Out of The Box

Hampir sebagian besar pekerjaan diperusahaan dikerjakan secara tim. Setiap orang akan diberi tugas masing-masing sesuai dengan job desknya dan pekerjaan yang tersebut saling memiliki keterkaitan. Ketika terjadi permasalahan dalam tim maka secara otomatis semua pekerjaan akan terhambat.

Maka agar menjadi seorang karyawan yang teladan, Anda dituntut untuk berpikiran out of the box dalam mencari solusi terbaik.  Namun ingat terhadap posisi Anda, jangan sampai bertindak seolah-olah Anda menjadi seorang bos dan merasa sebagai orang yang paling tahu segala hal.

6. Jangan Sungkan Menawarkan Bantuan

Cara menjadi karyawan teladan selanjutnya yaitu jadilah rekan yang baik, tidak ada salahnya jika Anda menawarkan bantuan kepada teman yang sedang mengalami kesulitan. Meski pada akhirnya Anda tidak bisa menolong, setidaknya Anda sudah mengungkapkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama karyawan.

Selain bisa menambah poin plus di mata atasan, dengan membantu teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain. Diantaranya seperti mengetahui penyelesaian masalah jika terjadi hal serupa dan tentunya orang di tempat Anda bekerja akan menilai Anda sebagai orang yang baik. Hal itu bisa menjadi salah satu kriteria karyawan berprestasi.

7. Selalu Bekali Diri dengan Kejujuran

Ada pepatah kuno yang mengatakan bahwa “kejujuran merupakan mata uang yang berlaku di belahan dunia manapun”. Pepatah tersebut memang benar adanya karena ketika Anda bersikap jujur,  maka orang di sekitar akan memperlakukan dengan baik.

Hal tersebut juga berlaku ketika Anda sedang berada dalam lingkungan pekerjaan. Ada baiknya jika selalu bersikap jujur kepada diri sendiri maupun orang lain. Jangan sekali-kali mengawali sesuatu yang didasari dengan kebohongan.

8. Memiliki Etika yang Baik

Karyawan teladan sudah pasti memiliki etika dan perilaku yang baik. Secara langsung maupun tidak, biasanya ada tim khusus paa perusahaan yang bertugas untuk memantau kinerja serta perilaku Anda selama bekerja di perusahaan.

Bahkan penilaian terhadap etika dimulai sejak Anda mengirimkan lamaran, meski lamaran dikirim via email. Jika Anda diterima di perusahaan maka sejak saat itu pula kepribadian dan perilaku Anda akan dipantau. Jika perilaku Anda semakin “buruk” perusahaan tidak akan memberikan teguran bahkan pemecatan.

9. Tidak Ragu Memberikan Pujian Kepada Orang Lain

Orang yang berhati besar yaitu orang yang tidak ragu untuk memuji orang lain. Cara menjadi karyawan teladan tidak hanya menjadi seseorang yang bagus dalam melakukan pekerjaan. Melainkan dari segi softskill dan attitude juga harus baik.

Tugas karyawan memang bukan untuk memuji. Namun jika Anda memiliki kemampuan yang baik di tempat bekerja namun hati Anda selau ingin dipuji, maka sebaiknya segera singkirkan pikiran seperti itu. Mulai lapangkan hati Anda dan coba untuk memuji orang lain. Setelah itu, rasakan perbedaan yang terjadi di lingkungan kerja Anda.

10. Disiplin

Poin yang satu ini cukup sederhana namun memiliki arti yang dalam. Sikap disiplin tidak bisa dilakukan oleh semua orang maka dari itu tidak semua orang juga bisa menjadi karyawan teladan. Hanya orang dengan tekad dan kebiasaan tertentu yang bisa membentuk karakter disiplin.

Disiplin dalam bekerja bisa Anda mulai dengan menghargai waktu. Gunakan waktu yang Anda milii se-efisien mungkin. Mulai karakter disiplin dengan datang ke kantor minimal 15 menit lebih awal, kerjakan pekerjaan sesuai dengan deadline, dan terakhir jangan membuat orang lain menunggu.

11. Jangan Bergosip

Cara menjadi karyawan teladan  salah satunya jangan gosip. Bergosip atau membicarakan sesuatu yang belum tentu kebenarannya merupakan suatu perbuatan yang kurang terpuji. Apalagi jika Anda melakukannya di tempat kerja yang notabene merupakan bukan tempat untuk bergosip.

Sebenarnya masih banyak sekali cara menjadi karyawan teladan. Cara-cara tersebut akan lebih efektif jika Anda bisa menemukannya pada diri Anda sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Baru Masuk Kerja? Ini Cara Menjadi Karyawan Teladan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel