Ketahui Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan Pada Kulit


Penyakit mata ikan ditandai dengan benjolan yang berasal dari kulit mengeras. Berikut gejala, penyebab, dan cara mengobatinya.

Ketahui Gejala, Penyebab, Pencegahn, dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan Pada Kulit
(Source : Google.com)

Penyakit mata ikan biasanya terjadi pada area permukaan kulit telapak kaki dan tangan. Mata ikan bisa terjadi pada siapapun, entah anak-anak maupun orang dewasa. Sampai saat ini mata ikan masih menjadi problem bagi sebagian besar orang karena gejalanya sulit diketahui dan sulit dilakukan pencegahan. Sehingga bahaya penyakit mata ikan masih bisa mengancam siapapun. Maka dari itu, ada baiknya jika mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi penyakit mata ikan.

Gejala Penyakit Mata Ikan Pada Kulit

Jika digambarkan, mata ikan merupakan suatu benjolan keras pada kulit yang pada bagian tengahnya memiliki lubang. Bagaimana gejala awalnya? Berikut ciri-ciri dan gejala mata ikan.


1) Terdapat benjolan bulat kecil menyerupai bruntus pada bagian permukaan kulit. Biasanya benjolan ini terasa sedikit gatal. Jika benjolan tersebut hanya bruntus maka ketika digaruk akan pecah dan mengeluarkan air. Namun jika bibit mata ikan, benjolan tersebut tidak akan pecah.

2) Ketika didiamkan beberapa hari, bagian bruntus akan tumbuh kalus atau kulit yang menebal. Dalam bahasa dokter kulit tebal ini disebut clavus. Pada masa penebalan ini bagian mata ikan sudah mulai tumbuh ke bagian dalam kulit.

3) Muncul bintik hitam pada area kulit yang menebal. Bintik hitam pada penyakit mata ikan adalah darah beku yang menggumpal. Jika titik pembuluh darah sudah terbentuk maka resiko mata ikan menjadi semakin besar lebih tinggi.

4) Ketika ukuran mata ikan sudah mulai membesar, biasanya bagian luar kulit yang menebal akan mengelupas dan sedikit terangkat. Namun jika dicabut paksa, kulit tidak akan mengelupas sampai ke bagian dalam.

5) Mata ikan yang tumbuh akan menimbulkan rasa sakit dan ngilu ketika berjalan.

Selain gejala yang disebutkan di atas, masih ada kemungkinan terjadinya gejala lain. Jika Anda mengalami beberapa gejala mata ikan tersebut segera konsultasikan ke dokter atau obati segera dengan obat kulit.

Penyebab Terjadinya Penyakit Mata Ikan

Obat mata ikan di apotik terdapat beberapa macam dan hampir ampuh semuanya. Namun sebelum membahas itu, ada baiknya untuk mengetahui penyebab mata terjadinya mata ikan terlebih dahulu. Secara garis besar penyebab terjadinya penebalan kulit seperti itu bisa disebabkan karena 2 hal, yaitu:

1. Kulit terinfeksi Virus

Virus penyebab mata ikan adalah human papilovirus (HPV), dalam istilah medis virus ini lebih dikenal sebagai palntar warts. Menurut ilmu kedokteran, saat in sudah diidentifikasi terdapat 60 jenis HPV yang masing-masing menyebabkan kutil yang beragam, termasuk mata ikan. Virus ini bisa menyerang tubuh melalui beberapa media diantaranya:


1)  Luka yang terbuka;
2) Sering berada di lingkungan yang memiliki  kelembapan tinggi bahkan basah;
3) Permukaan lantai kolam renang;
4) Kaus kaki serta sepatu yang digunakan secara  bergilran dengan orang yang sudah terinfeksi;
5) Kontak langsung dengan orang yang terinfeksi;
6) Sering mengonsumsi makanan penyebab mata ikan seperti makanan yang belum matang dan kurang sehat

Saat mulai menjangkiti kulit, virus dapat menyebar dan merangsang pertumbuhan sel secara cepat. Human papilomavirus cukup sulit diidentifikasi sehingga biasanya siapapun tidak akan tahu kapan dan dimana seseorang terjangkit virus penyakit mata ikan ini. Selain itu, periode dan siklus nkubasi HPV membutuhkan waktu selama 3 bulan. Ketika sudah menjadi kutil, kutil tersebut bisa tidur dalam jangka waktu bertahun-tahun.

2. Sering Terjadi Gesekan dan Tekanan pada Kulit

Mata ikan yang disebabkan oleh gesekan dan tekanan disebut dengan corn disease. Jika Anda suka mengenakan ukuran sepatu yang tidak tepat (kekecilan), ketika dibiarkan lama kelamaan bisa muncul mata ikan pada area telapak kaki karena posisi tertekan. Selain itu menggunakan sepatu yang longgar juga berpotensi terjadi mata ikan karena banyak gesekan yang terjadi. Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan ukuran sepatu yang pas.

Bagaimana Rangkaian Mengobati Mata Ikan Secara Medis?

Secara tradisional mata ikan bisa diobati dengan mengoleskan kapur sirih pada bagian kulit yang menebal. Kemudian bagian kulit yang dioles kapur sirih tersebut perlahan akan terkelupas hingga ke akar. Cara ini dianggap sedikit ‘menakutkan’ ketika harus mengeksekusinya sendiri. Sehingga beberapa orang lebih memilih menyembuhkannya melalui pengobatan medis. Berikut tahapan pengobatan medis yang biasa dilakukan dokter dalam mengobati mata ikan:

1. Melakukan Diagnosa

Saat konsultasi biasanya dokter akan mendiagnosa penyakit dengan beberapa cara seperti:


1) Memerisa tampak luar dari benjolan kulit dan memprediksi bentuk akar mata ikan;
2) Mengikis sedikit kulit yang menebal dan memeriksa gumpalan darah berupa titik gelap;
3) Melakukan biopsi atau mengambil sedikit benjolan untuk dianalisis di laboratorium.

Setelah melakukan diagnosa, jenis serta penyebab terjadinya mata ikan biasanya akan segera diinformasikan kepada pasien. Selain itu, dokter juga akan memberttahu penanganan yang tepat untuk mengobati kalus.

2. Proses Pengobatan Penyakit Mata Ikan

Setelah dilakukan diagnosa, dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan gejala dan penyebab yang di derita. Namun jika Anda hanya ingin memastikan bahwa penyakit yang dialami adalah mata ikan, Anda bisa memilih untuk mengobatinya sendiri dengan mengoleska salep mata ikan, cairan Callusol atau melakukan anjuran yang diberikan dokter. Adapun obat yang diberikan oleh dokter melalui resep diantaranya:


1) Asam Salisilat

Asam salisilat digunakan sebagai obat luar yang bisa menghilangkan lapisan kulit tebal secara perlahan. Obat ini merangsang sistem imun untuk melawan penyebaran penyakit. Anda bisa menggunakan asam salisilat ini di rumah sesuai dengan dosis yang diberikan dokter. Setelah kulit tebal terkelupas semua, jangan lupa untuk menutup bekas luka dengan plester mata ikan untuk mencegah infeksi.


2) Asam Trikloroasetat

Pengobatan mata ikan lazim dilakukan dengan pemberian obat yang mengandung bahan asam kuat. Selain asam salisilat, asam trikloroasetat juga bisa digunakan untuk obat penyembuh. Namun bedanya, asam ini baru bisa diberikan setelah permukaan kutil mata ikan dihilangkan. Dengan memberikan asam trikloroasetat secara teratur, penyakit mata ikan bisa tercabut sampai ke akar. Sehingga penyakit kulit serupa tidak akan tumbuh lagi.


3) Cryotherapy

Pengobatan menggunakan cryotherapy dilakukan dengan cara mengoleskan nitrogen cair secara teratur ke bagian kulit yang menebal. Efeknya secara perlahan kulit ini akan mengelupas dengan sendirinya. Dibutuhkan waktu antara 2 sampai 4 minggu sampai benjolan benar-benar sudah tercabut sampai ke akar. Pengobatan cryotherapy akan efektif jika dipadukan dengan asam salisilat.


4) Operasi Kecil

Ketika metode pengobatan luar sudah ditempuh namun hasilnya nihil atau bahkan tambah parah, maka jalan terakhir yaitu melakukan operasi kecil. Prosedur operasi mata ikan dinilai sebagai pengobatan yang cukup ‘mengerikan’. Maka dari itu, dokter akan melakukan anastesi terlebih dahulu agar bagian yang akan di operasi mati rasa.


5) Laser

Metode laser saat ini banyak digunakan pada dunia medis. Mulai dari khitan, operasi mata, menghilangkan tatto tanpa setrika, termasuk menghilangkan mata ikan sudah menggunakan laser. Laser yang digunakan yaitu laser pulsed-dye yang membantu membakar bintik hitam (gumpalan darah) yang tertutup. Ketika jaringan tersebut mati maka kulit yang menebal akan terkelupas dengan sendirinya.

Jika dilihat berdasarkan kasus yang terjadi, secara garis besar penyakit mata ikan disebabkan karena satu hal yaitu tidak menjaga kebersihan anggota tubuh. Oleh karena itu cara pencegahannya hanya bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan seperti selalu menggunakan alas kaki, rajin mencuci kaki dan mengeringkannya, mengganti kaus kaki secara rutin, dan sebagainya.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengobati Penyakit Mata Ikan Pada Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel