Hati-Hati Bahaya Hp Meledak Saat di Cas Mengintai Buah Hati Anda

Akhir-akhir ini banyak sekali berita tentang bahaya hp meledak saat di cas, terutama di grup Whatsapp. Berikut beberapa penyebab hp bisa meledak.

Hati-Hati Bahaya Hp Meledak Saat di Cas Mengintai Buah Hati Anda
(Resource: Gambar oleh Markus Spiske dari Pixabay)

Bahaya hp meledak saat di cas beritanya santer terdengar pada awal bulan Oktober 2019 grup sosial media Whatsapp. Disebutkan bahwa seorang anak telah meninggal dunia secara mengenaskan karena  hp yang meledak saat di cas. Akibatnya pada jenazah anak tersebut terdapat luka bakar yang serius di sekujur tubuh bagian depan sampai ke wajah.

Di jaman serba teknologi seperti saat ini, hampir semua anak dan balita telah mengenal gadget. Dibandingkan bermain diluar bersama teman sebayanya, anak jaman sekarang lebih suka bermain game online. Akibatnya, masalah kecanduan gadget bukan lagi hal yang aneh. Saking kecanduannya, anak tidak bisa lepas dari gadget meski sedang dalam keadaan di cas.

Bagaimana Cara Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak?

Tak bisa dipungkiri saat ini banyak orang tua yang khawatir ketika anaknya tidak mau bersosialisasi dengan orang lain karena pengaruh gadget. Ditambah dengan adanya berita tentang seorang balita yang meninggal karena bahaya hp meledak saat di cas menjadikan ketakutan semakin bertambah. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak.

1. Orang Tua Harus Ketat Memberi Batasan

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar anak tumbuh normal  yaitu batasi penggunaan gadget. Berdasarkan pedoman screen time yang diterbitkan oleh The American Academy of Pediatrics pada tahun 2013, penggunaan gadget bisa disesuaikan berdasarkan kelompok usia. Cara ini juga bisa dilakukan sebagai terapi kecanduan gadget.

a) Anak usia dibawah 2 tahun tidak boleh mengakses gadget sendirian termasuk menonton tayangan TV.
b) Anak usia 2 sampai 4 tahun hanya boleh memakai gadget selama kurang dari 1 jam.
c) Anak usia 5 tahun ke atas hanya boleh memakai gadget maksimal selama 2 jam per hari.

2. Beri Jadwal untuk mengakses Gadget

Selain memberikan batasan waktu penggunaan, jadwal untuk mengakses gadget juga perlu diatur. Misalnya hanya boleh bermain hp ketika semua PR sekolah telah selesai, dan sebagainya. Untuk menghalau rasa bosan, sebaiknya orang tua juga menjadwalkan kegiatan lain seperti les berenang, les private, dan sebagainya yang lebih bermanfaat ketimbang main hp.

3. Jangan Berikan Akses Secara Penuh

Sebelum mengizikan akses gadget kepada anak, sebaiknya tetapkan terlebih dahulu mengenai batasan-batasan. Misalnya anak tidak boleh bermain gadget sendirian, dilarang bermain hp ketika makan, di kamar tidur, dan di mobil.

4. Orang Tua Harus Bisa Memberi Contoh yang Baik

Terakhir, kiat agar anak tidak kecanduan gadget dimulai dari orang tua. Jadilah orang tua yang memberikan contoh baik bagi anak. Jangan terlalu sering bermain hp ketika sedang berkumpul dengan keluarga. Karena pada dasarnya anak itu bersifat watching and imitated (melihat dan meniru perilaku orang terdekatnya)

Penyebab Utama Terjadinya Bahaya Hp Meledak Saat Di Cas

Secara garis besar penyebab meledaknya hp saat dicas terjadi karena adanya konsleting listrik. Agar korban hp meledak tidak bertambah, simak ulasan di bawah ini.

1. Menggunakan HP Saat di Cas

Kejadian meledaknya hp saat dicas biasanya terjadi karena hp digunakan untuk melakukan aktifitas berat seperti bermain game atau menyetel musik. Ketika Anda membeli handphone baru pasti dilengkapi dengan buku panduan pemakaian. Di dalamnya terdapat himbauan yang berisi agar hp tidak digunakan saat proses pengisian daya. Hal ini dilakukan demi keamanan pengguna.

2. Baterai Sudah Rusak

Baterai handphone menjadi salah satu elemen penting yang keamanannya harus di nomor satukan. Kebaanyakan kasus hp meledak saat di cas dikarenakan kondisi baterai yang sudah buruk. Baterai yang kualitasnya sudah jelek ditandai dengan tampilan fisik yang kembung. Jika hp Anda sudah seperti ini sebaiknya segera ganti baterai hp Anda.

Kemudian pemilihan baterai juga harus diperhatikan. Jangan sekali-sekali berani menggunakan baterai yang abal-abal alis tidak ori. Baterai yang tidak ori biasanya ditawarkan dengan daya yang tinggi (3000 mAH) dan dijual dengan harga murah. Sebaiknya selalu beli sparepart hp dari tempat terpercaya seperti membeli langsung dari galerinya untuk menghindari bahaya hp meledak saat di cas.

3. Kualitas Charger Jelek

Saat ini banyak dijual charger murah. Ingat, tidak semua barang murah itu buruk, ya. Tapi berbeda halnya jika berkaitan dengan keamanan alat elektronik. Penggunaan charger yang tidak orisinil bisa menyebabkan hp meledak saat di cas. Entah bagian adaptor maupun kabelnya, usahakan selalu menggunakan merek berkualitas dan asli. Jika tidak, siap-siap lambat laun resikonya akan segera menghampiri Anda.

4. Suhu Handphone Sudah Terlalu Panas

Saat digunakan temperatur hp akan meningkat, terutama jika digunakan untuk melakukan hal yang berat seperti bermain game. Kemudian, suhu panas juga akan sedikit meningkat ketika hp sedang di charger. Itulah sebabnya hp yang sedang di cas tidak boleh digunakan, salah satunya karena kondisi mesin yang panas serta memicu terjadinya bahaya hp meledak saat di cas.

Kemudian saat sedang mengisi daya, jauhkan posisi hp dengan sumber panas seperti TV, kompor, lampu, magic com, dan sebagainya. Lalu ada baiknya untuk menurunkan suhu CPU hp terlebih dahulu melalui aplikasi supaya suhu panas tidak semakin meningkat. Jika panas pada hp sudah tidak wajar, bisa jadi salah satu tanda hp mau meledak.

5. Ponsel Sering Terjatuh

Ponsel yang sering terjatuh juga bisa menjadi salah satu penyebab hp meledak saat di cas. Saat terjatuh, handphone memiliki resiko kerusakan pada bagian mesin. Sehingga ketika di cas dimungkinkan terjadinya konslet dari bagian tertentu.

Bagaimana Cara Mencegah Agar HP Tidak Meledak?

Sebenarnya pencegahan agar hp tidak meledak saat di cas serta membahayakan anak sangat mudah dilakukan. Cukup perhatikan cara penggunaan dan perawatan ponsel. Namun jika hal tersebut dirasa tidak cukup, berikut beberapa cara lengkap pencegahan hp meledak.

a) Selalu gunakan sparepart terutama charger dan baterai yang asli.
b) Jangan sering mengisi daya dengan powerbank, terlebih jika produknya kurang terpercaya.
c) Lepaskan softcaase jika sedang mengisi daya baterai. Hal ini hanya dilakukan jika case menghalangi adaptor.
d) Jangan simpan ponsel di tempat panas dan berbahaya seperti dashboard mobil, jok motor, lampu, dan sebagainya. Bahaya hp meledak saat di cas bisa terjadi karena kelalaian ini.
e) Jangan gunakan hp ketika berada di bawah sinar atahari langsung. Terlebih jika hp sedang diisi daya dengan menggunakan powerbank.
f) Jauhkan hp ketika sedang tidur untuk menghindari tekanan. Terutama jika hp sedang di cas karena dikhawatirkan terjadi konsleting listrik ketika sedang tertidur.
g) Jangan gunakan hp saat sedang mengisi daya, hentikan penggunaan saat keadaan hp sudah mulai panas, dan jika memang perlu matikan hp saat sedang di cas.
h) Pastikan tempat Anda mengecas hp memiliki siklus ventilasi yang cukup.

Pencegahan kecanduan gadget pada anak dapat mengurangi resiko terjadinya kehilangan nyawa yang diakibatkan oleh bahaya hp meledak saat di cas. Maka dari itu sebelum terlambat dan menyesal, sebaiknya lakukan pencegahan mulai dari sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Hati-Hati Bahaya Hp Meledak Saat di Cas Mengintai Buah Hati Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel