Ingin Jadi Gojek Officer? Cek Kualifikasi Lamaran Kerja di Kantor Gojek

Bekerja di kantor Gojek mungkin menjadi impian sebagian orang. Berikut adalah informasi seputar kualifikasi lamaran kerja dikantor Gojek.

Ingin Jadi Gojek Officer? Cek Kualifikasi Lamaran Kerja di Kantor Gojek
(Resource: Baihaki, Kontan.co.id)

Aplikasi Gojek merupakan salah satu penyedia jasa transportasi online yang saat ini sudah dikenal masyarakat. Sama dengan perusahaan lain, Gojek pun memiliki basis pelayanan yang berupa kantor. Pelayanan terkait costumer care, keluham administrasi, serta perizinan menjadi mitra Gojek diurus di kantor. Berikut adalah kualifikasi lamaran kerja di kantor Gojek untuk para job seeker.

 Apa Saja Syarat Kerja di Kantor Gojek?

Setiap perusahaan memiliki kultur yang berbeda. Ada yang bekerja dengan suasana yang formal dan ada pula yang bekerja dengan suasana yang fleksibel. Nah, perusahaan Gojek termasuk ke dalam perusahaan yang memiliki kultur fleksibel. Go-Troops (sebutan bagi pegawai kantor Gojek)  tidak mengenakan seragam resmi seperti kantor pada umumnya.

Namun meski demikian, setiap pegawai harus memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Selain itu, perusahaaan juga membutuhkan orang yang memiliki kualifikasi tertentu. Banyak sekali orang yang tergiur dengan gaji karyawan di kantor Gojek yang cukup besar. Berikut adalah syarat umum yang harus dimiliki calon Go-Troops di kantor Gojek.

1. Memiliki Inisiatif yang Tinggi dan Mampu Beradaptasi dengan Baik

Sebagai perusahaan startup besar, Gojek sangat membutuhkan karyawan yang memiliki inisiatif dan inovasi yang tinggi. Alasannya karena setiap karyawan akan dituntut untuk berinovasi setiap harinya. Masing-masing tugas yang diberikan oleh HR memiliki description yang berbeda-beda. Sehingga Anda harus aktif dan mandiri saat bekerja disana.

Selain itu, meski kultur pekerjaan bersifat informal dan terlihat bebas, namun apa yang terjai sebenarya tidak demikian. Karyawan yang tidak bisa beradaptasi dengan suasana kerja yang random (kadang bekerja secara tim, terkadang individual), ditambah dengan beban perkerjaan yang berbeda setiap harinya sudah pasti tidak akan betah berada disana.

2. Gojek Hanya Mempekerjaan Orang yang Bertanggung Jawab

Sebelum Anda memutuskan untuk apply lamaran ke kantor Gojek untuk mengisi jabatan di kantornya ada baiknya jika tanyakan kepada diri sendiri apakah sudah memiliki rasa tanggung jawab atau belum. Tanggung jawab menjadi poin utama apakah seseorang bisa dipekerjakan atau tidak. Jika Anda memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, maka secara tidak langsung kriteria karyawan teladan sudah Anda miliki.

Mengingat perusahaan Gojek merupakan perusahaan yang sangat fleksibel dan cenderung membebaskan para Go-Troops, maka tanggung jawabnya pun semakin besar. Dimanapun Anda berada akan selalu dituntut untuk bekerja, harus selalu terkoneksi dengan internet dan laptop. Meski “bebas” pekerjaan akan selalu menyertai pundak Anda.

3. Dituntut untuk Bekerja Cepat dan Cermat

Kualifikasi lamaran kerja di kantor Gojek yang cukup krusial yaitu harus cekatan. Setiap pekerjaan yang dilakukan di kantor Gojek menuntut Anda untuk bekerja secara cermat, tepat, dan cepat. Mulai dari menganalisa masalah, problem solving, sampai eksekusi penyelesaian harus dilakukan dengan benar. Skill  kerja di startup Gojek harus benar-benar berkualitas baik.

Selain itu kantor Gojek tidak akan memberikan waktu toleransi jika ada sebuah pekerjaan yang diberi deadline. Anda harus siap menyelesaikannya meski Anda sedang berada di rumah, nongkrong di café, bahkan di perjalanan sekalipun. Jika delay, siap-siap menerima surat peringatan sampai surat pemecatan di meja kerja Anda.

4. Siap Bergabung dalam Sistem Flat Organization

Pernahkan Anda mendengar istilah flat organization?  Gojek merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan sistem tersebut. Secara garis besar pada sistem flat organization yang diterapkan untuk mengedepankan kolaborasi antar staff. Jadi tidak heran jika seorang manajer disana tidak memiliki bawahan. Jangan khawatir, jenjang karir di perusahaan startup ini juga menjanjikan, lho.

Ketika seseorang memiliki ide dan gagasan tidak perlu mendapatkan persetujuan dari manajer terlebih dahulu. Melainkan Go-Tropps dapat menyampaikannya langsung ke C-Level (setara dengan CEO, CPO, dan sebagainya). Jika gagasan yang diajukan logis dan membawa banyak benefits, maka bisa langsung di eksekusi. Kantor Gojek tidak menerapkan sistem birokrasi seperti perusahaan pada umumnya.

5. Berani Mengadu Data untuk Setiap Gagasan

Segala ide, inisiasi, asumsi terhadap suatu hal dan seluruh keputusan yang akan dibuat harus didasarkan pada data. Apapun yang dibicarakan terkait sistem perusahaan harus berdasarkan riset data yang akurat. Peraturan ini berlaku untuk semua divisi yang ada di kantor.
Misalnya Anda mengajukan fitur baru berupa jasa pembersih rumah yang disediakan Gojek, maka untuk mengajukannya harus ada data mengenai berapa persen kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas tersebut,  berapa persen kemungkinan sales growth yang akan diterima perusahaan, dan berbagai perhitungan rinci lainnya.

6. Gojek Hanya Membutuhkan Tiga Kriteria Orang Seperti Ini

Salah satu Go-Troops menyatakan bahwa kantor Gojek dihuni oleh tiga tipe orang. Orang-orang tersebut yaitu orang yang mau belajar, orang yang mampu memberikan social impact, atau keduanya. Jika Anda ingin bergabung dengan tim kantor Gojek, tentukan dari sekarang yang mana kriteria Anda.

Di perusahaan Gojek setiap orang harus mau mempelajari hal baru. Terlebih Gojek merupakan perusahaan berbasis teknologi yang harus selalu menyesuaikan dengan berbagai perubahan. Kemudian tipe yang kedua yaitu orang yang bisa memberikan pengaruh pemberdayaan terhadap masyarakat. Secara garis besar dengan adanya Gojek, diharapkan masyarakat bisa memiliki penghasilan yang layak.

7. Bekerja di Kantor Gojek, Tidak Ada Istilah Penakut

Kekurangan bekerja di perusahaan besar seperti Gojek hanya satu, yaitu jika Anda penakut maka posisi akan mudah tergantikan oleh orang lain. Jika Anda seorang penakut yang tidak beraai mengambil keputusan, mengeluarkan pendapat, atau memberikan tanggapan mengenai suatu permasalahan sepertinya Gojek bukan tempat Anda.

Alasannya karena kantor Gojek membutuhkan individu yang berani mengeluarkan ide dan gagasannya. Dalam mengeluarkan ide dan gagasan tersebut tentunya harus disertai dengan alasan yang rasional dan data yang bisa dipertanggung jawabkan.

Jadi selain menjadi seorang pemberani, seorang Go-Troops juga harus cerdas dan berhati-hati. Tujuannya jelas untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang sama.

8. Apakah Anda Merasa Telah Memenuhi Kualifikasi?

Setelah Anda membaca poin-poin di atas mengenai kualifikasi umum yang dibutuhkan kantor Gojek, apakah diri Anda sudah memenuhinya? Pada intinya kantor Gojek tidak membutuhkan orang yang pintar dan memiliki nilai bagus namun beretika serta etos kerjanya buruk. Mereka membutuhkan individu yang unggul, memiliki keinginan untuk maju dan siap mengikuti segala arus perubahan jaman.

Jangan khawatir dengan gaji di Gojek, karena perusahaan siap membayar setiap benefit yang Anda berikan ke perusahaan secara profesional.

Apa yang Harus Disiapkan untuk Melamar ke Kantor Gojek?

Hampir sama dengan melamar ke perusahaan pada umumnya, Anda perlu mengirimkan lamaran dengan berkas-berkas tertentu. Adapun berkas yang biasa diminta oleh Kantor Gojek yaitu surat lamaran, kartu identitas, CV, surat kelakuan baik, sertifikat penghargaan (jika ada), serta berkas-berkas lain yang mendukung.

Informasi seputar kualifikasi lamaran kerja di kantor Gojek beserta persyaratan umum yang dibutuhkan sudah dijelaskan di atas. Bagi Anda yang berminat untuk mengisi salah satu posisi di kantor tersebut, sebaiknya lakukan persiapan melamar kerja mulai dari sekarang. Berhubung Gojek merupakan perusahaan berbasis teknologi, jangan lupa untuk selalu menjaga etika mengirim email dan segala informasi melalui media elektronik.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Jadi Gojek Officer? Cek Kualifikasi Lamaran Kerja di Kantor Gojek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel