Kebiasaan Baik yang Bisa Menyelamatkan Anda dari Penyakit Mata


Penyakit mata termasuk ke dalam penyakit serius. Berikut adalah kebiasaan yang harus dilakukan agar mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Kebiasaan Baik yang Bisa Menyelamatkan Anda dari Penyakit Mata
(Resource: Gambar oleh Nguyen Dinh Lich dari Pixabay )

Mata merupakan indera paling penting daam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat berbagai macam keindahan dunia ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Maka dari itu menjaga kesehatan mata dari berbagai ancaman penyakit mata sangat penting. Meski usia bertambah, kondisi mata harus tetap sehat.

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan meminum suplemen vitamin A, rutin mengonsumsi buah dan sayur, sampai olahraga senam mata. Namun jika kerusakan sudah parah biasanya prosdeur penyembuhan yang bisa dilakukan yaitu dengan operasi mata.

10 Kebiasaan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ada pepatah mengatakan bahwa kebiasaan seseorang bisa menentukan masa depan orang tersebut. Pepatah ini berlaku juga dengan menjaga kesehatan mata. Semua orang tentu ingin memiliki mata yang sehat. Namun terkadang tidak semua orang bisa menjaga kesehatannya. Berikut cara menjaga kesehatan mata agar tidak minus dan terkena penyakit mata lainnya.

1. Makan Buah dan Sayur Setiap Hari

Buah dan sayur memiliki manfaat yang baik mencegah penyakit mata. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dinutrisi oleh buah dan sayur. Salah satu organ tubuh yang membutuhkan buah dan sayur yaitu mata. Rajin dan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung beta karoten seperti wortel, apel, dan lainnya bisa mencegah mata dari kerusakan.

Selain itu buah-buahan dan sayur mayur yang mengandung zat beta karoten dapat membantu menutrisi mata agar tetap berfungsi dengan baik dan mencegah dari degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan salah satu gangguan mata yang banyak terjadi pada orang tua.

2. Jangan Pakai Lensa Kontak Terlalu Lama

Batas aman penggunaan lensa kontak yaitu di bawah 5 jam. Jika lebih dari itu, maka siap-siap bahaya softlense yang menimbulkan penyakit mata  mengintai. Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan pada kornea mata, akibat terparahnya yaitu kebutaan sementara hingga permanen. Selain itu, lensa kontak juga bisa mengakibatkan mata menjadi kering dan mudah perih.

Sudah banyak kasus penggunaan lensa kontak yang beredar di dunia maya. Kasus yang paling parah yaitu lensa kontak yang dipakai selama hampir 24 jam kemudian setelahnya lensa tersebut menempel pada bagian kornea. Akibatnya korban mengalami kebutaan sementara dan pengobatannya harus dilakukan dengan prosedur operasi.

3. Kurangi Obat Tetes Mata

Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan obat tetes mata setiap hari, sebaiknya kurangi hal tersebut mulai dari sekarang. Pasalnya obat tetes mata terbuat dari campuran bahan farmasi yang jika digunakan secara berlebihan bisa merusak mata. Jika hanya digunakan sesekali untuk mengurangi mata merah, menggunakan obat tetes mata visine, insto, atau rohto sangat dianjurkan.

4. Gunakan Masker Mentimun

Mentimun memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan, salah satunya untuk menghilangkan penyakit mata panda. Jika Anda memiliki masalah mata bengkak atau daerah sekitar mata hitam bisa diatasi dengan mentimun. Caranya iris tipis mentimun kemudian tempelkan pada kedua mata. Biarkan 10 menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini secara rutin saat sebelum tidur.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan mentimun untuk masker wajah. Parut setengah bagian timun lalu campurkan dengan sedikit madu. Kemudian oleskan ke seluruh wajah kecuali area mata dan bibir. Biarkan sekitar 20 menit sampai agak mengering lalu bilas dengan air hangat. Khasiat dan manfaat madu untuk masker wajah  sudah tidak diragukan lagi.

5. Gunakan Kacamata Anti Radiasi

Pemanasan global yang saat ini sedang terjadi berpengaruh terhadap kualitas sinar cahaya matahari. Sinar matahari yang sangat terik tidak hanya membuat kulit terasa perih, namun bisa juga merusak mata. Maka dari itu untuk menghindari bahaya radiasi sinar matahari, sebaiknya gunakan kacamata berlensa khusus untuk menghindari kerusakan saraf pada mata.

6. Jaga Jarak Pandang Antara Mata dengan Layar Laptop
Penyakit mata yang diderita oleh anak muda hampir sebagian besar diakibatkan oleh kebiasaan menggunakan laptop yang buruk. Untuk menjaga mata agar tetap sehat sebaiknya jaga jarak pandang sekitar 30 cm antara mata dengan laptop.  Selain itu posisi juga bisa mempengaruhi dampak penggunaan laptop terhadap kesehatan mata.

Resiko terjadinya kerusakan mata akan lebih besar jika menggunakan laptop dengan posisi berbaring, terlebih jika pencahayaan di dalam ruangan kurang. Sebaiknya selain menjaga jarak pandang, Anda juga harus memerhatikan posisi saat menggunakan laptop jika indera penglihatan tidak ingin rusak. Itulah cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna laptop.

7. Gunakan Kacamata Tertentu Pada Situasi Tertentu

Menggunakan kacamata khusus di tempat tertentu bisa membantu mencegah kerusakan pada mata. Misalnya Anda harus mengenakan kacamata pelindung ketika bekerja di tempat yang membahayakan mata seperti di proyek, pabrik, bahkan jalan raya. Hal ini diperlukan untuk mencegah penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri, penyakit mata menular, penyakit mata merah dan penyakit lainnya.

Partikel kotoran yang tak terlihat sangat berpotensi untuk masuk ke dalam mata. Akibatnya mata akan perih dan bisa terjadi iritasi.  Bahkan yang lebih parah jika yang masuk ke mata adalah binatang semacam serangga. Dampaknya mata akan terasa perih, gatal, sulit dibuka, dan iritasi berat.

8. Jangan Baca Buku dengan Cahaya Minim

Membaca dengan cahaya ruangan yang minim bisa menimbulkan penyakit mata berupa rabun jauh atau kita kenal dengan sebutan minus. Cahaya yang kurang dapat membuat otot mata menjadi tegang karena lapisan pupil akan bekerja secaa ekstra dengan membesarkan lapisannya.

Jika kebiasaan ini dibiarkan maka lambat laun fokus mata sedikit demi sedikit akan berkurang. Gunakan lampu khusus baca agar mata tetap berada dalam kondisi rileks. Jangan lupa konsumsi vitamin A sebagai pencegahan ekstra dalam menghindari kerusakan pada mata.

9. Jangan Coba-Coba Meliat Cahaya Terang Secara Langsung

Jika saat kecil Anda pernah merasa penasaran untuk melihat cahaya matahari secara langsung, jangan biarkan hal itu terjadi pada anak di sekeliling Anda. Pasalnya melihat cahaya terang seperti matahari, lampu, dan benda bercahaya terang lainnya dapat merusak kesehatan mata.

Mata yang semula dalam kondisi normal, secara tiba-tiba akan kehilangan focus dan membutuhkan waktu lama untuk kembali normal. Hal ini terjadi karena seluruh otot mata merasa shock.Maka dari itu tidak heran jika sesaat setelah melihat cahaya terang, selama beberapa detik pandangan tidak akan focus. Mata seolah-olah hanya bisa melihat warna hijau, orange, merah yang berganti-ganti.

10. Lakukan Senam Mata

Saat ini banyak dijual alat untuk menyembuhkan penyakit mata seperti minus, plus, dan silindris. Salah satu produk yang paling terkenal yaitu i-brite dari Jaco. Cara kerjanya hampir sama dengan melakukan senam mata. Otot mata akan dilatih fokusnya dengan cara melihat objek yang dekat, sedang, dan jauh secara beberapa kali. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa menggunakan alat.

Semua orang tidak ingin mengalami penyakit mata, baik yang ringan maupun berat. Maka dari itu untuk mencegahnya  hindari kebiasaan buruk yang telah dijelaskan di atas ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Kebiasaan Baik yang Bisa Menyelamatkan Anda dari Penyakit Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel