Keindahan Wisata Alam Indonesia yang Keindahannya Mendunia

Wisata alam Indonesia yang keindahannya mendunia sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya Balim saat ini banyak jajaran destiansi wisata di Indonesia yang popularitasnya sudah mendunia.

Keindahan Wisata Alam Indonesia yang Keindahannya Mendunia
(Resource: Gambar oleh SplitShire dari Pixabay)

Wisata alam Indonesia yang keindahannya mendunia menjadikan negara ini sebagai destinasi wisata paling diminati. Mulai dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote terdiri dari berbagai topografi alam yang berbeda. Sehingga tidak heran jika banyak sekali turis yang berkunjung ke Indonesia. Berikut adalah deretan wisata alam yang keindahannya terkenal ke seluruh penjuru dunia.

Daftar Wisata Alam yang Terkenal Sampai Mancanegara

Disadari atau tidak, Indonesia di mata dunia dikenal dengan wisatanya. Peta persebaran wisata Indonesia terbentang luas. Hampir setiap wilayah desa di Indonesia memiliki objek wisata unggulan masing-masing. Namun agar Anda tida bingung, berikut adalah lokasi wisata alam Indonesia yang keindahannya mendunia

1.       Goa Kalisuci

Goa Kalisuci merupakan salah satu pesona wisata Indonesia yang terbentuk karena adanya bukit karst yang dialiri oleh air sungai yang jernih. Sungai yang ada di dalam goa ini memiliki kedalaman antara 2 sampai 3 km. Wisatawan dapat menyusuri aliran sungai dengan diberi  peralatan khusus oleh pihak pengelola seperti pelampung, ban, dan helm.

Goa Kalisuci terletak di Wonosari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Cukup dengan membayar sebesar Rp. 75 ribu wisatawan sudah bisa menikmati keindahan goa ini. Menjelajahi Goa Kalisuci akan lebih seru jika dilakukan berkelompok. Jika Anda pergi kesana sendirian sebaiknya minta pihak pengelola untuk ikut mendampingi ke dalam gua.

2.       Green Canyon

Wisata Green Canyon tidak hanya terletak di Arizona, Amerika Serikat. Melainkan Indonesia pun punya Green Canyon yang tak kalah indahnya dengan Arizona. Green Canyon Indonesia mulai dikembangkan oleh pemerintah setempat pada tahun 1989, letaknya di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Oleh warga sekitar tempat wisata ini lebih dikenal dengan wisata Cukang Taneuh.

Daya tarik wisata ini sama dengan Green Canyon Amerika, yaitu  terdapat aliran sungai hijau yang diapit oleh dua tebing tinggi. Di dinding tebing tersebut terdapat lumut-lumut hijau, akar yang menjuntai, serta pohon yang menjulang. Jika Anda menelusuri sungai di siang hari akan tampak aliran sungai berwarna kehijauan, ditambah dengan suasana sejuk dan pemandangan indah yang bisa membuat pikiran terlena.

3.       Wisata Danau Kerinci

Bagi turis dari luar negeri yang menyukai traveling ke alam bebas, banyak yang mengincar gunung Kerinci sebagai tujuan wisatanya. Di gunung Kerinci turis yang berasal dari dalam maupun luar negeri biasanya akan menuju Danau Gunung Tujuh yang menjadi danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini dikelilingi oleh beberapa danau kecil.

4.       Pulau Dermawan

Pernahkah Anda mendengar Pulau Dermawan? Ulau ini terletak di wilayah Kalimantan Timur yang tak kalah indahnya dengan Taman Nasional Bunaken. Perairan Pulau Dermawan menawarkan eksotisme pemandangan bawah laut.

Dengan kedalaman sekitar 5 meter menjadikan Pulau Dermawan ini sebagai sarana diving yang cocok untuk pemula. Di kedalaman 10 meter terdapat sebuah batu karang yang terkenal diantara para turis pecinta olahraga diving. Batu karang tersebut dijuluki sebagai Blue Trigger Wall.

5.       Taman Nasional Bantimurung

Persebaran taman nasional Indonesia salah satunya terletak di Sulawesi Selatan, yaitu TN. Bantimurung. Disana terdapat ratusan spesies kupu-kupu langka yang terbang bebas. Selain dijadikan sebagai objek wisata, taman nasional ini juga sering dijadikan sebagai tempat penelitian oleh ilmuwan yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Taman Nasional yang dijuluki sebagai The Kingdom of Butterflies ini dikelilingi oleh batu-batu berukuran raksasa yang memiliki bentuk unik. Selain itu disana juga terdapat sumber mata air alami yang tidak pernah kering. Sehingga tanaman-tanaman yng berada di sekitar Taman Nasional Bantimurung dapat bertahan hidup meski sedang musim kemarau panjang.

6.       Gunung Kelimutu

Gunung yang terletak di Kabupaten Ende Pulau Flores, NTB ini memiliki keunikan yang menarik wisatawan. Pasalnya di atas gunung tersebut terdapat tiga kawah besar yang masing-masing memiliki perbedaan warna, yaitu ada danau berwarna merah, biru dan putih. Danau Gunung Kelimutu tersebut dikenal sebagai danau tiga warna.

Namun untuk mencapai danau ini wisatawan harus naik ke puncak terlebih dahulu. Jika Anda ingin melihat keindahan gunung Kelimutu beserta tiga danau yang indah, harus lakukan persiapan untuk naik gunung terlebih dahulu. Jangan lupa agar selalu menjaga stamina sebelum melakukan bepergia.

7.       Kawah Ijen

Kawah Ijen mulai dikenal dunia sejak tahun 1971 saat datangnya pasangan suami-istri asal Perancis bernama Nicolas Hulot dan Katia Kraft. Mereka terpesona dengan keindahan Kawah Ijen yang memancarkan cahaya berwarna-warni seperti aurora. Saking terpesonanya, mereka menuliskan pengalamannya tersebut ke majalah Geo. Tulisan tersebut mengundang minat para wisatawan dan fotografer alam dunia untuk melihat keindahan Kawah Ijen secara langsung.

Kawah Ijen sendiri terletak di daerah Jawa Timur. Letaknya berada di kawasan gunung api yang hingga saat ini masih aktif. Selain menyaksikan fenomena alam yang indah, Anda juga bisa melihat aktifitas para penambang bongkahan belerang secara langsung. Jadi tidak heran jika Kawah Ijen termasuk ke dalam deretan wisata alam Indonesia yang keindahannya mendunia.

8.       Puncak Jayawijaya

Meski Indonesia termasuk ke dalam negara tropis yang memiliki 2 musim, Indonesia memiliki suatu wilayah yang terdapat salju abadi. Letaknya berada di wilayah Kabupaten Jayawijaya, Papua.  Puncak Jayawijaya selalu ditutupi oleh salju layaknya pegunungan Alpen. Namun sayangnya ketebalan salju semakin menipis karena pemanasan global.

9.       Danau Toba

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar dan terdalam di Asia Tenggara. Dengan panjang sekitar 100 km dan lebar 30 km menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata oleh turis domestik maupun mancanegara. Wisata alam Danau Toba terbentuk dari letusan Gunung Toba yang konon katanya letusan tersebut menjadi letusan terdahsyat sepanjang sejarah.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Samosir. Berdasarkan cerita rakyat masyarakat Sumatera Utara, pulau tersebut merupakan tempat seorang anak kecil menyelamatkan diri dari amukan ibunya yang jelmaan seekor ikan. Berdasarkan mitos tersebut, Danau Toba terbentuk oleh air mata ibu Samosir yang menangis karena suaminya mengingkari janji.

10.       Pulau Lombok

Pesona Pulau Lombok tidak kalah dengan pesona wisata Bali. Saat ini Lombok sudah menjadi destinasi wisata yang paling diminati oleh turis dalam negeri maupun luar negeri. Selain menawarkan keindahan bahari, Lombok juga menawarkan keindahan serta keanekaragaman budaya. Banyak pantai yang sangat layak dikunjungi seperti Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, dan sebagainya.

Selain itu, Lombok juga memiliki Gunung Rinjani yang tidak kalah memesona. Bagi Anda yang mencintai gunung, menjelajahi Rinjani di Lombok menjadi satu kegiatan yang direkomendasikan.  Kemudian wisata budaya Indonesia yang ada di Lombok pun beragam. Terdapat berbagai macam pura dan mesjid yang sering dijadikan sebagai objek wisata seperti Pura Suranadi, Linsar, Rambitan, Mesjid  Kuno Bilok Petung, dan sebagainya.

Setelah membaca berbagai macam ulasan wisata alam Indonesia yang keindahannya mendunia, tidak heran jika Indonesia dijuluki sebagai tanah surga. Sekarang, Anda tinggal pilih destinasi wisata mana yang ingin Anda kunjungi pekan ini?

Belum ada Komentar untuk "Keindahan Wisata Alam Indonesia yang Keindahannya Mendunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel