Subhanallah, Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Ternyata Ini

Islam merupakan agama yang membawa cahaya dan kemanfaatan. Berikut adalah manfaat gerakan sholat untuk kesehatan yang jarang diketahui orang.

Subhanallah, Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Ternyata Ini
(Resource: Gambar oleh Rudolf Langer dari Pixabay)

Umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah sholat wajib 5 kali sehari. Selain untuk mendapatkan pahala, ternyata ada manfaat gerakan sholat untuk kesehatan. Jika ditinjau dari  segi kesehatan psikologis, sholat bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan jiwa. Nah dari segi kesehatan fisik, manfaat sholat akan di bahas melalui poin di bawah ini.

Manfaat Gerakan Sholat 5 Waktu Bagi Kesehatan Tubuh

Sholat merupakan rukun Islam kedua yang wajib dilakukan umat muslim. Ternyata, Allah SWT menyimpan manfaat tersembunyi yang jarang diketahui dibalik gerakan-gerakan sholat. Orang yang rajin melakukan ibadah sholat, memiliki jiwa yang lebih tenang dibandingkan dengan yang jarang melakukannya.

Selain itu, orang yang rajin beribadah sholat memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik. Meski gerakan sholat terlihat sederhana, namun setiap gerakan tersebut memiliki manfaat yang dahsyat bagi kesehatan. Bagaimana ulasan lengkap mengenai manfaat gerakan sholat bagi kesehatan fisik dan mental? Simak poin-poin di bawah ini.

1. Gerakan Takbiratul Ihram

Gerakan takbiratul ihram telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan baik secara psikis maupun fisik. Secara psikologis, gerakan takbiratul ihram yangbterdiri dari ucapan “Allahu Akbar” sembari menangkat kedua tangan ke arah telinga bisa menghilangkan dejection and tension atau mampu meredam emosi, amarah, dan depresi.

Kemudian secara fisik, gerakan takbiratul ihram memiliki manfaat untuk pernafasan dan jantung. Gerakan tangan yang sederhana tersebut, ternyata bisa melebarkan rongga dada atau diafragma. Ketika rongga dada melebar, maka tekanan yang ada dalam rongga dada akan mengecil. Akibatnya, udara bisa lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan saat takbiratul ihram, secara tidak langsung otot diafragma juga bisa terlatih. Ada sinergisme yang berdampak baik terhadap fungsi beberapa organ seperti otak, otot, dan organ-organ lainnya. Ketika Anda melakukan gerakan ini minimal 5 kali dalam sehari, berarti sama dengan melakukan relaksasi yang bisa membawa dampak positif untuk kesehatan tubuh.

2. Berdiri Saat Sholat

Gerakan solat setelah takbiratul ihram yaitu berdiri dengan kedua kedua tangan dilipat di depan pusar selama beberaapa waktu sampai bacaan sholat selesai. Tahukah Anda? Gerakan solat ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan tulang. Saat berdirri, susunan tulang penyangga tubuh menjadi rata.

Kaki yang menjadi tumpuan berat badan dapat merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki yang terdiri dari puluhan susunan syaraf yang tersambung ke seluruh tubuh. Selain itu, gerakan ini juga bisa mengurangi terjadinya resiko patah tulang, menjaga postur tubuh agar tetap tegap dan ideal, serta dapat membantu tubuh untuk membentuk struktur tulang.

3. Gerakan Rukuk

Posisi rukuk yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh yaitu posisi yang sempurna. Bagaimana posisi rukuk yang sempurna? Yaitu letak kedua tangan sebagai penyangga tepat berada pada dengkul, posisi punggung lurus, serta posisi kaki yang sama ketika saat berdiri (tidak ditekuk). Apa manfaat gerakan sholat untuk kesehatan terutama posisi rukuk?

Ketika gerakan rukuk dilakukan secara sempurna, Anda akan merasakan sensasi tulang punggung yang tertarik atau sedikit merenggang. Ketika hal tersebut terjadi, seyogyanya tarikan tersebut mampu mengurangi tekanan yang terjadi diantara ruas tulang belakang dan relaksasi otot punggung yang tegang.

Jika dilihat dari segi agama , gerakan rukuk harus benar-benar diresapi dan dilakukan dengan tumaninah (tidak boleh terburu-buru) karena ketika rukuk, dosa-dosa yang kita miliki akan berjatuhan. Ketika dikaitkan dengan ilmu kesehatan, ajaran tersebut memang logis karena jika rukuk terburu-buru, manfaat gerakan sholat untuk tubuh tidak akan didapat.

Dalil tebtang manfaat sholat bagi kesehatan terutama pada posisi rukuk diatur dalam Alqur’an QS. Al-Hajj ayat 77 dan pada beberapa hadits shahih. Secara general, firman Allah SWT. dan hadits tersebut semuanya menyerukan agar melakukan gerakan sholat dengan benar, termasuk rukuk. Dibalik seruan tersebut ternyata tersimpan manfaat gerakan sholat untuk kesehatan yang dahsyat.

4. I’tidal

I’tidal merupakan gerakan berdiri sejenak setelah rukuk. Berikan jeda waktu antara bacaan dan gerakan sholat selanjutnya agar tumaninah. Baca bacaan sholat secara perlahan, resapi dengan baik, serta pahami maknanya.

Manfaat untuk kesehatan  dari gerakan i’tidal ini yaitu gabungan dari gerakan takbiratul ihram dan posisi berdiri sejenak saat membaca surat-surat. Ketika Anda melakukan i’tidal dengan tumaninah, fungsi organ pernafasan, otak, serta fisik (kaki dan bagian punggung) akan bersinergi untuk memberikan maanfaat besar bagi tubuh.

Sebaliknya, jika dilakukan dengan tergesa-gesa maka tubuh tidak akan terelaksasi dengan baik. Bahkan yang lebih parah, fungsi dan kinerja  organ tubuh akan berkurang sehingga menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Naudzubillahimindzalik.

5. Sujud

Sujud merupakan gerakan yang menjadi tanda bahwa manusia hanyalah makhluk yang sangat kecil di hadapan Allah SWT. Makna gerakan sholat terutama saat sujud menjadi tanda kepatuhan makhluk kepada Allah SWT. Sama seperti rukuk, Islam menganjurkan agar gerakan sujud dilakukan dalam jangka waktu yang lama karena saat bersujud, dosa-dosa yang telah dilakukan akan berjatuhan.

Semakin lama melakukan sujud, semakin banyak pula dosa yang berguguran. Jika dikaitkan dengan kesehatan tubuh manusia, gerakan sujud memiliki dampak yabg positif. Ketika bersujud, otot belakang mengalami peregangan dan secara bersamaan aliran darah dari jantung langsung menuju ke otak.

Saat otak dialiri darah yang kaya akan oksigen, akan berdampak pada tingkat fokus yang lebih baik. Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan terutama pada bagian sujud,  selain meningkatkan fokus, juga bisa menghilangkan rasa sakit kepala. Manfaat sujud baru bisa didapatkan ketika posisi sujud sempurna. Yaitu posisi bokong lebih tinggi dari kepala serta kedua siku tidak boleh menyentuh lantai.

6. Duduk Diantara Dua Sujud dan Posisi Tahiyat

Hikmah sholat dapat diambil dari mulai takbiratul ihram. Semua gerakan memiliki makna sendiri-sendiri. Gerakan duduk dalam sholat terbagi menjadi dua, yaitu duduk diantara dua sujud dan posisi tahiyat. Saat sedang posisi duduk, tungkai kaki yang tertekuk akan menyebabkan berhentinya denyut nadi atau bahkan tidak terdeteksi. Namun dibalik itu terdapat manfaat yang cukup besar.

Saat denyut nadi pada tungkai berhenti secara otomatis aliran darah pada tungkai akan berhenti. Tetapi, hal ini akan meningkatkan debit aliran darah ke organ-organ tubuh lainnya termasuk ke otak. Kondisi seperti ini sangat baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu, gerakan sholat ini akan menjadikan pembuluh darah lebih elastis, sehingga dapat mencegah terjadinya penghambatan pembuluh darah vena dan arteri.

7. Salam

Salam merupakan gerakan sholat paling terakhir dilakukan. Salam dilakukan dengan menolehkan kepala ke arah kanan dan kiri. Gerakan yang baik yaitu ketika posisi pipi dapat terlihat oleh makmum lain yang berada di shaf belakang.

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan ini sangat berkaitan dengan kesehatan daerah leher yang terdiri dari berbagai susunan syaraf, kelenjar, otot, dan lainnya. Posisi salam yang baik dapat menguatkan otot dan menjaga elastisitas leher. Dengan demikian, resiko terjadinya kepala tenggleng, mata juling, dan bahaya syaraf kejepit bisa dikurangi.

Setelah membaca manfaat gerakan sholat untuk kesehatan di atas, semoga kita semua bisa saling mengingatkan agar senantiasa menjaga sholat, terutama sholat wajib. Semoga kita semua bisa mendapatkan manfaat sholat dan menjadikannya sebagai tanda ketaatan kepada Sang Khalik.  Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Subhanallah, Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Ternyata Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel