Payudara Tumbuh Pada Pria? Oops, Normal Tidak Ya?


Payudara tumbuh pada pria menjadi suatu hal yang cukup mengganggu. Maka dari itu ketahui penyebab dan cara menghilangkannya.

Payudara Tumbuh Pada Pria? Oops, Normal Tidak Ya?
(Resource: Gambar oleh Myriam Zilles dari Pixabay)

Di dunia ini sering kita jumpai payudara tumbuh pada pria atau dikenal dengan istilah gynecomastia. Kasus ini tidak hanya terjadi pada pria berbadan gemuk, melainkan pria dengan badan normal bahkan kurus ada yang payudaranya tumbuh. Kondisi ini rata-rata membuat kaum aam menjadi tidak pede. Maka dari itu, ketahui apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkannya.

Penyebab Payudara Pria Membesar

Sebelum menmbahas tentang cara menghlangkan payudara yang tumbuh di dada lelaki, ada baiknya jika mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.Simak artikel di bawah ini ya.

1. Kelebihan Berat Badan

Pria yang memiliki berat badan berlebih atau besitas memiliki potensi terjadinya tumbuh payudara lebih besar. Pasalnya jaringan lemak yang ada di dada akan mengakibatkan tumbuhnya jaringan payudara. Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan antara payudara pria yang disebabkan karena lemak dan murni karena gynecomastia.

Pada kasus payudara tumbuh pada pria yang terjadi karena gynecomastia symptoms alami memiliki tekstur padat berisi. Sedangkan payudara yang tumbuh karena lemak memiliki tekstur yang lembek, bergelambir, dan bergoyang ketika tubuh bergerak. Kondisi seperti ini jelas membuat hampir setiap lelaki merasa minder.

2. Efek Samping Konsumsi Steroid

Steroid anabolik merupakan suatu zat yang biasa digunakan untuk doping agar kuat saat berolahraga. Saat zat ini dikonsumsi secara ilegal (tanpa pendampingan dokter) akan mengakibatkan meningkatnya hormon estrogen. Peningkatan hormon estrogen inilah yang memicu tumbuhnya payudara pada pria.

3. Sering Dipijat Menggunakan Minyak Esensial

Pijat dan urut ternyata bisa meningkatkan resiko terjadinya payudara tumbuh. Terlebih jika minyak urut yang digunakan merupakan minyak esensial the atau lavender. Perlu Anda ketahui, beberapa minyak esensial dapat memicu tumbuhnya hormone estrogen dan hal ini jelas tidak baik untuk pria.

Sering mengoleskan minyak esensial pada tubuh memang baik jika dilakukan oleh wanita. Jika pria yang melakukannya? Anda sudah tahu sendiri jawabannya. Satu hal yang pasti terjadi yaitu sadar atau tidak jaringan payudara Anda akan semakin tumbuh seiring berjalannya waktu.

4. Efek Samping Konsumsi Obat

Menurut jurnal Expert Opinion on Drug Safety menjelaskan bahwa terdapat beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan gynecomastia jika dikonsumsi. Obat tersebut diantaranya antibiotic, obat botak, antidepresan trisikli, sampai obat gangguan kecemasan.

Obat-obat tertentu dapat memicu keseimbangan hormone sehingga cukup untuk mengisi jaringan payudara pria. Meski demikian, payudara tumbuh pada pria yang disebabka karena obat dapat berhenti ketika penggunaan obat dihentikan untuk mengurangi gymnecomastia.

5. Penyakit Hati dan Ginjal Parah

Setiap penyakit yang serius bisa menurunkan produksi hormone testosterone. Hal ini terjad karena otak telah mengeset bahwa saat sakit bukanlah hal tepat untuk melakukan aktifitas reproduksi. Misalnya pada penyakit hati yang bisa menyebabkan hormone seks pengikat globulin (SHBS) terganggu. Hal ini terjadi karena penyakit hati memiliki kecenderungan pemecahan protein.

Kemudian penyakit gijal juga dapat memicu terjadinya gynecomastia dua kali lipat lebih besar. Namun sebelum payudara tumbuh, biasanya akan diawali terlebih dahulu dengan perubahan warna urine, ruam kulit, nyeri punggung, hingga muntah.

6. Usia

Menurut WebMD  secara umum tumbuhnya payudara pada laki-laki terjadi pada periode tertentu. Beberapa diantaranya pada anak laki-laki saat masa puber dan pada bayi laki-laki yang baru lahir. Kasus gymnecomastia ain secara lebih umum banyak ditemukan pada pria di atas usia 50 tahun.

Bagaimana Cara Menghilangkan Gymnecomastia?

Pengobatan payudara tumbuh pada pria dapat dilakukan secara medis maupun non-medis. Melakukan perawatan otot dada melalui aktifitas gym. Pada beberapa kasus gymnecomastia yang tumbuh secara alami dapat sembuh tanpa pengobatan. Berikut adalah beberapa metode pengobatan secara medis berdaasarkan masing-masing penyebabnya.

1. Payudara Tumbuh Karena Penyakit dan Kosumsi Obat

Seperti telah disebutkan di atas, payudara tumbuh pada pria bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jika pembesaran payudara tumbuh karena penyakit atau konsumsi obat tertentu sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan pasien agar mengganti obat yang bisa menyebabkan gymnecomastia dengan obat lain yang lebih aman.

2. Gymnocemastia Karena Pubertas

Jika payudara tumbuh saat masa-masa pubertas, Anda dapat mendatangi dokter spesialis endokrin yang khusus menangani masalah hormone. Setiap 3 sampai 6 bulan sekali dokter akan melakukan evaluasi dan melihat kondisi dada apakah membaik atau tidak. Pada umumnya kondisi gymnecomastia karena pubertas bisa hilang dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun.

3. Prosedur Bedah

Jika memang sangat diperlukan, dokter bisa menyarankan Anda untuk melakukan prosedur operasi bedah. Namun cara yang dilakukan tidak sama dengan prosedur operasi pada umumnya yang menyayat kulit kemudian menjahitnya dengan benang. Prosedur operasi gymnesomastia bpjs saat ini belum tersedia di Indonesia.

Prosedur menghilangkan payudara pada pria dilakukan dengan cara sedot lemak. Kemudian dokter juga tidak jarang akan membuang jaringan kelenjar payudara pria dengan melakukan prosedur masektomi. Namun sebelum tekad Anda bulat untuk melakukan operasi, sebaiknya cari tahu teerlebih dahulu kelemahan dan kelebihan operasi payudara.

Bagaimana Cara Payudara Tumbuh Pada Pria?

Tumbuhnya payudara pada pria jelas mengurangi maskulinitas dan membuat hampir sebagian pria merasa kurang pede. Setiap pria jelas ingin memiliki body yang indah tanpa adanya payudara.  Maka dari itu ketahui cara menghilangkan benjolan di dada pria dengan cara di bawah ini.

1. Jaga Pola Makan

Jika Anda masih dalam usia remaja, sebaiknya jaga pola makan untuk menghindari terjadinya payudara tumbuh pada pria. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan minyak. Sebaiknya perbanyak konsumsi protein baik protein nabati maupun hewani, sayur dan buah, serta lakukan olahraga secara rutin agar lemak tidak terjadi penumpukan lemak.

2. Konsumsi Suplemen Penambah Massa Otot

Mengonsumsi suplemen penambah massa otot bisa membantu Anda agar tercegah dari gymnecomastia yang memalukan. Suplemen bisa membantu mengubah lemak menjadi otot. Sehingga badan akan penuh dengan otot dan tidak bergelambir. Namun konsumsi suplemen ini tidak instan begitu saja. Diperlukan olahraga yang sesuai untuk mengoptimalkan kerjanya.

3. Hindari NAPZA

Obat-obatan yang mengandung zat narkotika dan bersifat adiktif sangat membahayakan tubuh. Tidak hanya pada segi mental yang mengakibatkan kecanduan, NAPZA juga bisa membahayakan tubuh secara fisik. Diantaranya bisa memicu gangguan ginjal, gagal jantung, komplikasi, hingga mengakibatkan gymnecomastia.

Gymnesomastia bukanlah suatu penyakit berbahaya (jika tumbuh alami( yang menular dan menurun. Maka dari itu sangat masih bisa dicegah dan disembuhkan dengan berbagai macam terapi hormone yang direkomendasikan oleh dokter spesialis.

Penyebab, pengobatan, dan cara pencegahan payudara tumbuh pada pria sudah sedikit diulas pada artikel ini.  Sebelum Anda melakukan tindakan ada baiknya jika konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Tujuannya agar permasalahan Anda bisa ditangani dengan tepat.

Belum ada Komentar untuk "Payudara Tumbuh Pada Pria? Oops, Normal Tidak Ya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel