Liburan Bermanfaat! Tips dan Trik Lancar Conversation Bahasa Inggris di Kampung Pare

Lancar conversation Bahasa Inggris menjadi keinginan yang diimpikan semua orang. Namun pada kenyataannya tidak semua orang lancar berbahasa Inggris.

Liburan Bermanfaat! Tips dan Trik Lancar Conversation Bahasa Inggris di Kampung Pare
(Resource: Google map, Kampung Inggris Pare)

Banyak sekali cara agar seseorang bisa lancar conversation Bahasa Inggris. Ada yang berhasil melakukannya melalui kursus bahasa, film, bahkan melalui main video game. Namun tahukah Anda jika ada trik-trik tertentu agar lebih cepat bisa berbahasa Inggris tanpa harus berjibaku dengan buku? Simak ulasannya di bawah ini.

Trik Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Sebelum ke Pare

Saat ini belajar bisa dilakukan melalui media apapun, termasuk komik bahasa Inggris. Selain itu, cara belajarnya pun sangat variatif agar siswa mampu menyerap apa yang dipelajari dengan mudah. Salah satu tempat belajar bahasa Inggris yang terkenal berada di Kampung Pare, Jawa Timur. Jika Anda memiliki rencana studi ke Pare dalam waktu dekat, ada baiknya melakukan hal ini sebelum berangkat.

1. Hapalkan dan Pahami Kata Dasar Bahasa Inggris

Meski Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat terbatas, tidak ada salahnya untuk belajar lebih awal sebelum berangkat ke Kampung Pare. Anda bisa menghapal beberapa kosakata yang lazim digunakan dalam conversation, mempelajari kata ganti orang seperti aku, dia, kamu, dan kata-kata lainnya.

Dengan belajar kata bahasa Inggris dan artinya, saat tiba di sana setidaknya Anda sudah memiliki bekal untuk bisa lancar conversation Bahasa Inggris. Jadi Anda tidak akan merasa terlalu kesulitan untuk mengikuti program yang dipilih. Ingat, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mengingat dan menghapal kosakata yang sulit.

2. Rajin Mendengarkan dan Menerjemahkan Lagu

Musik dan lagu bisa dijadikan sebagai media paling idel untuk belajar bahasa Inggris. Anda bisa mengasah kemampuan listening, pronouncation, menambah vocabulary dan translating melalui lagu dalam satu waktu. Untuk mengawalinya, Anda bisa menulis lirik lagu yang Anda suka dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Di awal proses belajar agar lancar conversation Bahasa Inggris, selalu gunakan kamus untuk membantu. Seiring berjalannya waktu kata demi kata perlahan akan menempel di otak Anda. Jika sudah bisa masuk bahkan melewati fase ini, di Kampung Pare Anda hanya tinggal mendalami materi belajar bahasa Inggris untuk pemula seperti melancarkan grammar dan conversation.

3. Tonton Berbahasa Inggris Tanpa Sub Indo

Siapa yang tidak suka menonton film? Rasanya semua orang suka melakukan aktifitas yang satu ini. Manfaatkan hobi menonton film sebagai media untuk belajar bahasa Inggris. Melalui film, Anda akan belajar bahasa Inggris percakapan seperti aksen, menambah vocab, melatih pendengaran, dan mengetahui istilah yang biasa digunakan untuk mengungkapkan sesuatu saat sedang conversation.

Lepaskan subtitle bahasa Indonesia secara perlahan agar kemampuan bahasa Inggris menjadi semakin terlatih. Saat tiba di Pare bekal pengetahuan hampir setengahnya sudah terisi. Disana Anda hanya tinggal memoles kemampuan lancar conversation Bahasa Inggris  formal seperti susunan grammar dan sebagainya.

4. Belajar Melalui Literatur

Jika Anda tipikal orang yang tidak suka menonton, jangan khawatir karena masih banyak media lain untuk belajar bahasa Inggris. Salah satunya proses pembelajaran bisa dilakukan dengan membaca berbagai macam karya tulis berbahasa Inggris seperti jurnal, berita dari internet, sampai novel. Artikan setiap frasa bahasa Inggris dan pahami maknanya.

5. Bersahabatlah dengan Kamus Textbook

Meski saat ini sudah banyak bertebaran aplikasi download kamus bahasa Inggris, jika untuk belajar ada baiknya agar selalu menggunakan kamus biasa. Ketika kita mencari kata di dalam kamus, secara otomatis mata akan merekam apa yang dilihat dan memasukannya ke dalam otak. Sehingga lambat laun otak akan terbiasa melihat kosakata bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Berbeda halnya dengan menggunakan kamus elektronik atau fitur Google Translate yang langsung mengeluarkan result ketika mengetikan suatu kata atau kalimat. Pada proses ini otak langsung disuguhi hasil terjemahan secara instan sehingga tidak ada proses pembelajaran. Alhasil, berlatih agar lancar conversation Bahasa Inggris pun akan sedikit sulit.

6. Latih Kemampuan Menulis

Saat vocabulary yang dimiliki sudah banyak, coba untuk membuat tulisan bahasa inggris dan artinya. Awali dengan topik yang paling mudah seperti curhatan pribadi, resep masakan, atau puisi dalam bahasa Inggris. Jangan terlalu hiraukan grammar dan aturan tata bahasa lainnya karena yang paling penting yaitu mengasah penggunaan vocab.

7. Jadikan Bahasa Inggris sebagai Kebiasaan
 Jika Anda ingin fasih berbahasa Inggris terutama conversation, maka praktikan bahasa Inggris setiap hari. Cari teman yang memiliki tujuan sama dan jadikan ia sebagai lawan bicara. Lambat laun meski awalnya percakapan akan sedikit “belepotan”, lama kelamaan akan lancar dengan sendirinya.

Perlengkapan Apa yang Harus Dibawa ke Kampung Pare?

Berbeda dengan kursus pada umumnya yang hanya dilakukan selama 1 sampai 2 jam, di Kampung Pare kursus lancar conversation Bahasa Inggris dilakukan selama 24 jam full selama jangka waktu tertentu. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan pribadi untuk keperluan disana.

1. Perlengkapan Pribadi

Oleh karena Kampung Pare mengusung metode kursus seperti camping, setiap peserta didik diwajibkan membawa perlengkapan pribadi seperti pakaian (wajib membawa batik minimal 2 potong), perlengkapan mandi, alat sholat (bagi yang beragama muslim), sampai matrass. Bawa pakaian yang ramah dengan cuaca di Kampung Inggris Pare.

Bahkan jika diperlukan, bawa perlengkapan makan sendiri seperti sendok dan tempat minum. Di Kampung Pare siswa akan dibaurkan dengan siswa lain yang asalnya dari berbagai daerah. Namun jangan khawatir, tempat tidur siswa putra dan putri di dipisahkan serta dijaga secara ketat oleh pihak penyelenggara. Sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Bawa Perlengkapan Penunjang Belajar

Perlengkapan penunjang belajar yang perlu dibawa saat ke Kampung Inggris di Pare yaitu alat tulis seperti pulpen, pensil, stabilo, buku catatan, kamus, dan sebagainya. Pihak penyelenggara Brilian English Course sudah menyediakan apa saja yang dibutuhkan oleh siswa. Namun tidak ada salahnya jika berjaga-jaga membawa alat tulis cadangan.

Kemudian, sangat disarankan untuk membawa buku sejenis binder yang kertasnya bisa dilepas pasang. Alasannya karena agenda di English Village Pare setiap minggunya selalu diadakan Weekly Test yang memakai kertas ukuran A5. Anda bisa membawa kertas isi bindernya saja supaya tas tidak berat.

3. Bawa Alat Elektronik

Saat mengunjungi Pare Anda wajib membawa peralatan elektronik seperti handphone, tablet atau laptop (opsional)  karena koordinasi tim akan dilakukan via WA. Kemudian tablet atau laptop diperlukan untuk menyetel ulang materi video yang diajarkan.

Alat elektronik yang wajib di bawa yaitu flashdisk atau hardisk eksternal berkapasitas besar. Setiap siswa akan diijinkan untuk mengopy materi yang telah diajarkan untuk dipelajari kembali. Kemudian satu lagi yang penting yaitu bawa terminal colokan sendiri karena disana hanya tersedia satu colokan.

4. Jangan Lupa Bawa Kartu Identitas

Kemanapun Anda pergi jangan lupa untuk selalu membawa kartu identitas baik itu KTP, KTM, Paspor, Kartu Pelajar, dan sebagainya. Meski disana pihak penyelenggara akan memberikan name tag tetapi kartu identias utama harus tetap dipegang. Identitas menjadi salah satu syarat keamanan di kampung Inggris.

Itulah beberapa persiapan yang harus Anda lengkapi saat akan mengunjungi Kampung Inggri di Pare, Jawa Timur. Semoga liburanmu dii semester ini bisa membuat lancar conversation Bahasa Inggris sesuai yang diharapkan ya. Semangat!

Belum ada Komentar untuk "Liburan Bermanfaat! Tips dan Trik Lancar Conversation Bahasa Inggris di Kampung Pare"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel