Ingin Jalan-Jalan Sendiri Tapi Takut? Ikuti Tips Traveling Backpacker untuk Pertama Kali


Tips traveling backpacker saat ini banyak dicari karena trend jalan-jalan sendiri sedang banyak diminati kaum travel addict.

Ingin Jalan-Jalan Sendiri Tapi Takut? Ikuti Tips Traveling Backpacker untuk Pertama Kali
(Source : Free-Photos dari Pixabay)

Traveling seorang diri sudah buka menajdi hal yang aneh saat ini, apalagi di kalangan traveler. Jika Anda belum pernah bepergian dengan jarak jauh sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba travel backpack. Anda bisa merasakan sensasi dengan berbagai tantangan di destinasi wisata yang masih asing. Agar persiapan travelling lebih mantap, berikut ulasan tips travelling backpacker untuk Anda.

Apa Saja sih yang Harus Disiapkan Sebelum Berangkat?

Salah satu ciri seorang backpacker umumnya pergi hanya dengan berbekal tas gendong, topi, berjaket, dan sepatu boots. Namun ternyata, hal yang harus disiapkan tidak hanya outfit saja. Melainkan banyak yang harus Anda  siapkan sebelum memtuskan untuk pergi. Berikut adalah tips travelling backpacker sendirian untuk pemula.

1. Menjaga Kesehatan Menjadi Prioritas Utama

Kesehatan menjadi bekal utama yang wajib dimiliki seorang traveller. Menjaga stamina dan daya tahan tubuh sebelum berangkat sangat wajib dilakukan ketika Anda melakukan travelling seorang diri. Usahakan melakukan workout rutin setiap hari untuk melatih tubuh agar tidak mudah lelah. Anda bisa melakukan olahraga fisik yang sedikit berat jika destinasi tavelling berbau pendakian gunung dan sejenisnya.

Selain berolahraga secara rutin, asupan makanan sehari-hari juga harus diperhatikan. Usahakan hindari makan makanan siap saji dan jajanan yang kurang sehat. Sangat disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin saat sebelum, selama, dan sesudah liburan agar stramina tetap fit. Ingat, tips travelling backpacker yang satu ini sagat wajib Anda lakukan.

2. Tanya Pada Diri Sendiri, Apakah Sudah Memiliki Manner yang Baik?

Manner yang baik menjadi perhiasan diri yang harus dimiliki oleh siapapun. Ketika seseorang sudah memiliki sopan santun dan perilaku yang baik, sudah pasti orang tersebut akan mudah diterima di dalam lingkungan manapun, termasuk di lingkungan yang masih asing. Salah satu backpacking tips yang harus dimiliki setiap orang tanpa kecuali yaitu manner harus dibawa dan diterapkan dimanapun dan kapanpun. Beberapa sikap dasar yang harus dimiliki seorang backpacker antara lain:

a) Jangan ragu untuk tersenyum kepada orang asing
b) Jangan sibuk dengan gadget
c) Terbuka ketika dimintai tolong
d) Tidak boleh sombong karena datang dari kota
e) Tatap mata lawan bicara
f) Jaga tutur kata, tidak boleh sompral dan nyeletuk.

Sikap dasar di atas ada baiknya jika dilakukan ketika Anda mengunjungi tempat wisata asing. Kenyamanan akan tercipta ketika pola interaksi Anda dengan lingkungan sekitar terjaga dengan baik. Jangan sungkan untuk bertanya atau berbincang dengan traveller lain atau warga lokal.

3. Jangan Bawa Pakaian yang Ribet, Travelling Backpacker Bukan Ajang Fashion Show!

Meski Anda terbiasa menggunakan dress, rok, atau pakaian sejenis lainnya, ketika Anda ingin melakukan trip perjalanan sendiri, bawalah outfit yang sederhana dan nyaman ketika digunakan. Tidak perlu membawa pakaian yang mahal dan banyak pernak-perniknya, cukup bawa beberapa buah celana panjang, kaos, dan kemeja. Lihat referensi backpacking packing tips untuk mengetahui baju apa saja yang layak dibawa.

Kemudian sebaiknya hindari juga mengenakan celana berbahan jeans karena selain berat dan makan tempat, celana dan outfit lain berbahan jeans juga susah kering ketika terkena hujan. Sebagai penggantinya, Anda bisa membawa beberapa potong short pants dan celana panjang model chinos. Jika ingin bepergian dengan nyaman, tidak ada salahnya engikuti anjuran tips travelling backpacker ini.

4. Pisahkan Perlengkapan di Tas yang Berbeda

Ketika Anda akan melakukan travelling sudah pasti menyiapkan segala kebutuhan pribadi. Nah, agar keperluan rapi dan terorganisir ada baiknya jika memisahkan barang bawaan di 2 tempat yang berbeda. Anda bisa menyimpan barang yang tidak sering dipakai di dalam backpack seperti baju, sandal, dan perlengkapan sholat.
Kemudian untuk keperluan yang sering dipakai seperti hp, charger, headset, dompet, minyak aroma terapi dan sebagainya bisa disimpan di tas kecil atau waistbag.Pemisahan barang seperti ini dilakukan supaya Anda bisa lebih mudah menjangkau barang yang dibutuhkan setiap saat. Jika memungkinkan, simpan juga rencana perjalanan dan beberapa catatan kecil di tas tersebut.
5. Lihat Video Tutorial Life Hack tentang Packing Outfit
Saat packing ada baiknya jika Anda melihat beberapa tutorial terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui bagaimana cara packing yang benar supaya tas bisa memuat lebih banyak baju. Pada video tutorial biasanya Anda akan diajarkan cara menggulung baju, menmanfaatkan ruang kecil untuk menyimpan barang, dan sebagainya. Dengan demikian tas Anda yang berukuran medium bisa memuat lebih banyak barang.
6. Cari Tiket yang Sedang Promo
Tips travelling hemat salah satunya bisa dilakukan dengan mencari akomodasi yang sedang promo, mulai dari tiket perjalanan, hotel, sampai tempat makan. Salah satu kelebihan travelling sendirian yaitu bisa memilih dan menentukan jadwal perjalanan sesuai dengan keinginan tanpa harus menyesuaikan dengan plan orang lain.
Maka dari itu, Anda bisa manfaatkan diskon tiket yang ditawarkan beberapa penyedia jasa. Tips travelling backpacker hemat dan praktis, Anda bisa mengecek tiket yang sedang diskon melalui aplikasi seperti Traveloka, Pegipegi, dan aplikasi sejenis lainnya.
7. Hilangkan Rasa Gengsi
Saat menjelajahi tempat asing sendirian, sebisa mungkin Anda harus bisa menghilangkan rasa gengsi. Jika di rumah atau di lingkungan sehari-hari Anda terbiasa tidur di tempat mewah dan makan di tempat yang bagus, saat travelling ala backpacker Anda harus bisa meninggalkan zona nyaman tersebut. Mengapa?
Alasannya karena tidak semua tempat yang Anda kunjungi memiliki fasilitas mewah. Anda harus bisa tidur di losmen atau guest house bersama dengan turis lain dalam atu kamar, makan di angkringan, dan menggunakan kamar mandi umum. Jika Anda menikmatinya, momen-momen tersebut akan jadi pengalaman yang tak terlupakan.
8. Buat Diri Sendiri Merasa Aman Saat Travelling
Keamanan menjadi sesuatu yang diprioritaskan oleh setiap orang ketika berada dimanapun dalam waktu kapanpun. Saat melakukan trevelling sendirian, jangan memacing kejahatan barang sekecil apapun. Salah satu safety tips backpacking sendirian yaitu usahakan tidak mengenakan pakaian yang mencolok, pakai perhiasan dan aksesoris secukupnya, juga selalu waspada terhadap orang lain. Jika Anda seorang perempuan, sangat dianjurkan untuk membawa semprotan cabai saat bepergian sendirian.
9. Buat Daftar Rencana Perjalanan Sendiri
Tips travelling backpacker agar tidak terlena di rantau orang yaitu buat backpacking checklist mulai dari barang yang dibawa sampai rencana perjalanan. Anda bisa membuat jadwal dengan rinci yang berisi hari dan tanggal, tujuan, jenis kegiatan yang akan dilakukan, sampai durasi atau lamanya berkunjung di suatu tempat. Dengan membuat destinasi perjalanan Anda bisa travelling secara lebih terorganisir meskipun pada prakteknya akan ada kemungkinan ‘agak ngaret’ dari jadwal.
10. Please, Enjoy the Trip!
Jika Anda seorang backpacker pemula, pasti banyak perasaan khawatir dan takut saat sebelum dan selama perjalanan. Namun jika Anda terus memikirkan perasaan tersebut, sudah tentu travelling menjadi tidak menyenangkan. Maka dari itu, just enjoy your trip karena banyak sekali pengalaman mengesankan yang menanti di hadapan Anda.
10 tips travelling backpacker di atas bsa jadi referensi khususnya bagi Anda treveler pemula. Jika melakukan tips tersebut dengan senang hati, travelling tidak akan terasa berat. Perbanyak referensi mengenai trip advisor dan backpacking hacks untuk menambah wawasan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Jalan-Jalan Sendiri Tapi Takut? Ikuti Tips Traveling Backpacker untuk Pertama Kali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel